Kamu Lagi Stres? Tapi Belum Sempat Piknik? Coba 10 Cara Ini!

Sumber Gambar
Line Yukepo.com

Sebenarnya stres dengan kehidupan sehari-hari itu hal wajar yang sering kali dirasakan oleh rutinitas harian kamu yang gak bisa kamu biarin gitu aja. Terutama urusan pekerjaan dan sekolah yang terkadang menuntut kamu untuk harus perfectionis. Hal yang seperti itu yang sering banget bikin tingkat stres kamu meningkat ditambah sama mood yang lagi gak bagus. Kelar! Kamu cuma butuh sedikit waktu buat mood kamu stabil lagi. Ada kok cara-cara unik yang udah YuKepo siapin buat kamu dan semoga bisa membantu mengurangi rasa stres kalian ya. Yuk kepoin sampai abis.

1. Tertawalah sebelum tertawa membuatmu stres!

Sumber Gambar

Kalau ada orang yang ketawa sendiri dibilang gila. Mungkin ini salah satu alasannya, mereka lagi mau ngilangin stres. Ketawa itu akan memproduksi lebih banyak hormon anti stres daripada waktu gak ketawa. Tapi jangan berlebihan ketawanya yang ada stres beneran.

2. Jangan lakuin ini kalau kamu takut balon!

Sumber Gambar

Saat stres kita cenderung mengambil nafas sangat dangkal. Itulah alasannya kenapa meniup balon memaksa kamu untuk bernafas lebih lambat dan dalam. Kamu dipaksa untuk pakai diafragma untuk merenggangkan otot. Teknik ini bisa mengaktifkan sistem saraf parasimpatetik. Gawatnya kalau kamu takut dengan balon. Hehehe. Tapi tenang, kamu perlu rileks sebentar dan tarik nafas, ulangi.

3. Banyak-banyak dengerin musik yuk!

Sumber Gambar

Mendengarkan musik bukan hanya sebagai media hiburan, ternyata alunan musik bisa memberikan perubahan suasana hati dan efek relaksasi bagi si pendengarnya. Selain musik-musik favorit, musik jenis brainwave adalah salah satu jenis musik yang bisa kasih terapi lewat gelombang otak. Musik sangat bermanfaat untuk mengembalikan kesehatan mental kamu, guys.

4. Relax dulu say!

Sumber Gambar

Cara mengatasi stres dengan relaksasi ini juga bisa kamu lakukan dengan cara meditasi, yoga atau pijat. Inti dari relaksasi adalah membuat pikiran menjadi nyaman dan tenang. Buang semua jauh-jauh rasa sedih, marah, frustasi, kecewa, apalagi rasa rindu mantan. Duh! Mulai masukkan pikiran positif ke dalam pikiran Kamu. Relaksasi ini juga bisa kamu kombinasikan dengan mendengarkan musik brainwave atau dengan menggunakan aromaterapi sehingga pikiran kamu bisa semakin tenang.

5. Pijat biar gak tegang, eh gak stres deh!

Sumber Gambar

Kebiasaan nenek moyang nih. Dari zaman baheula sampai jaman modern, pijat emang terbukti paling ampuh buat mengusir rasa pegel dibadan. Info unik lainnya pijat juga bisa mengendorkan kembali otot-otot syaraf yang tegang. Jadi kalau ada otot yang tegang, pijat dulu say

6. Aroma khas pisang yang bermanfaat!

Sumber Gambar

Aroma yang khas pada buah pisang ternyata salah satu cara ampuh untuk menurunkan tingkat stres dan ketegangan sel tubuh lho. Karena buah pisang mengandungan kalium pada yang cukup tinggi. Inilah yang membantu tubuh menurunkan tingkat stres. Bukan cuma itu, kandungan asam amino triptofan pada buah pisang bisa menenangkan pikiran. Faktanya, asam amino triptofan terbukti bisa meningkatkan pembentukan serotonin (hormon yang dapat memperbaiki mood) dan melatonin (hormon yang mengatur sistem tidur). Bukan cuma sehat, tapi cocok untuk dikonsumsi sebelum tidur dan dilanjut untuk sarapan. Beruntung buat pecinta pisang, hidup kalian sedikit lebih tenang sepertinya.

