Para Pengusung Jenazah Ini Membuat Prosesi Pemakaman Menjadi Unik!

www.scmp.com
Line YuKepo.com

Pada umumnya, prosesi pemakaman merupakan aktivitas yang dipenuhi dengan suasana duka. Mulai dari sanak saudara dan kerabat dari orang yang hendak dimakamkan, sampai pemberi berkah yang biasanya disesuaikan dengan agama yang dianut, akan menjalani proses pemakaman dengan khidmat dan sungguh-sungguh.

Dalam prosesi pemakaman, biasanya kita akan melihat beberapa orang yang mengemban tugas untuk membawa jenazah ke liang kubur. Saat proses pembawaan jenazah tersebut, orang-orang yang bertugas sebagai pembawa jenazah pun akan mendapatkan suatu kehormatan sebagai orang yang mengantarkan tubuh manusia yang sudah tidak hidup lagi ke tempat peristirahatan terakhirnya.

Selain mendapatkan kehormatan, pembawa jenazah pun secara tidak langsung telah memberikan penghormatan terakhir kepada jenazah yang dibawanya. Di bawah ini, kamu bisa lihat beberapa cara penghormatan yang tidak lumrah bagi pembawa jenazah pada umumnya sehingga pemakaman pun menjadi terkesan unik. Langsung aja yuk, kita kepoin di bawah ini!

1. Pembawa jenazah yang menari saat sedang membawa peti mati

www.youtube.com

Di negeri Ghana, terdapat sebuah tren dalam prosesi pemakaman dengan menggunakan penari sebagai pengusung jenazah yang hendak diantarkan ke liang kubur. Orang yang berinisiatif untuk membuka bisnis penyewaan penari untuk prosesi pemakaman ini adalah Benjamin Aidoo. Dia mempekerjakan 100 karyawan yang terdiri dari pria dan wanita untuk melakukan koreografi tarian yang dapat dipraktekkan saat mereka sedang membawa peti mati. Bisnis ini dikembangkan oleh Aidoo dan diterima oleh masyarakat kebanyakan karena tarian pada saat proses pengusungan jenazah itu dapat membuat prosesi pemakaman menjadi terlihat lebih cerah.

2. Sekumpulan remaja yang menjadi sukarelawan untuk membawa jenazah yang tidak mereka kenal

www.miamiherald.com

Pada tahun 2016, enam orang remaja yang bersekolah di Long Beach High School, Mississipi, Amerika Serikat, merelakan liburan Natal mereka untuk memberi penghormatan terakhir dengan mengusung jenazah yang tidak mereka kenal. Mereka melakukan hal itu karena Jerry Wayne Pino, yang meninggal di usia 70 tahun, adalah seorang veteran yang tidak memiliki sanak saudara. Sebenarnya, Pino sudah mempersiapkan prosesi pemakaman untuk dirinya sendiri sejak lama. Namun, dia melupakan satu hal, yakni orang-orang yang akan mengantarkan jenazahnya ke liang kubur.

Penjaga tempat pemakaman yang menjadi lokasi beristirahat Pino pun melupakan hal tersebut, sehingga dia pun meminta bantuan pada anaknya, yang langsung menelepon teman-teman sekelasnya untuk membantu dirinya melakukan sebuah penghormatan bagi veteran yang dilupakan jasa-jasanya.

3. Pengusung jenazah yang dipimpin oleh badut Mickey Mouse

www.arklatexhomepage.com

Pada tahun 2016, seorang anak berusia 3 tahun bernama Acen King, harus menghembuskan napas terakhir di usianya yang cukup dini akibat luka tembak saat dirinya sedang berada di dalam mobil yang disetir oleh neneknya. Pada saat itu, kebetulan dia dan neneknya melewati jalanan yang tengah diserang oleh seseorang yang mengamuk di ruang publik dengan membawa senjata api.

Berhubung King memiliki kegemaran terhadap sosok Mickey Mouse dalam fiksi Disney, sanak saudaranya pun berinisiatif untuk menyewa badut dengan kostum Mickey Mouse untuk memimpin proses pengusungan jenazah. Sekitar 300 orang pun menghadiri acara pemakaman ini untuk menunjukkan simpati mereka terhadap seorang anak yang hanya sempat menikmati hidup dalam waktu yang cukup singkat.

4. Sekelompok remaja yang menggunakan jubah pink bermotif polkadot untuk mengantarkan jenazah temannya
stylesmodernlife.blogspot.co.id

Pada tahun 2014, seorang remaja berusia 19 tahun bernama Max Lewis mengalami kecelakaan maut yang menewaskan dirinya. Ibunya yang berduka karena kematian anaknya ini, meminta para teman-temannya, termasuk yang menjadi pengusung jenazah, untuk mengenakan pakaian dengan motif kesukaan anaknya, yaitu pakaian dengan warna merah jambu yang dihiasi oleh polkadot berwarna putih.

5. Pengusung jenazah yang mengenakan kostum superhero
www.scmp.com

Pada tahun 2014, seorang anak berusia 7 tahun bernama Sebastian Green mengalami gagal jantung yang menewaskan dirinya, padahal pada saat itu Green hendak menyambut ulang tahunnya yang ke-8. Untuk memberikan penghormatan terakhir, para pengusung jenazahnya pun mengenakan kostum superhero kesukaan Green, seperti Captain America, Spiderman, Iron Man, dan Superman.

6. Pengusung jenazah yang mengenakan kostum Stormtroopers dalam fiksi Star Wars

Sumber Gambar

Seorang anak berusia 4 tahun bernama Jack Robinson telah melewati perjuangan untuk melawan tumor otak yang sudah tidak bisa lagi disembuhkan melalui operasi. Setelah melalui perjuangan yang cukup berat, Robinson akhirnya harus menghembuskan nafas terakhir di usianya yang masih sangat muda.

Kedua orangtua Robinson pun menyelenggarakan prosesi pemakaman dengan konsep yang diinginkan oleh anaknya sebelum meninggal dunia, yakni pemakaman bertema Star Wars. Peti mati yang digunakan dalam prosesi pemakaman ini dihiasi oleh corak-corak Star Wars, dan peti mati itu dibawa oleh kereta kuda yang dikawal oleh orang-orang yang mengenakan kostum Stormtroopers.

7. Pengusung jenazah yang mengenakan kostum badut

www.odditycentral.com

Norman Thompson, seorang pria berusia 70 tahun yang meninggal pada tahun 2009, merupakan seorang anggota organisasi yang isinya adalah orang-orang yang berprofesi sebagai badut. Untuk menghormati kepergian Thompson, rekan-rekan di organisasi yang diikutinya pun mengenakan kostum badut mereka saat membawa jenazah menuju liang pemakaman.

Itulah beberapa prosesi pemakaman yang terlihat unik karena cara-cara penghormatan yang diberikan oleh pembawa jenazah. Terlepas dari pertanyaan apakah perilaku para pengusung jenazah itu akan merusak kesakralan prosesi pemakaman atau tidaknya, mereka melakukan hal itu untuk menghormati kehidupan yang telah dijalani oleh orang yang meninggal dunia.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
66
SHARES
7 Plesetan Obrolan AHY dan Gibran Ini Membuat Suasana Menjadi Lebih Cair

7 Plesetan Obrolan AHY dan Gibran Ini Membuat Suasana Menjadi Lebih Cair

11 Bentuk Kerah Kemeja yang Unik Ini Bikin Tampilanmu Semakin Keren dan Kece

11 Bentuk Kerah Kemeja yang Unik Ini Bikin Tampilanmu Semakin Keren dan Kece

Berbagai Macam Desain Gagal Ini Membuktikan Jika Manusia Jauh dari Kata Sempurna

Berbagai Macam Desain Gagal Ini Membuktikan Jika Manusia Jauh dari Kata Sempurna

Dari yang Keren Sampai Kocak, 9 Cat Mobil Ini Terlihat Unik dan Anti-mainstream

Dari yang Keren Sampai Kocak, 9 Cat Mobil Ini Terlihat Unik dan Anti-mainstream

Kreasikan 7 Wadah Ini Agar Barang Seserahanmu Semakin Unik dan Bermakna

Kreasikan 7 Wadah Ini Agar Barang Seserahanmu Semakin Unik dan Bermakna

Beginilah Aksi Para Petugas Kebun Binatang Saat Menirukan Gaya Berbagai Macam Satwa

Beginilah Aksi Para Petugas Kebun Binatang Saat Menirukan Gaya Berbagai Macam Satwa

loading