Selain Demo, Murid SMAN 2 Malang Protes Kepala Sekolahnya dengan Bikin Sajak

09 April 2018
|Venanda
418SHARES

Beberapa waktu lalu, dunia pendidikan kembali dihebohkan dengan demo yang dilakukan oleh murid-murid SMA Negeri 2 Malang. Mereka yang merasa kepala sekolahnya sering bertindak semena-mena, sudah tidak tahan lagi dan memutuskan untuk melawan. Dengan penuh semangat, mereka pun bersama-sama mendemo dan berusaha menurunkan kepala sekolah dari jabatannya.

Selama ini kepala sekolah yang bernama Dwi Retno sering melakukan hal yang tidak masuk akal. Kepemimpinannya juga dianggap diktator. Maka dari itu murid-murid sepakat untuk melengserkannya. Nggak cuma demo, murid-murid ini juga membuat sajak tentang kepala sekolahnya dan dibagikan ke media sosial.

Demo ini diprakarsai dan dilakukan sendiri oleh siswa-siswi SMA Negeri 2 Malang. Meski sempat dihalang-halangi, akhirnya aksi protes ini terlaksana juga pada hari Kamis, 5 April 2018. Melibatkan ratusan murid, mereka bersama-sama mencoba melengserkan kepala sekolahnya.

Berita ini juga jadi viral setelah undangan untuk ikut berdemo diunggah oleh netizen yang bernama Andi Agus di grup Komunitas Peduli Malang (ASLI Malang). Ia mengajak murid-murid lainnya berpartisipasi pada demo melengserkan kepala sekolah.

Selain demo, ada juga murid-murid lainnya yang membuat sajak tentang kepala sekolah tersebut. Seperti yang diunggah oleh Achmad Firdhaus S. Al Mahbuby melalui akun Instagramnya, @achmadfsa. Ia mengungkapkan unek-unek dan aspirasinya tentang kepala sekolah yang dirasa sangat semena-mena.

Dalam sajak pertama yang diunggah sebelum demo dilakukan, ia menuliskan bahwa "Sang Ratu" yang diduga adalah ungkapan untuk kepala sekolah memiliki "7 kurcaci" dan berusaha melindungi "hutan buatannya". Lalu setelah demo terjadi dan kepala sekolah berhasil digulingkan, ia kembali mengunggah sajak yang mengungkapkan bahwa sudah merdeka dan sang ratu telah kehilangan singgasananya.

Hal ini pun mendapat banyak dukungan dari netizen. Salah satunya seperti yang diungkapkan oleh @Ferainheartz. Ia mendukung untuk murid-murid SMA N 2 Malang agar terus semangat memperjuangkan ketidakadilan tersebut. Ia menuliskan,

“Semangat bro. Gempur terus peminpin yang tidak benar. Kalo sudah merugikan siswa dan menghilangkan kebahagiaan siswa, memang harus ditindak, bro. Masa SMA cuma sekali seumur hidup, nggak bisa diulang lagi. Jangan mau keseruan masa SMA dimusnahkan oleh pemimpin yang jahat. Beruntung angkatan kamu bro bisa berhasil menurunkannya. Di sini temen-temen gue gagal buat membebaskan angkatan gue dari serigala berbulu domba. Hehehe. Sukses buat Smanda Malang”

Wah, heboh banget ya aksi ini. Nggak nyangka murid-murid SMA bisa sekompak itu untuk melawan ketidakadilan. Sekarang kabarnya kepala sekolah sudah diganti oleh orang lain. Semoga dengan ini siswa-siswa bisa lebih fokus dalam belajar lagi dan nggak ada kabar demo lagi ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
418SHARES