Wanita Ini Ketahuan Curang Saat Tes CPNS. Sembunyikan Handphone di Tempat Nggak Terduga

18 September 2017
|Venanda
484SHARES

Beberapa waktu lalu netizen dihebohkan dengan berita kecurangan dalam pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS. Proses seleksi yang sudah berlangsung sejak bulan Agustus kemarin, ternodai dengan kelakuan salah satu peserta. Seorang cewek yang sudah lolos tes administrasi harus rela mengubur mimpinya menjadi PNS setelah ia melakukan hal ini. Heran deh, harus sampai segitunya ya buat jadi CPNS?

Setelah 5 tahun pendaftaran CPNS ditangguhkan karena adanya kebijakan moratorium, akhirnya pada tahun 2017 beberapa instansi kembali membuka lowongan secara besar-besaran. Kebijakan moratorium ini dikeluarkan oleh pemerintah karena dinilai jumlah pegawai negeri sipil (PNS) sudah terlalu banyak dan kurang efektif. Oleh karena itu pemerintah memutuskan untuk menutup lowongan CPNS sementara waktu sambil membenahi sistem kepegawaian yang masih belum efisien.

Kesempatan emas yang sudah ditunggu oleh banyak orang ini membuat situs pendaftaran CPNS dibanjiri oleh para pelamarnya. Salah satu instansi yang diminati oleh banyak orang adalah Kemenkumham. Bukan hanya karena ini merupakan salah satu instansi yang bergengsi, tapi jumlah kursi yang disediakan juga cukup banyak. Dalam pendaftaran kali ini, berbagai instansi dan kementrian menyiapkan 17.962 lowongan dari berbagai jurusan. 

Namun sayangnya, jumlah lowongan yang cukup besar ini tidak membuat kesempatan juga terbuka lebar karena pendaftarnya jauh lebih banyak daripada kursi yang disiapkan oleh pemerintah. Bayangkan saja, dari jutaan orang yang mendaftar, hanya ada ribuan kursi yang disediakan. Perbandingan yang sangat besar ini membuat kesempatan untuk lolos menjadi CPNS menjadi sangat kecil.

Mungkin karena tingginya tingkat persaingan, beberapa orang memilih untuk berbuat curang demi mendapatkan kursi di Kemenkumham. Salah satunya adalah seorang cewek yang melakukan tes di Semarang, Jawa Tengah. Demi lolos Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) ia melakukan hal yang memalukan.

Foto wanita yang menyembunyikan HP di dalam pakaiannya ini langsung viral di sosial media. Ia ketahuan menyembunyikan handphone dan headset dibalik pakaiannya. Ternyata benda ini digunakannya untuk berkomunikasi dengan joki tes yang sudah bersiap di tempat lain.

Petugas yang memergoki wanita tersebut langsung memotret wajahnya lengkap dengan HP dan gulungan kabel headset di dalam pakaiannya. Foto yang sangat mengejutkan ini langsung viral dan panen komentar pedas dari netizen. Banyak diantaranya yang menghujat dan memberinya hukuman sosial.

Ternyata tindakan curang yang dilakukan oleh wanita tersebut adalah cara lama. Pada pelaksanaan tes di tahun-tahun sebelumnya juga sudah ada peserta yang ketahuan melakukan kecurangan dengan cara ini. Mereka memasang HP dan headset di dalam pakaian, lalu akan berkomunikasi dengan joki dengan cara pura-pura membaca soal dalam tes tersebut. 

Miris banget ya, demi impian mulia menjadi pengabdi negara ia menggunakan cara curang untuk menyelesaikan soal tes CPNS ini. Kalau baru tes saja sudah seperti ini, bagaimana nanti kalau sudah jadi pegawai negeri? Cara curang apa lagi yang akan ia gunakan untuk memuaskan keinginanya?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
484SHARES