Sangat Dahsyat, Dampak Siklon Tropis Cempaka Sebabkan Banjir Ekstrem di 7 Tempat Ini

29 November 2017
|Venanda
0SHARES

Bagi masyarakat di daerah selatan pulau Jawa, pasti merasakan sekali dampak Siklon Tropis Cempaka yang sedang terjadi beberapa hari terakhir. Badai yang membuat cuaca cukup ekstrem ini terjadi di hampir semua daerah pesisir selatan. Dari NTB hingga Sumatera semua merasakan dampaknya seperti, hujan lebat dan angin kencang.

Hujan yang turun terus menerus ternyata membuat debit air di daratan meningkat drastis. Hal ini menyebabkan beberapa daerah terkena bencana banjir, tanah longsor, dan puting beliung. Bahkan karena badai ini, sampai ada jembatan dan rumah yang terbawa air terkena banjir bandang. Dan inilah 7 tempat yang terkena dampak Siklon Tropis Cempaka selama beberapa terakhir ini.

1. Jembatan di Bantul, Yogyakarta roboh dan habis terbawa banjir bandang

Dilansir dari akun instagram @infocegatan_jogja, jembatan yang menghubungkan antara daerah Nangsri Srihardono dan Nambangan Seloharjo, Pundung, Bantul, Yogyakarta, dikabarkan runtuh dan hanyut terbawa air.

Hal ini diketahui dari kiriman video seorang warga yang sedang berada disana. Saat itu terlihat bahwa air di sungai tersebut sudah sangat penuh, hingga luber ke jalan. Sampai akhirnya, jembatan penghubung dua daerah tersebut tidak kuat menahan arus air dan hanyut tak tersisa. 

2. Longsor dan banjir terjadi di hampir semua daerah Pacitan

Pantauan citra udara #banjirpacitan pada Rabu (29/11/2017) pukul 10.20 WIB. . #pacitanku #banjirpacitan #Pray4Pacitan

A post shared by Portal Pacitanku (@pacitanku) on

Siklon Tropis Cempaka juga menyebabkan banjir dan longsor di berbagai daerah. Salah satu yang paling parah adalah di kabupaten Pacitan. Dalam video yang direkam oleh salah satu warganet pada Rabu, 29 November 2017 pukul 10.20 WIB, terlihat bahwa hampir seluruh daerah di Pacitan terendam banjir karena hujan yang turun secara terus menerus.

3. Rumah terendam banjir setinggi atap dan hampir hanyut terbawa air

Banjir di Nglaran, Nglipar, Yogyakarta Semoga cepat surut.. Sumber: Rizqi Rahman/ICJ

A post shared by Jogja (@jogja24jam) on

Berdasarkan unggahan akun Instagram @jogja24jam, terlihat air membanjiri daerah Nglaran, Nglipar, Yogyakarta. Bahkan dalam video tersebut air tampak sudah mencapai atap rumah. Sampai-sampai ada rumah yang hanyut dan hampir terbawa oleh banjir bandang ini. Keadaan yang sangat mencekam ini membuat warga khawatir. Salah satunya adalah seorang nenek yang histeris melihat rumah yang hanyut tersebut.

4. Pohon beringin berusia 100 tahun di Kepatihan Yogyakarta tumbang

Tak hanya banjir, Siklon Tropis Cempaka juga membuat pohon beringin yang ada di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta tumbang. Pohon yang sudah berusia 100 tahun ini memang rencananya akan di rapikan pada Rabu, 29 November 2017, namun sehari sebelumnya pukul 10.05 WIB pohon ini sudah tumbang duluan. Akibatnya, bagian depan gedung Bale Tanjung yang merupakan bangunan cagar budaya rusak. 

5. Sungai Oya, Yogyakarta meluap sampai ke jalan

Sungai Oya meluap hingga ke Jalan raya. Repost via @nindiana_putry #jogja24jam

A post shared by Jogja (@jogja24jam) on

Dalam video yang diunggah oleh @jogja24jam, terlihat bahwa air yang ada di Sungai Oya sudah meluap hingga menggenangi badan jalan. Selain itu terlihat pula seperti tiang listrik yang hanyut terbawa arus. Dan sampai di tengah sungai, tiba-tiba timbul percikan api dari benda tersebut. Sampai sekarang masih belum diketahui apakah benar yang hanyut itu adalah tiang listrik. 

6. Banjir bandang hampir menghanyutkan sebuah motor

Banjir bandang di Yogyakarta ini membuat sebuah motor hampir hanyut. Dalam video yang diunggah oleh @gan_renggan ini terlihat air deras membanjiri jalanan hingga membuat pengendara motor menghentikan kendaraannya. Debit air yang semakin besar membuat mereka khawatir dengan keselamatannya dan langsung berbondong-bondong menjauhi sumber air. Terlihat mobil dan motor ditinggalkan oleh pemiliknya untuk menyelamatkan diri. 

7. Tanah longsor menutup jalan di Wonogiri

Karangtengah tanah longsor menutup jalan #praywonogiri #banjir #tanahlongsor #karangtengah #wonogiri

A post shared by design & produck (@ary.morenho) on

Tak hanya Jogja dan Pacitan, Badai Cempaka juga membuat daerah Wonogiri, Jawa Tengah, terkena bencana tanah longsor. Bahkan timbunan tanah akibat longsor ini sampai menutupi jalan yang ada di sana. Hal ini membuat warga sekitar tidak dapat melewati jalan tersebut dan harus mencari alternatif jalan lain.

Sebenarnya masih banyak daerah di Indonesia yang terkena dampak dari Siklon Tropis Cempaka ini. Mungkin karena hujan turun terus menerus membuat tanah dan sungai tidak dapat menampung air lagi. Hal ini mungkin jadi peringatan buat kita semua agar lebih memperhatikan lingkungan sekitar. Semoga badai cepat berlalu dan banjir segera surut.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Quote apa ya?"
0SHARES