7. Yuk tabok-tabokin drum!

Sumber Gambar

Percaya gak percaya, nyatanya ada sebuah penelitian dalam sebuah perusahaan yang dirancang khusus untuk mengurangi stres lewat permainan drum. Amazing! Tingkat stres pada karyawan disana lebih sedikit dibanding perusahaan lain. Alasannya, karena bermain drum bisa mendorong emosi internal yang harus dikeluarkan dan tanpa sadar ikut melepaskan stres. Mungkin saat kamu stres, tidak ada wadah untuk meluapkannya. Jadilah emosi kamu yang menggumpal.

8. Suara ibu menenangkan!

Sumber Gambar

Ibu merupakan salah satu wanita yang punya ikatan batin kuat dengan anaknya. Ibu yang paling paham dengan suasana hati kamu. Meskipun terdengar sedikit aneh tapi ternyata sudah ada lho peneliti yang membuktikan hal ini. Sewaktu para gadis dalam situasi yang tertekan, mendengarkan suara ibunya lewat telepon dapat mengurangi hormon stres yang dialaminya. Karena saat itu badan kita meningkatkan pelepasan kadar oksitosin atau hormon yang membuatnya kembali merasa lebih baik. 

9. Ini konyol tapi asyik!

Sumber Gambar

Cara ini cukup simple dan unik juga gak perlu rekreasi jauh atau keluar uang banyak nih. Cara ini cocok buat kamu yang terlalu sibuk dengan aktifitas sehari-hari kamu. Kamu jadi lupa deh untuk melakukan hal-hal konyol. Sewaktu kamu menghadapi sebuah masalah atau tekanan, coba deh kamu lihat foto-foto aneh diri kamu, ingat kejadian aneh yang pernah kamu lakuin. Buka video lucu sambil mempraktikannya! Jadi pas kamu stres, hentikan aktivitas kamu dan coba cara tadi.

10. Begadang tiada artinya? Tidur aja!

Sumber Gambar

Buat kamu yang sering begadang bisa berpengaruh banget sama kondisi kesehatan dan emosi kamu. Kalau kamu merasa kurang tidur akhir-akhir ini, lupain semua masalah terus siapin waktu buat tidur. Yang perlu diingat disini adalah, tidur yang berkualitas gak harus lama, asal bisa nyenyak dan bangun dalam keadaan segar. Karena yang berkualitas selalu memuaskan. 

Gak usah panik kalau kurang piknik. Semoga cara ini bisa membantu kamu yang udah kurang piknik guys.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
2
SHARES
Pusat Perbelanjaan Di Jakarta Ini Sudah Ada Jauh Sebelum Indonesia Merdeka

Pusat Perbelanjaan Di Jakarta Ini Sudah Ada Jauh Sebelum Indonesia Merdeka

Moda Transportasi Ini Kebanyakan Sudah Punah Di Jakarta

Moda Transportasi Ini Kebanyakan Sudah Punah Di Jakarta

8 Manfaat Super Cokelat yang Mungkin Belum Kamu Ketahui!

8 Manfaat Super Cokelat yang Mungkin Belum Kamu Ketahui!

Kumpulan Diktator-Diktator Tersadis Sepanjang Sejarah yang Menewaskan Jutaan Manusia

Kumpulan Diktator-Diktator Tersadis Sepanjang Sejarah yang Menewaskan Jutaan Manusia

Dari Mata Turun Ke Hati, 7 Artis Dunia Ini Punya Mata Indah yang Bikin Jatuh Hati

Dari Mata Turun Ke Hati, 7 Artis Dunia Ini Punya Mata Indah yang Bikin Jatuh Hati

Jangan Ngaku Pecinta Kucing Kalo Nggak Tahu 7 Fakta Mereka!

Jangan Ngaku Pecinta Kucing Kalo Nggak Tahu 7 Fakta Mereka!

loading