10 Makanan Enak Indonesia Ini Ternyata Mahal Kalo Belinya di Luar Negeri

cdn.havehalalwilltravel.com
Line Yukepo.com

Gak cuma kaya akan keragaman wisata budaya dan tradisinya, Indonesia yang kita cintai ini juga kaya akan keragaman kulinernya. Indonesia terkenal akan cita rasa masakan yang memiliki ciri khas nusantara unik dan juga lezat. Selain lezat, makanan nusantara ini juga bergizi dan terkenal memiliki harga yang terjangkau untuk masyarakat Indonesia sendiri. Bahkan bisa dibilang murah. Ngomong-ngomong soal harga, makanan yang kamu tau bisa dibeli dengan harga murah ternyata kalo dijual di luar negeri bisa jadi mahal, lho! Mau tau makanan apa aja? Jadi, kalo ke luar negeri, puas-puasin dulu makan makanan ini yah di Indonesia... Daripada kantong bolong di sana... Hihihi.

1. Gado-gado

s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Enak banget kalo nyantap makanan ini di siang bolong atau bisa juga buat sarapan. Gado-gado ini terkenal sebagai salad-nya orang Indonesia. Karena isinya itu ada macam-macam sayuran, ada telor, kentang, ada tahu dan tempenya juga, itu semua dibalur dengan bumbu kacang yang enyaaaak banget! Di Indonesia kamu bisa makan gado-gado ini cuma dengan 10 -12 ribu! Tapi kalo kamu makannya di luar negeri, tepatnya di Amerika, siap-siap aja ngeluarin 110ribu! Hahahaha.

2. Mie instan

nunik99.files.wordpress.com

Siapa sih yang gak suka mie instan? Apalagi kalo akhir bulan, bisa-bisa konsumsi mie instan secara berlebihan. Kamu biasa makan mie instan pake topping apa? Bakso? Telor? Sosis? Kornet? Komplit deh, ya pake sawi dan cabe rawit juga. Terus, bayar berapa kalo udah makan komplit kayak gitu di Indonesia? Paling 9-10ribu ya. Tapi kalo kamu ke Jepang, 9-10ribu kamu baru dapet mie yang belom dimasak! Ettt, mahal yak.

3. Pecel lele

resepcaramasak.com

Kurang bahagia apalagi coba kalo udah nemuin makanan ini? Yap! Nikmat mana lagi yang kamu dustakan, guys! Kamu bisa makan pecel lele ini di pinggiran jalan, ada juga yang jualnya di restoran-restoran gitu. Kalo di pinggiran paling harganya cuma 10ribuan, kalo di restoran paling mahal 25ribu. Tapi kalo kamu jalan-jalan ke Swiss, siap-siap ngeluarin kocek kurang lebih 15 Euro atau sekitar 230ribu. Wow. Bisa makan berapa pecel lele di Indonesia, ya tuh? 

4. Pisang goreng

palmsquare.centrepointsabah.com

Di Indonesia kamu pasti gampang banget nemuin tukang pisang goreng. Udah rasanya nikmat, murah pula. Kamu yang punya duit cuma 1.000, tetep bisa nikmatin pisang goreng ini! Jauh banget kalo kamu beli di Belanda, harga pisang goreng ini bisa mencapai 75ribu! Hahaha, bisa kenyang gorengan kalo beli di Indonesia!

5. Bakso

www.eatdrink.my

Gak cuma orang Indonesia yang suka makan atau ngemil bakso, ternyata warga tetangga juga suka, lho! Warga Singapura suka bakso dan di sana mereka ngeluarin kurang lebih SGD 5 kira-kira 50ribu rupiah. Emang deh, kalo udah suka mau berapa pun harganya juga tetep dimakan! Hahaha.

6. Soto ayam

pondokibu.com

Soto-soto di Indonesia itu punya banyak macem, setiap daerah berbeda-beda cara penyajian dan isi dari sotonya. Ada soto ayam, daging, santen dan banyak lainnya. Biasanya kamu bisa nikmatin soto ini cuma dengan ngeluarin uang 12-15ribu udah pake nasi dan pastinya bisa kenyang. Tapi jangan harap deh kalo kamu lagi main ke Jerman atau Belanda kamu bisa nemuin soto murah, soalnya di Jerman atau Belanda soto itu dijual sekitar 18 Euro atau 180ribu rupiah. Buat anak kos, 180ribu bisa buat makan berapa minggu, ya? Hahaha.

7. Tempe

upload.wikimedia.org

Gak mungkin dong kamu gak kenal sama makanan ini, si tempe? Makanan yang jarang absen di rumah atau di setiap mata memandang. Tempe ini bisa jadi menu utama atau bisa jadi menu sampingan. Biasanya cuma dengan 2.000 kamu bisa dapet satu potong tempe yang nikmat. Tapi kalo di Eropa? Kamu harus bayar 25ribu, lho! Lumayan, kalo di Indonesia bisa beli kuota internet..

8. Nasi goreng

www.goodnewsfromindonesia.org

Nasi goreng itu makanan favorit seluruh rakyat Indonesia. Gimana gak suka? Udah isinya nasi, ada telurnya, ada kerupuk dan topping-nya bisa macem-macem kayak bakso, sosis atau pun ikan asin. Makanan ini paling bisa deh dicampur sama apa aja, mau gimana juga tetep nikmat. Kalo di Indonesia, nasi goreng polos biasanya bisa cuma 10ribu, paling mahal pake topping komplit 30ribu. Kalo ini nasi goreng kamu beli di Amerika, harganya gak 30 ribu lagi! Kamu bisa makan ini kalo udah ngeluarin 120ribuan! Bah, macam mana pula ini! Hahaha.

9. Sate ayam

www.pegipegi.com

Sate ayam di Indonesia pada umumnya dibandrol dengan harga 15-25ribu. Itu udah nikmat banget deh rasanya dan harganya juga gak mahal-mahal banget buat kantong kamu. Ternyata gak cuma orang Indonesia aja yang suka sama makanan ini tapi bule-bule Jerman juga pada suka, lho! Di sana harga sate ayam itu sekitar 10 Euro atau kurang lebih 150ribu... mantap!

10. Bika ambon

oatmeal.perutgendut.com

Makanan tradisional ini juga menjadi ciri khas oleh-oleh dari kota Medan. Kamu bisa kasih oleh-oleh ke temen kamu cuma dengan bayar 23-28ribu untuk ukuran kecil. Bika ambon dari Medan ini pilihan rasa ada original dan ada juga rasa pandan. Tapi kalo bika ambon ini udah terbang naik pesawat dan menetap di Eropa, harganya bisa jauh melambung! Kira-kira 8.5 Euro atau sekitar 130ribu untuk ukuran kecilnya. Bisa buat beli token listrik tuh, hahaha.

Gimana? Heran gak kamu kok makanan yang tergolong murah di Indonesia ini bisa jadi mahal begitu? Hahahaha. Tapi nih, walaupun mahal, makanan itu tetep banyak penggemarnya lho! Malah gak sedikit yang bisa mengkonsumsinya lebih dari sekali dalam seminggu. Emang top banget deh makanan Indonesia, makin bangga! Hihihi.

 

 

 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
19
SHARES
Kamu Juga Ngalamin? Barang-barang Ini Sering Banget Hilang Ketika Dibutuhkan!

Kamu Juga Ngalamin? Barang-barang Ini Sering Banget Hilang Ketika Dibutuhkan!

7 Kegiatan Ini Bakal Asah Otak Kanan dan Kiri Kamu Biar Makin Encer

7 Kegiatan Ini Bakal Asah Otak Kanan dan Kiri Kamu Biar Makin Encer

7 Fakta Receh yang Bisa Kamu Jadiin Pertanyaan Buat Ngobrol Sama Gebetan

7 Fakta Receh yang Bisa Kamu Jadiin Pertanyaan Buat Ngobrol Sama Gebetan

Inilah Daftar Parfum yang Wanginya Aneh Tapi Tahan Lama, Berani Coba?

Inilah Daftar Parfum yang Wanginya Aneh Tapi Tahan Lama, Berani Coba?

Beberapa Kata yang Sering Salah Ditulis dalam Komunikasi Sehari-hari, Mau Tau?

Beberapa Kata yang Sering Salah Ditulis dalam Komunikasi Sehari-hari, Mau Tau?

10 Pekerjaan Ini Sangat Ekstrim dan Menantang Maut, Apakah Kamu Berani?

10 Pekerjaan Ini Sangat Ekstrim dan Menantang Maut, Apakah Kamu Berani?

loading