#KerenTanpaRokok Vs #TerimakasihKretek, Memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia

01 Juni 2017
|Faizah Pratama
545SHARES

Tanggal 31 Mei merupakan Hari Tanpa Tembakau Sedunia.  Berbagai kegiatan diadakan untuk memperingatinya. Berbagai sosialisasi juga diadakan untuk menginformasikan betapa bahayanya rokok bagi kesehatan manusia. Berbagai himbauan pun dilakukan pemerintah untuk menekan jumlah perokok di Indonesia. Di Puskesmas juga telah ada konsultasi gratis berhenti merokok. Pemerintah juga pernah menaikkan harga rokok sebagai salah satu upaya mencegah bertambahnya  perokok.

Di dunia maya, misalnya Twitter, muncul cuitan-cuitan mendukung Hari Tanpa Rokok Sedunia. Dengan #KerenTanpaRokok, cuitan netizen di Twitter hampir mencapai 4000 tweet. Dalam semarak #KerenTanpaRokok, Anis Baswedan pun turut memberikan cuitannya.

@aniesbaswedan Selamat Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Maju Kotanya, Sehat Warganya. #WorldNoTobaccoDay#kerentanparokok

 


PILIHAN EDITOR

Selain itu beberapa Instansi Pemerintah juga turut memberikan dukungannya. Misalnya, cuitan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia berikut.

@KemenkesRI Hai #Healthies, setiap tanggal 31 Mei diperingati sbg Hari Tanpa Tembakau Sedunia #RokokAncamPemangunan#KerenTanpaRokok#HTTS2017

Kementrian Agama Republik Indonesia juga turut memberikan cuitannya.

@Kemenag_RI Selamat Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Cintailah diri sendiri, jaga kesehatan, & pola hidup sehat tanpa rokok. #KerenTanpaRokok#HTTS2017

Ditengah maraknya #KerenTanpaRokok, muncul pula #TerimaKasihKretek yang mencapai 6000 cuitan.  Para pengusung #TerimaKasihKretek berpendapat rokok yang digembar-gemborkan dapat merugikan kehidupan tidak sepenuhnya benar. Seperti yang telah diketahui industri kretek turut menyumbang pendapatan negara lewat cukai rokok. Industri kretek juga dianggap akan mengembalikan kejayaan cengkeh. Selain itu, industri kretek juga telah menghidupi banyak petani tembakau di Indonesia. #TerimaKasihKretek merupakan bentuk dukungan terhadap industri rokok Indonesia. Berikut ini adalah bentuk cuitan mereka. 

Cuitan akun resmi Komite Nasional Pelestarian Kretek.

@boleh_merokok Cengkeh dan juga tembakau, keduanya merupakan bahan baku utama produk rokok kretek khas Indonesia. #TerimaKasihKretek#TributeToKretek

Serikat Petani Indonesia juga mengungkapkan pembelaannya terhadap petani tembakau.

@SerikatPetani Kalau demikian apakah salah ketika kami masih bertahan dengan tembakau yang kami cintai? #terimakasihkretek

Ada juga dukungan terhadap petani cengkeh. Mengingat cengkeh adalah komponen penting dalam industri rokok dan telah saling mendukung sekian lama. 

@TributeToKretek Petani cengkeh berdaya, berdaulat, dan Mandiri. cengkeh bagian penting dalam kretek #TerimaKasihKretek

Pro dan kontra adalah hal biasa. Memang rokok dapat mengganggu kesehatan. Bagi kalian yang antirokok teruslah jaga kesehatan. Bagi yang merokok, merokoklah secukupnya. Yang berlebihan itu tetaplah tidak baik.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
545SHARES