12 Tradisi Unik yang Hanya Ada di Indonesia

Sumber Gambar
Line Yukepo.com

Keragaman budaya Indonesia memang bukan omong kosong belaka ya Sobat Kepo, bahkan Negara lain pun mengakui bagaimana Indonesia memiliki karakteristik yang sangat kental dengan keberagaman yang ada. Lalu bagaimana ya uniknya tradisi dan budaya khas berbagai suku di Indonesia? Check it out!

1. Tradisi Potong Jari - Papua

i47.tinypic.com

Membahas apa yang menjadi gambar pertama kita, yaitu tradisi unik dari Negeri bagian Timur, Papua. Mungkin tradisi yang terbilang berani, karena bentuk kesedihan mereka dengan memotong jari mereka. Kayaknya kamu ga cocok deh jadi warga Papua Sobat Kepo, terlalu sering kehilangan orang tersayang, dari yang direbut temen sendiri sampe yang nemuin orang lebih dari kamu. Nanti jarinya abis :( 

2. Ngaben - Bali

i49.tinypic.com

Ngaben adalah upacara pembakaran atau kremasi jenazah umat Hindu di Bali.Dalam prosesi Ngaben, ketika api mulai disulut, perlahan-lahan kobaran api akan membesar dan mulai berkobar menyulut sosok jenazah. Mereka melakukan kremasi karena percaya dengan meninggalkan wujud duniawi akan lebih mudah untuk sampai ke alam baru mereka. Ibaratnya tuh kamu juga kalo mau move on dari mantan, harus lepas dari semua kenangan bersama mantan, cuci otak aja gih! Hahaha.

3. Karapan sapi - Madura

i49.tinypic.com

Pada tradisi yang berbentuk perlombaan ini, sepasang sapi yang menarik semacam kereta dari kayu (tempat joki berdiri dan mengendalikan pasangan sapi tersebut) dipacu dalam lomba adu cepat melawan pasangan-pasangan sapi lain. Kadang suka kepikiran aja, apa aku harus jadi garis finis karapan sapi? Biar kamu ngejar aku?

4. Atraksi Debus - Banten

i48.tinypic.com

Debus merupakan kesenian bela diri dari Banten yang mempertunjukan kemampuan manusia yang luar biasa. Misalnya kebal senjata tajam, kebal air keras dan lain- lain. Gausah takut galau deh kalo jadi orang Banten, benda tajam aja ga mempan sakitnya, apalagi sakitnya digantungin bertahun-tahun yang cuma dianggap adek....

5. Makepung - Bali

i50.tinypic.com

Kalau kita mendengar kalimat: “Bull-Racing”, mungkin pikiran kita melayang ke-Pulau Madura, yang terkenal dengan “Karapan Sapi”. Ternyata ada “Buffalo Racing” atau “Balapan Kerbau” yang tidak kalah populernya dikalangan masyarakat Bali, khususnya dibagian Barat, yang dikenal dengan nama “Makepung”. Malu gak sih sama kerbau yang ada di tradisi makepung ini? Mereka aja berpasangan, masa kamu enggak.... 

6. Tabuik - Pariaman

i45.tinypic.com

Tabuik (Indonesia: Tabut) adalah perayaan lokal dalam rangka memperingati Asyura, gugurnya Imam Husain, cucu Muhammad, yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau di daerah pantai Sumatera Barat, khususnya di Kota Pariaman. Festival ini termasuk menampilkan kembali Pertempuran Karbala, dan memainkan drum tassa dan dhol. Coba sering main ke festival begini ya Sobat Kepo, selain bisa ikut melestarikan budaya setempat, kamu juga bisa cari jodoh. Sambil menyelam minum air, tapi harus bisa berenang ya, biar ga kembung terus tenggelem hahaha.

7. Dugderan - Semarang

i46.tinypic.com

Dugderan adalah sebuah upacara yang menandai bahwa bulan puasa telah datang. Dugderan dilaksanakan tepat 1 hari sebelum bulan puasa. Ciri Khas acara ini adalah warak ngendok, sejenis binatang rekaan yang bertubuh kambing berkepala naga serta kulit sisik emas. Kalo ciri khasnya aku, suka degdegkan pas diajak ngomong sama kamu.... eaaa.

8. Pasola - Sumba

i46.tinypic.com

Merupakan ‘perang-perangan’ yang dilakukan oleh dua kelompok berkuda. Teridiri dari lebih dari 100 pemuda bersenjakan tombak yang dibuat dari kayu berdiameter kira-kira 1,5 cm yang ujungnya dibiarkan tumpul, karena kalo ujungnya tajam bukan tradisi lagi, tapi reka ulang gencatan senjata. Mending gencat hati aku aja, kelamaan kosong nih.... 

9. Rambu Solo - Toraja

i47.tinypic.com

Rambu Solo adalah pesta atau upacara kedukaan /kematian. Bagi keluarga yang ditinggal wajib membuat sebuah pesta sebagai tanda penghormatan terakhir pada mendiang yang telah pergi. Untung warga Toraja manusia ya, bukan kucing. Satu kucing aja nyawanya 9, satu kali prosesi Rambu Solo budgetnya udah miliaran, kalo 9 kali Rambu Solo mending ikutan mati aja deh.....

10. Kebo-keboan - Banyuwangi

Sumber Gambar

Ritual Tradisi yang diadakan setahun sekali pada tgl 10 Suro atau 10 Muharaam di desa Alasmalang, Singojuruh, Banyuwangi, di upacara ini beberapa laki laki berdandan menjadi kerbau mereka harus berkubang di tengah kubangan sawah yang baru dibajak, kemudian diarak keliling desa, disertai karnaval kesenian rakyat. Kemudian mereka juga beraksi membajak sawah dan kemudian laki-laki tersebut berdandan rapi sebelum akhirnya membajak hati ini yang sudah siap taman Eaa.

Makin cinta dong sama Indonesia pastinya abis baca artikel ini? Jangan pernah malu untuk terus menjaga kebudayaan itu ya Sobat Kepo, karna kalo bukan kita yang membudayakan, siapa lagi? Jangan nunggu direbut negara lain baru deh gelagapan hehehe.

0%
Marah
0%
Gokil
100%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
0
SHARES
Beginilah Makanan Khas Indonesia yang Paling Aneh !

Beginilah Makanan Khas Indonesia yang Paling Aneh !

Kelakuan Para Hipster yang Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala

Kelakuan Para Hipster yang Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala

Ini Dia 11 Wisata Indonesia yang Mirip Luar Negeri!

Ini Dia 11 Wisata Indonesia yang Mirip Luar Negeri!

8 Larangan Aneh di Dunia!

8 Larangan Aneh di Dunia!

8 Penyanyi Besar Ini Juga Pernah Jatuh dari Panggung Loh

8 Penyanyi Besar Ini Juga Pernah Jatuh dari Panggung Loh

Gini Jadinya Kalo Orang Terlalu Kreatif, Kacau Absurdnya!

Gini Jadinya Kalo Orang Terlalu Kreatif, Kacau Absurdnya!

loading