#Persekusi Jadi Kata Tren di Kalangan Netizen di Twitter

03 Juni 2017
|Faizah Pratama
0SHARES

Baru-baru ini, di Indonesia, kata persekusi mendadak menjadi perbincangan banyak orang. Hal tersebut terkait viralnya video yang merekam seorang anak yang sedang dikerumuni orang-orang yang mengaku sebagai anggota Front Pembela Islam. Anak tersebut bernama Putra Mario Alfian. Dalam video tersebut, masa meminta Putra Mario Alfian untuk menandatangani surat pernyataan maaf atas postingannya di media sosial yang dianggap menghina pimpinan ormas mereka. Tak hanya diminta untuk menandatangani surat pernyataan. Sebuah tangan juga turut menampar pipi anak tersebut.

Sebelumnya, apa itu persekusi? Menurut KBBI persekusi adalah pemburuan sewenang-wenang terhadap seorang atau sejumlah warga dan disakiti, dipersusah, atau ditumpas. Perbincangan tentang persekusi juga marak di dunia maya. #persekusi menjadi salah satu trending topic di Twitter. Banyak yang menetang perilaku tersebut. 

Seorang netizen berpendapat bahwa tindakan persekusi tidak dibenarkan dalam ajaran agama

@pulo_Rgg #Persekusi saya rasa dalam ajaran agama pun tidak dibenarkan jika seseorang salah dalam berbicara hendaklah kita tegur dengan baik2

Seorang netizen juga berkomentar bahwa persekusi seharusnya tidak ada apabila ada aparat yang menegakkan keadilan.

@my_speak Lg rame kata2 #persekusi. Padahal kata ini seharusnya tidak ada apabila keadilan ditegakkan oleh aparat, aparat pun tak berfikak!!

Seorang netizen juga ada yang berpendapat bahwa jika orang yang terkena akibat perilakunya sebaiknya dicari penyebabnya bukan disalahkan pada akibatnya. 

@harmonisme Dunia terbalik, klo ada yang kena akibat dari perilaku seseorang, cari penyebabnya. Bukan Nyalahin akibatnya. 

Ada juga netizen yang bersikap netral. Dia berpendapat bahwa berkata di media sosial salah tetapi main hakim sendiri juga salah. 

@ajileksmana Semuanya salah, yang ngomong seenaknya di sosmed salah, yang ngegeruduk semaunya juga salah, Intinya perbaiki diri sendiri aja #persekusi

Ternyata tak sedikit pula netizen yang belum memahami makna kata persekusi. Seorang netizen menganggap kata persekusi sebagai kata asing yang tidak diketahui artinya. 

@de_chays Semakin hari semakin banyak pula istilah yang tak kumengerti di negeri ini...#persekusi

Seorang netizen lain pun berkomentar bahwa kata persekusi itu sulit dimengerti dan dia menghimbau para pembuat berita untuk menggunakan kata yang mudah dimengerti.

@putripeni #persekusi kalo bikin berita mbok ya kata katane ben iso dimengerti orang yang ga sekolah (ben mudeng)

Tindakan kesewenang-wenangan terhadap orang lain merupakan tindakan yang kurang terpuji. Namun, kita juga perlu berhati-hati dengan postingan kita di media sosial karena siapa pun dapat merasa terhina ataupun tersinggung.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES