Gerakan Janur Kuning Ramaikan Twitter, Jangan Salah Sangka Lho!

12 Juni 2017
|Faizah Pratama
0SHARES

Gerakan Janur Kuning, mungkin kalian akan salah sangka dengan kata-kata itu. Jangan salah menyangka bahwa Gerakan Janur Kuning adalah gerakan yang mendorong masyarakat untuk cepat menikah. Janur Kuning memang identik dengan simbol pernikahan. Gerakan Janur Kuning sebenarnya adalah sebuah gerakan yang digagas oleh Polda Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mengatasi para pengendara sepeda motor yang bermuatan berlebih.

Kendaraan bermotor dengan muatan berlebih selain melanggar aturan juga membahayakan keselamatan pengendara maupun pengguna jalan lainnya. Gerakan ini digagas untuk menyambut tradisi mudik lebaran 2017. Pelaksanaan Gerakan Janur Kuning akan dimulai pada 19 Juni sampai dengan 4 Juli 2017. Mekanisme pelaksanaannya siapapun pengendara sepeda motor yang melanggar aturan akan dipasang janur kuning pada bagian depan dan belakang motor.

Kabar Gerakan Janur Kuning ini mungkin terlebih dahulu tersebar di media sosial. Gerakan tersebut juga  disambut beragam oleh netizen. Beberapa netizen turut menyebarkan informasi tentang Gerakan Janur Kuning tersebut.

@fadhlanarkhan1 : Polda DIY di musim mudik bulan ini akan mengadakan operasi ramadhan #GerakanJanurKuning

Netizen ini juga turut menghimbau netizen lain agar berhati-hati saat berkendara karena jika melanggar akan dipasang janur kuning pada motornya.

@angtekkhun : Hati2 berkendara di Jogja, Jk melanggar, dlm operasi ramadhan, kendaraan kamu akan dipasang janur di depan & belakang #GerakanJanurKuning

Ada pula netizen yang menyebarkan info tersebut melalui selentingan lucu mereka di Twitter.

@ariflukman : #GerakanJanurKuning Janur ini akan kukalungkan di motormu kalau kamu ndablek Mas.

'Janur ini akan kukalungkan di motormu kalau kamu bandel, Mas'

Akun ini juga menyampaikan informasi  tersebut melalui selentingannya.

@watespahpoh : kalau gak tertib berlalu lintas tak jiret pake janur loh. Lebih tertib dalam berkendara ya #Gerakan Janur Kuning

Ada pula netizen yang menghubungkan Gerakan Janur Kuning dengan hal-hal lain. Misalnya netizen ini yang menghubungkan dengan pernikahan.

@giartus : #GerakanJanurKuning ini berbarengan dengan maraknya tetangga yang mau pasang janur kuning dan tenda biru.

Ada juga netizen yang menghubungkannya dengan jodoh.

@bulan_fa : Pengendara motor di jogja dapat janur kuning dpt jodoh cepet juga tak?

Ada pula yang salah sangka dan menyampaikan pendapatnya lewat selentingan berikut.

@GuyonAngkring : Tak kira #GerakanJanurKuning kui semacam movement babagan siap siap ditakoni kapan rabi pas lebaran nanti ... Jebule udu...

'Aku kira #GerakanJanurKuning  itu semacam bagian dari siap-siap ditanyai kapan nikah saat lebaran nanti... ternyata bukan...'

Itulah beberapa selentingan netizen yang menanggapi Gerakan Janur Kuning yang digagas Polda DIY. Kita memang harus selalu taat berkendara agar selamat dan tidak membahayakan orang lain.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES