Jokowi Ganti Baju Patungnya dengan Batik di Madame Tussaud, Supaya Tidak Diklaim Negara Lain?

news.okezone.com
Line YuKepo.com

Kabar baru lagi dari Presiden Indonesia, Joko Widodo. Kali ini, kabar dari orang nomor satu di Indonesia ini tidak melibatkan sepeda maupun atraksi sulap dan tebak-tebakan. Dilansir oleh Jakarta Post, Jokowi meminta pakaian patungnya yang ada di museum patung lilin Madame Tussaud di Hongkong diganti dengan kemeja batik alih-alih kemeja putih yang sekarang dikenakannya. Kemeja batik ini namun bukanlah kemeja batik sembarangan, karena merupakan koleksi pribadi Jokowi dan asli buatan Indonesia. Batik tersebut sudah dikirim langsung oleh Istana Negara dan dijadwalkan akan sampai di Hongkong dalam beberapa hari ini.

Sampai saat ini, sudah ada empat orang Indonesia yang diabadikan sebagai patung lilin di Madame Tussaud, yaitu Soekarno, Anggun C Sasmi, dan pebulutangkis Rudy Hartono. Patung Jokowi merupakan patung keempat orang Indonesia di Madame Tussaud yang baru saja diresmikan oleh Jokowi sendiri pada 3 Mei 2017 lalu. Patung Jokowi ini berpose sedang menggulung lengan baju kemeja putihnya sembari tersenyum. Nah, kira-kira, kenapa ya Jokowi mengganti kemeja putihnya dengan kemeja batik? Inilah 5 alasan di balik keputusan Jokowi berdasarkan analisis, Yukepo. Kira-kira kamu setuju nggak? 

1. Branding diri sebagai Presiden yang bangga akan budaya dalam negeri

internasional.republika.co.id

Seperti yang telah kita ketahui, Periode pemerintahan Jokowi sebentar lagi akan berakhir. Dan orang nomor satu RI ini sedang bersiap-siap untuk kembali menyalonkan diri sebagai Presiden. Dan tentu saja, beliau membutuhkan berita-berita positif terkait dirinya untuk menyita perhatian masyarakat. Nah, aksi menyumbang batik ke Madame Tussaud dan membuat patung lilin beliau mengenakan kemeja batik ini dapat menjadi salah satu berita positif yang akan membantu kampanye Jokowi kelak. Dengan aksi ini, Jokowi memperlihatkan sisi dirinya yang bangga akan kekayaan budaya Indonesia, khususnya batik.

2. Biar nggak sama dengan patung Soekarno di Madame Tussaud

news.detik.com

Di Madame Tussaud Hong Kong, terdapat dua patung Presiden Indonesia, yaitu Soekarno dan Jokowi. Uniknya, keduanya sama-sama mengenakan baju berwarna putih, meski baju Soekarno lebih meriah dengan berbagai lencana dan dilengkapi dengan pedang. Mungkin salah satu alasan Jokowi mengganti pakaian patungnya menjadi kemeja batik adalah agar orang-orang dapat membedakan dengan mudah patung Soekarno dan Jokowi. Atau mungkin, Jokowi ingin dilihat memiliki selera fashion yang berbeda dengan Soekarno? Hmm, bisa jadi.

3. Menduniakan batik

news.liputan6.com

Tentu saja aksi Jokowi ini merupakan aksi yang cukup heroik. Pasalnya, dengan mengganti pakaian patung Jokowi dengan kemeja batik, maka batik akan lebih mendunia. Masyarakat internasional akan tahu mengenai batik dan mungkin akan terkesima dengan keindahannya hingga mereka berniat mencari tahu lebih banyak mengenai budaya batik Indonesia.

4. Meningkatkan pariwisata Indonesia

travel.kompas.com

Selaras dengan poin di atas, aksi Jokowi ini merupakan aksi yang mempromosikan kekayaan budaya dan alam Indonesia. Tidak hanya membuat masyarakat internasional mengetahui keberadaan batik, namun layar LED yang terletak di belakang patung Jokowi pun secara terus menerus menampilkan tempat-tempat pariwisata yang indah di Indonesia.

Kedua hal ini jelas dapat meningkatkan rasa penasaran wisatawan asing terhadap Indonesia, apalagi mereka yang datang ke museum Madame Tussaud memang mayoritas merupakan wisatawan mancanegara. Dengan begitu, Yukepo menyimpulkan bahwa bisa saja Jokowi mengganti kemeja putihnya dengan kemeja batik karena ia ingin mempromosikan pariwisata Indonesia.

5. Menegaskan kalau batik budaya asli Indonesia, biar nggak diklaim negara lain!
www.kompasiana.com

Patung Jokowi di negeri asing yang mengenakan kemeja batik merupakan sebuah pernyataan yang tegas dan lugas bahwa batik merupakan kebudayaan asli Indonesia. Jika kamu masih ingat, beberapa tahun lalu Indonesia dan negara-negara lain pernah bersitegang terkait batik.

Dengan Malaysia, yang mengklaim batik sebagai kebudayaan khas Malaysia, dan dengan Cina yang membanjiri pasar Indonesia dengan batik impor yang membuat masyarakat Indonesia, khususnya para pembuat batik, resah. Nah, dengan patung Jokowi di Madame Tussaud yang mengenakan kemeja batik, maka Jokowi menyatakan dengan tegas bahwa batik adalah bagian dari identitas bangsa Indonesia dan bukan milik negara lain.

Hmm, bagaimana menurut kamu? Kira-kira apa alasan Jokowi mengganti pakaian patung lilinnya di Madame Tussaud?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
5053
SHARES
Najwa Shihab Muncul dalam Isu Reshufle Kabinet Jokowi, Inikah Alasannya Tinggalkan Metro TV?

Najwa Shihab Muncul dalam Isu Reshufle Kabinet Jokowi, Inikah Alasannya Tinggalkan Metro TV?

Meski Sedang Berada di Penjara, Berita Hoax Soal Ahok Masih Terus Beredar

Meski Sedang Berada di Penjara, Berita Hoax Soal Ahok Masih Terus Beredar

Jennifer Lawrence Dituding Pelakor Internasional, Disebut Penyebab Perceraian Chris Pratt dan Anna Faris

Jennifer Lawrence Dituding Pelakor Internasional, Disebut Penyebab Perceraian Chris Pratt dan Anna Faris

Mengharukan! Terpisah 10 Tahun, Ayah Anak Ini Bertemu Lagi Berkat Ojek Online

Mengharukan! Terpisah 10 Tahun, Ayah Anak Ini Bertemu Lagi Berkat Ojek Online

Kutukan Mourinho Berlanjut, Real Madrid Sukses Menangi Laga UEFA Super Cup!

Kutukan Mourinho Berlanjut, Real Madrid Sukses Menangi Laga UEFA Super Cup!

Mata Najwa Berhenti Tayang Setelah 7 Tahun, Sampai Jumpa!

Mata Najwa Berhenti Tayang Setelah 7 Tahun, Sampai Jumpa!

loading