Benda-benda Sederhana Ini Dijual dengan Harga hingga Jutaan Rupiah

www.toiletpaper.com.au
Line YuKepo.com

Harga suatu produk memang seringkali tidak berbanding lurus dengan kegunaan yang diperoleh darinya. Dengan dipoles melalui branding, benda dengan kegunaan yang sangat sederhana pun bisa dijual dengan harga yang tak masuk akal. Fenomena itu menunjukkan bahwa manusia di era sekarang ini terjebak dalam gejala konsumerisme yang cenderung memandang nominal harga dari suatu produk sebagai ukuran untuk menaikkan gengsi.

Didukung oleh informasi yang tersebar di media, saat ini kemewahan hidup secara materiil seakan-akan menjadi impian semua orang. Kesuksesan dan kualitas orang terkadang bahkan sampai dinilai dari kemewahan yang dimiliki dalam hidupnya. Hal itu dapat dikatakan sebagai sesuatu yang mengkhawatirkan karena akhirnya kita bisa terjebak dalam kegilaan akan uang.

Padahal, jika kita mencermati sebuah produk pasar dari segi fungsinya, pada kenyataannya ada beberapa produk yang sebenarnya tidak harus dijual dengan harga yang mahal. Bahkan, terkadang para produsen benda-benda mahal itu sebenarnya menggunakan bahan dasar yang sama dengan produsen pada umumnya. Akan tetapi, berhubung psikologis masyarakat kita sudah terbentuk untuk selalu memandang kualitas dari harga yang harus dikeluarkan, akhirnya orang-orang pun mewajarkan harga-harga itu sehingga yang pada awalnya tidak masuk akal menjadi terkesan sebagai hal yang lumrah.

Dipengaruhi juga dengan perkembangan komunikasi, yang di dalamnya orang-orang dapat memamerkan gaya hidup pada orang lain, akhirnya orang-orang pun seakan bertanding untuk saling memperlihatkan kemewahan hidupnya. Hal ini berimbas kepada tingkat konsumerisme yang semakin tinggi dan sulit untuk dibendung lagi. Berbagai produk yang fungsinya sederhana bahkan tidak terlalu penting pun diproduksi dengan konsep kemewahan yang menyertainya. Di bawah ini, kamu bisa melihat benda-benda yang sebenarnya sederhana, tapi dijual dengan harga yang bisa dibilang tidak masuk akal! Langsung aja yuk, kita kepoin!

1. Batu Bata “Supreme”

www.complex.com

Pada musim gugur dan salju di penghujung tahun 2016 di daerah bumi bagian barat, keberadaan batu-bata super mahal ini mulai ramai dibicarakan orang-orang. Ada yang berharap untuk menggunakan batu-bata ini sebagai bahan dasar rumah mereka, dan ada juga yang mempertanyakan alasan mengapa batu-bata ini harus dijual dengan harga selangit. Bayangkan saja, untuk satu buah batu-bata ini kita harus mengeluarkan biaya sebesar 300.000 rupiah! Untuk ngebangun pos satpam aja udah butuh biaya berapa tuh?

 

2. Kantong kertas untuk belanja merk “Jil Sander”

Sumber Gambar

Apakah kita harus membeli yang bermerk untuk sekadar kantong kertas untuk belanja? Benda yang sebenarnya bisa dibeli dengan harga yang sangat murah ini, dijual oleh produsen Jil Sander dengan harga 4 juta rupiah! Padahal, harga bahan-bahan belanjaan yang mengisinya pun tidak akan mencapai segitu karena volumenya yang tidak terlalu besar.

3. Kantong teh celup yang dihiasi berlian.

blog.teadog.com

Produsen teh bernama “PG Tips” menjual satu buah teh celup kantong dengan harga yang mencapai 133 juta rupiah! Yang membuatnya mahal adalah berlian yang menghiasi kantong tehnya.

4. Bumerang merk “Chanel”

edition.cnn.com

Chanel yang merupakan produsen dalam bidang fashion pernah mencoba untuk menjual bumerang, yang merupakan senjata khas suku Aborigin. Bumerang ini dijual dengan harga 17 juta rupiah. Chanel pun sempat mendapat banyak kritikan pedas karena dianggap telah memanfaatkan kultur Aborigin untuk mendapat keuntungan dalam jumlah yang besar.

5. Tas belanja “Balenciaga”

www.thesun.co.uk

Balenciaga pernah mencoba untuk menjual tas belanja yang nampak identik dengan tas belanja berbahan karton. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat tas yang dipakai untuk “sekadar” berbelanja ini adalah kulit sapi yang berasal dari Italia. Balenciaga memasang harga 15 juta rupiah untuk tas belanja ini.

6. Balok Lego yang terbuat dari emas

www.express.co.uk

Balok Lego yang kabarnya hanya berjumlah sepuluh buah di seluruh dunia ini merupakan benda yang dikejar-kejar oleh para kolektor Lego. Satu buahnya saja pernah dilelang dengan harga 270 juta rupiah.

7. Tisu toilet dari emas

www.toiletpaper.com.au

Di antara benda-benda yang ada di daftar ini, mungkin inilah yang paling kelewatan. Perusahaan asal Australia bernama “Toilet Paper Man” mencoba untuk membuat tisu toilet dengan bahan emas 24 karat. Satu gulungannya saja, dijual dengan harga 21 miliar rupiah!

Gimana menurut temen-temen? Harus banget nggak sih barang-barang di atas dijual dengan harga segitu?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
813
SHARES
Aneh, 7 Kejadian Dalam Kartun The Simpsons Ini Telah Jadi Nyata!

Aneh, 7 Kejadian Dalam Kartun The Simpsons Ini Telah Jadi Nyata!

Lagi Ngetren Nih, Celana Kulot yang Super Nyaman dan Stylish. Mau Coba?

Lagi Ngetren Nih, Celana Kulot yang Super Nyaman dan Stylish. Mau Coba?

Viral! Inilah Beberapa Foto Daging Ular yang Dijual di Transmart Manado!

Viral! Inilah Beberapa Foto Daging Ular yang Dijual di Transmart Manado!

Jamur-jamur Ini Memiliki Bentuk yang Lucu dan Beragam Warna

Jamur-jamur Ini Memiliki Bentuk yang Lucu dan Beragam Warna

Buah-Buahan Lokal Ini Nggak Kalah Sama Anggur dan Ceri. Sudah Pernah Mencoba?

Buah-Buahan Lokal Ini Nggak Kalah Sama Anggur dan Ceri. Sudah Pernah Mencoba?

Hewan-hewan Spesies Baru Ini Punya Keistimewaan yang Menakjubkan!

Hewan-hewan Spesies Baru Ini Punya Keistimewaan yang Menakjubkan!

loading