Kakek Sariban: Pahlawan “Gila” Kebersihan dari Kota Kembang Bandung yang Mendunia

01 Juni 2017
|Venanda

Akhir-akhir ini, viral sebuah video tentang seorang Kakek Sariban pahlawan "gila" kebersihan dari kota Bandung yang sangat menginspirasi. Aksi mulianya dalam membersihkan sampah dengan sukarela di Kota Bandung ini mendunia setelah diberitakan oleh salah satu media asing. Aljazaeer TV, salah satu media dari Timur Tengah meliput aksi kakek Sariban yang sangat heroik dalam menjaga kebersihan Kota Bandung. Penasaran terhadap kisah Kakek Sariban?

Video yang dilansir dari akun Twitter @AJEnglish ini membagikan kisah Kakek Sariban dalam menjalankan aksinya membersihkan sudut kota Bandung tanpa pamrih. Video yang diberi keterangan "At first people thought I was crazy... A weirdo." Meet Mr Sariban, Indonesia's garbage hero. #AJShorts ini mendapatkan tanggapan yang positif dari netizen. Hal ini terlihat dari 501 orang yang membagikan dan 569 orang yang menyukai postingan ini. Aksi kakek yang sudah berusia 74 tahun ini memang sangat mulia dan menyentuh hati sehingga banyak orang yang memeberi respon positif pada berita tersebut.

Dalam video tersebut kakek Sarbini mengatakan bahwa pada awalnya orang-orang menganggap bahwa beliau gila dan aneh. Tapi dia tidak begitu memedulikannya dan tetap melakukan aksinya. Dia mengatakan bahwa benar dia gila, tapi gilanya itu gila kebersihan.

Kakek Sariban sudah 30 tahun lebih menjalankan aksinya dalam membersihkan sampah di Kota Bandung. Dengan ditemani sepeda ontel kuno yang dimilikinya sejak zaman Belanda ini, Kakek Sariban menyusuri Kota Bandung dan mengambil sampah-sampah yang berserakan di pinggir jalan. Sampah tersebut dikumpulkan di sepeda kunonya untuk nantinya akan dibuang di tempat sampah.

 

Sehari-hari beliau menyempatkan waktu untuk pergi ke taman kota dan tempat umum lainnya untuk membersihkan sampah. Kakek Sariban tidak segan-segan untuk menegur warga yang membuang sampah sembarangan. Dia akan mengingatkan mereka yang membuang sampah sembarangan agar menjaga kebersihan lingkungan.

Selain itu, Kakek Sariban juga selalu mengajak orang-orang yang ditemuinya untuk membuang sampah pada tempatnya. Tak jarang kakek ini juga menyanyikan lagu ajakan menjaga kebersihan ciptaannya sendiri sebagai ajakan untuk menjaga lingkungan sekitar agar bebas dari sampah. 

Kisah Kakek Sariban yang sangat inspiratif ini mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat dan pemerintah. Beliau pernah akan diberi sepeda motor untuk membantunya dalam membersihkan sampah oleh seorang warga, namun ditolak oleh Kakek Sariban karena dia tidak ingin mencemari udara Bandung dengan asap knalpot. Kakek Sariban juga pernah diajak umroh oleh wali kota Bandung, Ridwan Kamil, dan sudah berangkat pada tahun 2016 lalu. 

Kisah Kakek Sariban ini inspiratif sekali. Di usianya yang sudah senja beliau masih semangat menyebarkan semangat positif dan selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan sebuah aksi nyata. Sebagai anak muda kita juga harus meneladani semangat dan niat mulia Kakek Sariban untuk menjaga kebersihan lingkungan dari sampah. Jika kakek yang sudah berusia 74 tahun saja masih semangat melakukan hal baik, kenapa kita tidak? 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
SHARES