Yuk Kenalan Sama Kanzi, Simpanse Lucu yang Bisa Memasak Kaya Manusia!

1.bp.blogspot.com

Kanzi, seekor simpanse Bonobo yang lagi naik daun dan lagi sering banget dicari di dunia maya. Kamu tau kenapa? Soalnya simpanse ini beda dari simpanse-simpanse lainnya. Si Kanzi ini pinter banget lho, dia itu bisa bicara dengan bahasa isyarat, bisa masak, dan bisa ngelakuin hal yang biasa dilakuin seorang manusia! Seperti yang kamu tau, kera atau simpanse itu memang terkenal dengan kecerdasan yang lebih dibandingkan hewan-hewan lainnya. Dan simpanse ini juga bisa punya hubungan dekat dengan manusia, gak heran simpanse ini bisa meniru apa yang dilakukan manusia disekelilingnya. Kanzi adalah simpanse yang dirawat oleh Dr. Sue Savage-Rumbaugh seorang peneliti bahasa dan perilaku simpanse. Dudududu... keren banget nih si Kanzi! Dari kecil udah mandiri dan pinter banget. Gimana udah gede ya? Kamu jangan sampe kalah nih sama Kanzi, hehehe. Mending sekarang kamu ikutin terus kebawah, untuk lebih mengenal si Kanzi ini. Kita liat, kenapa doi bisa cepet naik daun padahal dia berat. #duh! 

1. Halo, kenalin ini Kanzi

media.npr.org

Kanzi ini adalah simpanse Bonobo, umur Kanzi sekarang itu 35 tahun. Walaupun udah sedikit tua untuk ukuran simpanse, Kanzi ini punya kemampuan yang gak semau simpanse miliki. Makanya dia terkenal sangat cerdas!

2. Kanzi itu pinter main macam-macam games, mau coba lawan Kanzi?

cdn.c.photoshelter.com

Kanzi suka dan jago banget main games! Game kesukaannya itu adalah Pac-man, simpanse mana lagi coba yang jago main games? Hahaha.

3. Kanzi itu gak cuma jago main games, dia juga pinter masak

mediad.publicbroadcasting.net

Beneran, ini bukan rekayasa. Kanzi ini jago masak! Sayang aja gak ada ajang pencarian bakat antar simpanse. Kalo ada, mungkin namanya "Masterpansechef" (yaampun maksa banget).. Kalo banyak yang nonton, bisa sampe season ratusan! 

4. Ternyata, gak cuma kamu yang bisa nyalain korek kayu!

lazerhorse.org

Kanzi belajar nyalain api itu dari Film Quest for Fire. Film ini adalah film kesukaannya Kanzi waktu masih kecil, dan saking sukanya, Kanzi kalo nonton film ini bisa berulang kali, lho!

5. Cemilan favoritnya Kanzi itu marshmallow, yang dibakar dulu lagi..

i.huffpost.com

Kanzi tau gimana cara menikmati cemilan kesukaannya yaitu marshmallow! Kanzi tusuk marshmallownya, dan bakar di atas api! Ngaso dulu, nunggu mateng.

6. Tatapan Kanzi itu penuh keingintahuan, btw kepo juga si Kanzi

i.huffpost.com

Liat deh, muka si Kanzi itu kayak gimana? Waktu dia menatap perawatnya? Mukanya kepo banget kan? tapi keliatannya itu muka kepo yang penuh keingintahuan akan sesuatu hal yang berbobot. Jangan salah fokus sama yang naro jari dimulut ya. Hahaha.

7. Kanzi juga bisa bikin mata pisau dari batu, lho!

www.blogcdn.com

Kanzi gak cuma jago makan dan masak. Kanzi juga bisa buat mata pisau dari batu. Makin iri gak sama kecerdasannya dia?

8. Kanzi selalu masak sampe mateng makanannya..

media.npr.org

Ternyata Kanzi lebih suka sama makanan yang mateng. Doi bilang "kalo gak ada yang mau masakin, yaudah, Kanzi masak sendiri". *nada ngambek* 

9. Kanzi juga cari kayu dulu sebelum mulai masak, mandiri!

i.telegraph.co.uk

Bener-bener nih Kanzi, sebelum masak itu dia tau kalo harus nyari kayu. Kalo gak ada kayu, Kanzi gak bisa masak. Simpanse mana lagi nih yang punya pikiran kayak gini?

10. Walaupun Kanzi cuma simpanses, tapi dia mengerti yang namanya sebuah proses

www.slate.com

Kanzi ini memiliki kemampuan untuk mengerti sebuah proses. Dari mulai dia mau masak, harus siapin alat, kayu, nyiapin api, mulai masak, dan sampe akhirnya makan makanan yang dia masak. Abis dia makan itu, Kanzi juga mematikan apinya, lho! Hadew, rasa-rasanya kamu kalah nih sama dia.

Cukup merinding gak sih liatnya? Kagum juga sebenernya, ada gitu simpanse cerdas kayak gini... hahaha. Percaya gak percaya, ya harus percaya. Soalnya ini beneran kejadian nyata! Hihihi.

0%
Marah
0%
Gemes
0%
Ngakak
0%
Kaget
0%
Love
0%
Aneh
3
SHARES
loading