Nggak Cuma Despacito, Video Ini Juga Hilang Dari YouTube! Kok Bisa Ya?

18 April 2018
|Risca Zuliana
0SHARES

Sejumlah musik video yang punya jumlah views tinggi, tiba-tiba lenyap dari YouTube. Termasuk "Despacito" dari Louis Fonsi ft. Daddy Yankee, sebagai video paling populer dengan jumlah penonton lebih dari 5,5 miliar sejak diunggah pertama kali pada Januari 2017. Jumlah yang sangat fantastis dan berhasil mencatatkan rekor baru! Hal ini pastinya bikin warganet heran dan bertanya-tanya. Apa yang sebenarnya terjadi? 

Ternyata, hilangnya "Despacito" serta beberapa video milik musisi lainnya kayak Taylor Swift, Adele, Katy Perry, Shakira, Drake, dan Selena Gomez juga mengalami nasib serupa. Hal itu disebabkan karena channel milik Vevo di-hackHackers yang menyebut diri mereka dengan nama Prosox dan Kuroi'sh.

Ketika video diklik, muncul tampilan bertuliskan This video is unavailable. Di bagian bawah video "Despacito", tertulis Free Palestine. Di video Despacito, thumbnail-nya diganti sama foto sekelompok orang bersenjata dengan menggunakan topeng.

Untungnya, hilangnya vodeo tersebut cuma sementara aja, guys. YouTube dan Vevo emang sengaja menghapus video yang kena hack tersebut. Tapi sekarang kamu udah bisa menonton videonya lagi kok, dan tenang saja jumlah views-nya juga nggak hilang.

Namun, beberapa saat setelah pembajakan terungkap, salah satu peretas menulis dalam cuitannya, "Its just for fun i just use script "youtube-change-title-video" and i write "hacked" don t judge me i love youtube <3".

"Ini hanya untuk bersenang-senang, saya hanya mengubah script-nya jadi 'YouTube-ubah-judul-video' dan saya tulis 'dibajak'. Jangan hakimi saya, saya cinta YouTube," kata si peretas.

Peretasan channel YouTube Vevo secara besar-besaran ternyata bukan kali pertama terjadi. Pada 2016 lalu, hal yang sama juga terjadi dilakukan oleh hacker dengan nama OurMine. 

Namun, semua artikel yang membahas peretasan tersebut sudah nggak bisa lagi kita temukan. Bahkan reaksi YouTube-nya sekalipun udah lenyap.

Hmmm, masa sih itu cuma bercanda? Tapi kalo itu semua memang bener-bener dilakukan karena keisengan belaka, nggak lucu banget ya guys sampai harus nge-hack channel YouTube-nya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Risca Zuliana
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES