Belasan Hiu Mati Dibawa Mobil Bak Terbuka di Cilacap, Penangkapan Ilegal?

24 Juli 2017
|Chandra W.
0SHARES

Baru-baru ini, sebuah foto yang menunjukkan belasan hiu mati berlumuran darah yang dibawa oleh mobil bak terbuka di Cilacap beredar di internet. Informasi ini awalnya diketahui dari akun Facebook Banyumas dalam Informasi. Di mobil bak terbuka dengan nomor plat R 1821 RT ini terlihat beberapa hiu mati yang tampa berlumuran darah segar. Tentu netizen geram melihat hal seperti ini. Cilacap memang dikenal melimpah sumber daya lautnya. Namun apakah hiu termasuk hasil laut yang harus dibanggakan ketika dilakukan penangkapan besar-besaran?

Salah satu netizendari twitter pun mencoba mengonfirmasi hal ini namun tidak banyak informasi yang bisa didapatkan. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap, Sujito mengatakan bahwa dari foto tersebut, jenis hiu dapat dipastikan hiu tikusan (Alopias pelagicus). Spesies ini bukan termasuk hiu yang dilindungi. Ia juga mengatakan bahwa tak jarang ada hiu yang terbawa tangkapan kapal-kapal besar di perairan selatan Jawa.

Pihaknya mengatakan bahwa sudah ada sosialisasi untuk mengembalikan hiu ke laut dalam keadaan hidup dan utuh jika tidak sengaja tertangkap. Namun tentu saja ada beberapa nelayan yang masih tergiur karena harga sirip hiu bisa mencapai satu juta per kilogram.

Sementara itu, Kepala Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Cilacap, Didik Ristanto mengatakan bahwa dalam foto tersebut juga tampak spesies hiu yang diindungi yaitu hiu koboi (Charcharhinus longimanus). Polres Cilacap juga telah meminta keterangan sopir namun tidak menangkapnya karena belum ada aturan yang jelas tentang penangkapan ikan hiu di lingkup nasional.

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 59/PERMEN-KP/2014 hanya mengatur tentang larangan untuk mengekspor hiu mati. Sedangkan untuk peredaran dalam negeri belum ada peraturan yang jelas. Karena itu, pihak yang berwajib tak dapat menahan sopir mobil pengangkut hiu mati tersebut.

Hal-hal seperti ini yang masih menjadi pekerjaan rumah besar bagi Indonesia. Karena jika tidak segera dibuat peraturan, lama-lama hiu yang jumlahnya melimpah juga akan punah diburu manusia yang mengincar harga jualnya yang tinggi.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES