Netizen Bertemu Kementerian Perhubungan RI Membahas #MudikGuyubRukun

18 Juni 2017
|Chandra W.
0SHARES

Pada Jumat, 16 Juni 2017 kemarin digelar Temu Netizen bersama Menteri Perhubungan dan jajarannya di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta. Temu Netizen Perhubungan ini diadakan untuk membahas segala hal yang berkaitan dengan mudik Lebaran 2017. Netizen yang boleh mengikuti acara ini hanya 50 orang terpilih yang mendaftar melalui media sosial Kementerian Perhubungan. Tema yang diangkat oleh Kemenhub adalah #MudikGuyubRukun. Tema ini dipilih karena dianggap merupakan refleksi kepedulian, kebersamaan, kerukunan, serta berangkat dari akar budaya Indonesia dan dianggap mencerminkan nilai-nilai Pancasila yang sejatinya hidup dalam masyarakat Indonesia.

Dikutip dari akun twitter resmi milik Kemenhub, @kemenhub151, menghadapi arus pulang kampung yang akan segera dimulai untuk Lebaran 2017, Kemenhub telah siap dengan berbagai strategi, di antaranya koordinasi intensif dengan instansi terkait, melakukan ramp check, menggelar posko, dan nggak ketinggalan juga mudik gratis. Tahun ini penumpang pulang kampung yang menggunakan angkutan umum diprediksi meningkat empat persen. Untuk itu, tahun ini Kemenhub meningkatkan kapasitas angkutan umum agar dapat menampung jumlah penumpang tersebut. Sebagai antisipasi keamanan, Kemenhub juga telah melakukan ramp check di moda darat, laut, udara dan kereta api sejak bulan April 2017. Di sini disampaikan juga agar pemudik memastikan setiap armada yang digunakan untuk pulang kampung telah berstiker lulus uji.

Selama acara tersebut, banyak juga netizen yang melakukan live tweet menyampaikan informasi yang disampaikan oleh Kemenhub. Di antaranya Andrawina (@wina_ronan), yang menyampaikan bahwa Kemenhub menyediakan pulang kampung gratis untuk pemudik yang menggunakan motor. Kebijakan utama Kemenhub menyambut pulang kampung mengacu pada tiga aspek yaitu keselamatan, pelayanan, dan keamanan pemudik. Kualitas pelayanan telah ditingkatkan dalam pembelian tiket dan segala yang berhubungan dengan kenyamanan dan keamanan pemudik. Khusus untuk pemudik yang menggunakan bus, disarankan untuk berangkat dari terminal yang resmi, bukan naik di tengah jalan.

Pulang kampung memang sudah menjadi semacam tradisi di Indonesia. Setiap tahunnya, ratusan ribu bahkan jutaan perantau pulang kampung menjelang lebaran, mengakibatkan tumpah ruah kendaraan dan meningkatnya penumpang kapal, pesawat, kereta api, hingga bus. Separah-parahnya keadaan yang dialami saat mudik, dari mulai jadwal bus molor, kecopetan, ketinggalan kereta, dan sebagainya, pulang kampung tetap dirindukan dari tahun ke tahun. Karena bagi sebagian orang, saat-saat mudik ini adalah satu-satunya kesempatan untuk bertemu keluarga di kampung yang sudah berpisah setahun atau bahkan lebih dari itu.

Mulai dari mahasiswa sampai yang sudah kerja di luar kampung halaman biasanya harus siap-siap beli tiket dari sebelum hari H keberangkatan. Karena pasti bakal rebutan sama pemudik yang lainnya. Bahkan untuk pengguna kereta api, tiket Lebaran sudah habis terjual sejak dua bulan yang lalu. Ketat banget 'kan, persaingannya. Kamu sendiri gimana? Udah siap buat mudik? Jangan lupa selalu jaga barang bawaan ya, jangan sampai ketinggalan apalagi kehilangan. Selamat mudik!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES