Vlog Logan Paul di Hutan Bunuh Diri Jepang Dikecam Habis-habisan. Bercandanya Nggak Lucu

05 Januari 2018
|Venanda
0SHARES

Beberapa waktu lalu, netizen dihebohkan dengan vlog tentang bunuh diri yang diunggah oleh seorang YouTubers sekaligus vlogger terkenal, Logan Paul. Ia yang saat itu sedang berada di Jepang mengangkat tema hutan bunuh diri yang terkenal di sana, Aokigahara. Sebenarnya temanya menarik, tapi caranya membuat vlog lah yang bikin netizen geram.

Dalam vlog itu, Paul sengaja menunjukkan mayat yang meninggal karena bunuh diri. Meskipun di-blur, namun hal ini dianggap sangat keterlaluan. Alhasil, ia dikecam habis-habisan oleh netizen.

Logan Paul yang merupakan YouTuber asal Amerika ini memang udah cukup terkenal dan memiliki 15 juta subscribers di channel-nya. Ia yang rajin membuat vlog, kala itu sedang berada di Jepang dan tertarik merekam hutan bunuh diri "Aokigahara". Bersama teman-temannya, ia pun pergi ke hutan tersebut untuk melihat secara langsung keadaan di sana.

Perlu diketahui, hutan yang terletak di kaki gunung Fuji itu memang sering dijadikan spot masyarakat Jepang untuk mengakhiri hidupnya. Saking banyaknya, bahkan pemerintah Jepang tidak mengungkapkan berapa banyak orang yang bunuh diri karena takut hutan tersebut semakin populer. Selain itu di dalam hutan itu juga ada penanda yang berisi peringatan agar jangan bunuh diri.

Sebenarnya sebelum Paul sudah ada banyak YouTubers yang merekam hutan tersebut. Namun tidak ada satupun yang menemukan, menunjukkan, atau merekam mayat dari jarak dekat. Mereka masih menjunjung rasa kesopanan dan memahami batas-batas mana yang bisa dibagikan ke publik.

Berbeda dari yang lainnya, Paul justru menunjukkan dan merekam mayat saat berada di hutan tersebut. Ia juga sempat menarasikan detik-detik saat ia menemukan jasad yang meninggal karena gantung diri. Terlebih saat menemukan mayat, ia bukannya langsung menghubungi polisi, tapi justru mendekatinya dan merekam mayat tersebut. Meskipun sudah diburamkan bagian wajahnya, tapi tetap saja hal itu dianggap tidak sopan. 

Hal lain yang membuat netizen semakin geram adalah Paul sempat menunjukkan tangan mayat yang sudah membiru karena gantung diri dari dekat. Dan lagi, ia justu memberikan ekspresi seperti tertawa karena selama ini belum pernah melihat mayat dari dekat secara langsung. Ia pun dihujat karena kelakuannya ini.

Beberapa netizen marah karena menganggap perbuatan Paul dianggap tidak menghormati nyawa manusia. Tak heran jika banyak orang membuat tweet berisi kecaman terhadap vlogger yang biasanya menampilkan konten lucu ini. 

Melihat banyak reaksi negatif dari masyarakat, Paul akhirnya minta maaf secara resmi di akun Twitter-nya. Ia mengatakan bahwa ia menyesal dan mengakui telah berbuat kesalahan yang serius. Selain itu ia juga tidak berharap dimaafkan. Paul mengungkapkan,

“Saya seharusnya tidak mengunggah video itu. Seharusnya saya menaruh kamera dan berhenti merekam apa yang kami lalui. Ada banyak hal yang semestinya saya lakukan berbeda, tapi tidak. Saya malu pada diri saya. Saya kecewa pada diri saya”.

Salah satu netizen yang mengecam keras aksi ini adalah @AnnaAkana. Ia mengungkapkan kecamannya dengan menganalogikan pengalaman saudaranya saat melihat mayat. 

“Saat saudara laki-lakiku menemukan tubuh saudara perempuanku, dia berteriak ketakutan dan bingung, sedih, dan berusaha menyelamatkannya. Tubuh tersebut adalah orang yang dia cintai. Kamu tidak akan berjalan ke hutan bunuh diri dengan kamera dan mengklain bahwa itu adalah bentuk kesadaran kesehatan mental.”

Paul Logan juga mengatakan niatnya membuat video tersebut bukan untuk menarik perhatian penonton, tapi meningkatkan kesadaran tentang "jangan bunuh diri". Sayangnya caranya salah dan justru membuat netizen geram. Hal ini bisa jadi pelajaran buat yang lainnya agar lebih berhati-hati dalam membuat konten di media sosial. Karena saat sudah diunggah, kamu tidak bisa mengontrol efek dari unggahanmu tersebut.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
0SHARES