Menyambut Hari Lahir Pancasila, Tagar #SayaPancasila Marak dalam Cuitan Netizen

beritahati.com

Tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila. Dalam menyambut hari lahir Pancasila, berbagai acara telah digagas pemerintah untuk menyambutnya. Salah satunya adalah Pekan Pancasila dengan tema “Saya Indonesia, Saya Pancasila”. Acara tersebut digagas untuk lebih mengenalkan nilai-nilai Pancasila terutama kepada anak muda. Di Twitter, tagar #SayaPancasila menjadi tagar yang marak digunakan di Twitter. Netizen mengungkapkan pandangannya tentang Pancasila melalui cuitan mereka.

twitter.com

Selain sebagai dasar negara, Pancasila juga merupakan ideologi bagi warga negaranya. Seorang netizen mengungkapkan bahwa Pancasila merupakan suatu ideologi yang lengkap. Dia mengungkapkan bahwa jarang ada yang menyadari hal tersebut.

@mazeeda9: "kita tidak menyadari bahwa kita punya ideologi yang paling lengkap seluruh dunia. #SayaPancasila"

twitter.com

Bukan hanya sebagai ideologi yang merupakan sebuah teks. Pancasila juga perlu diamalkan. Seorang netizen mengungkapkan bahwa Pancasila bukan hanya lisan atau ucapan, Pancasila juga perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

@ndholite: "#Pancasila bukan hanya lisan, tulisan, atau postingan… Harus bisa diwujudkan dalam perbuatan kita sehari2."

twitter.com

Bukan hanya sebuah ideologi, Pancasila juga merupakan pemersatu bangsa. Seorang netizen mengungkapkan dalam menjadikan Pancasila sebagai Ideologi, tidak perlu khawatir akan bergesek dengan agama karena Pancasila justru mempersatukan agama-agama yang berbeda.

@JackBoydLapian: "Pancasila bukan agama, melainkan persimpanngan jalan yang menyatukan banyak agama. #SayaPancasila."

twitter.com

Selain mengungkapkan berbagai makna mendalam Pancasila menurut mereka, ada pula netizen yang mengaitkannya dengan kasus yang berkaitan dengan Pancasila yang terjadi baru-baru ini. Jika kita tengok, belakangan ini terdapat beberapa kasus penodaan Pancasila. Kasus pertama adalah kasus penodaan Pancasila yang dilakukan oleh Habib Rizieq. Karena ucapannya tentang Pancasila dianggap telah menodakan Pancasila. Selain itu, Organisai Hizbut Tahrir Indonesia juga terancam dibubarkan karena kegiatan-kegiatan yang dilakukan organisasi tersebut dianggap tidak sesuai dengan Pancasila. Seorang netizen mencuitkan kata-kata yang bernada sindiran.

@dreamorita Katanya Mereka Cinta NKRI dan NKRI harga Mati.. tapi pas ada kerusuhan, mereka duluan yang kabur ke LN. Siapa yooo??? #SayaPancasila

Demikian sederet cuitan netizen dalam memaknai Pancasila. Seberapa pun semaraknya #SayaPancasila di berbagai media sosial, Pancasila hanya akan menjadi sebuah teks saja jika tidak ada orang yang mengamalkannya. Pancasila tidak hanya perlu dimaknai saja, tapi juga perlu diterapkan dalam melaksanakan kehidupan bernegara. Selamat hari lahir Pancasila.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
#Persekusi Jadi Kata Tren di Kalangan Netizen di Twitter

#Persekusi Jadi Kata Tren di Kalangan Netizen di Twitter

Kakek Sariban: Pahlawan “Gila” Kebersihan dari Kota Kembang Bandung yang Mendunia

Kakek Sariban: Pahlawan “Gila” Kebersihan dari Kota Kembang Bandung yang Mendunia

#KerenTanpaRokok Vs #TerimakasihKretek, Memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia

#KerenTanpaRokok Vs #TerimakasihKretek, Memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia

loading