Yosia Siregar, Mahasiswi Indonesia yang Hilang di Jepang Ditemukan, Bagaimana Keadaannya?

21 Juli 2017
|Chandra W.
7SHARES

Dikabarkan hilang sejak 6 Juli 2017 lalu, mahasiswi Indonesia bernama lengkap Yosia Trifosa Siregar akhirnya ditemukan. Hal ini disampaikan oleh Arrmanatha Nasir selaku juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia siang kemarin (20/7). Kabar hilangnya Yosia Siregar ini pertama diumumkan oleh kakaknya melalui akun instagram @dorashinta. Yosia dijadwalkan pulang ke Indonesia pada tanggal 6 Juli 2017, namun tak ada kabar apapun yang diterima oleh keluarganya.

Ketika dicek ke bandara tempatnya seharusnya berangkat dari Jepang, tak ada catatan check-in dari Yosia. Pihak KBRI Jepang pun segera bertindak dengan menghubungi kampus, teman-teman, dan siapa saja yang dapat membantu melengkapi informasi mengenai kontak terakhir Yosia. Dilansir dari Tribun Bali, Yosia menempuh pendidikan di sekolah bahasa sejak Juli 2016 hingga Juni 2017. Ia merencanakan untuk jalan-jalan di Jepang terlebih dahulu setelah menyelesaikan studinya. Visa yang dimiliki Yosia berakhir masa berlakunya pada September 2017.

Temannya pun melarang Yosia melakukan hal itu. Menurutnya, lebih baik jika Yosia kembali ke Indonesia tak lebih dari dua minggu setelah sekolah bahasanya selesai. Ia terakhir berkomunikasi dengan Yosia tanggal 6 Juli 2017. Yosia hanya pamit akan kembali ke Indonesia. KBRI Jepang baru menerima kabar hilangnya Yosia tanggal 15 Juli dari keluarganya.

Upaya-upaya menemukan Yosia segera dilakukan oleh KBRI dengan menggunakan semua jalur komunikasi: imigrasi, PPI, komunitas Friends of Indonesia, masyarakat Indonesia, medsos, dan lainnya. Kasus ini juga sudah diinformasikan ke polisi Jepang di Shinjuku (sesuai alamat tercatat).

Saat ini, Yosia telah ditemukan dan dalam keadaan sehat serta telah diamankan di Jepang. Ia ditemukan di wilayah Osaki, Tokyo. Yosia belum bisa segera dipulangkan ke Indonesia sebab mengikuti SOP di sana. Pihak KBRI Tokyo juga belum bisa mengonfirmasi kapan Yosia bisa diserahkan ke KBRI. Pihaknya masih melakukan penanganan lebih lanjut terkait kasus ini.

Besok kalau kamu studi di luar negeri, harus rajin mengabari orang rumah atau teman terdekat ya. Kalau kayak gini 'kan kasihan, repot semuanya. Tapi untunglah Yosia Siregar sudah ditemukan. Semoga ke depannya nggak ada lagi kejadian semacam ini. Well done KBRI dan semua pihak yang terlibat dalam pencarian Yosia.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
7SHARES