Gara-gara Panggil “Elu” ke Ibu Sendiri, Salmafina Dibilang Nggak Sopan sama Netizen

12 Januari 2018
|Venanda
0SHARES

Salmafina Sunan kembali menjadi bahan perbincangan netizen. Bukan karena masalah perceraiannya dengan Taqy Malik. Tapi kali ini ia dikritisi karena dianggap kurang sopan kepada ibunya sendiri. Salma pun jadi bulan-bulanan netizen karena memanggil ibunya dengan kata ‘elu’.  

Karena hal ini banyak netizen yang menghujatnya. Meskipun demikian, ada juga beberapa orang yang membelanya. Mereka beranggapan bahwa bagi orang Jakarta dan Betawi, memanggil ‘elu’ kepada ibunya adalah hal yang wajar.

Masalah ini muncul karena unggahan Salmafina Sunan di akun Instagram pribadinya. Ia yang saat itu sedang berada di Thailand bersama ibunya, sering membagikan kebersamaannya di sosial media. Salah satunya adalah video yang mengungkapkan bagaimana kedekatan Salma dan ibunya.

Dalam unggahan tersebut ada tiga video yang memperlihatkan ia dan ibunya sedang mengobrol. Sebenarnya yang mereka bicarakan adalah ayahnya, Sunan Kalijaga. Namun netizen justru lebih fokus pada kata panggilan Salma kepada ibunya.

Ia yang ingin mengungkapkan kedekatannya dengan netizen menuliskan caption, “Ya begindang deh mak sama anak kaya temen. Ngomongin @sunan_kalijagash yang lagi instastory ngepel di rumah”.

Namun bagi netizen, kedekatan Salma kepada ibunya dirasa sudah kebablasan. Mereka menganggap panggilan ‘elu’ kepada ibu agak kurang sopan meski mereka sudah dekat seperti teman. Karena biasanya panggilan ‘elu’ digunakan saat bicara dengan teman sebaya. 

Karena hal ini, Salmafina pun jadi bahan pergunjingan netizen. Beberapa langsung menghujat dan kontra terhadap sikap Salma ini. Beberapa netizen yang kontra adalah sebagai berikut.

@kartitiara889: “Kok begitu sih ngomongnya kaya rada kurang sopan”

@sisqha19: “haaa ngakak w sm emakny ngomongny W & lo??? songong bngetss ky g punya sopan santun lo? emakny jg mau aj di becandain songong gitu? kluarga w betawi tulen tp g songong ky lo gitu... hijrah loh tuh nanggung bgt ya. pntes aj laki lo g tahan kelakuan lo.. sm org tua ajh songong becandanya ap lg sm org!”

@raifhakim.a: “Kluarga sy jg betawi ngmng gw lo udh biasa tp klo k yg lbih tua aplg ortu ttep dilarang. Jgn jdikan yg ga baik sbg pewajaran krna 'betawi'nya gtu yaa”

Meski demikian, ada juga yang menganggap bahwa itu adalah hal biasa. Sehingga sikap Salma ke ibunya ini dianggap wajar.

@rachelvemya: “Orang2 bilang ngomong lu gue gak sopan? saya orng betawi... tp orang2 betawi di sekitar saya ngomong lu gue sama ortu jg ga masalah sih, tergantung mandangnya gmn.. ya itu udh jd culture sebenernya.. terus netijen bilang orang betawi ga punya sopan santun gitu maksudnya? Gausah sensitif bgt pak bu.. justru salma bisa seakrab itu sama ibunya udh kaya temen..”

@dewi_agni1616: “Hadeh udah deh itu kan cara mereka membangun kedekatan... toh ibunya jg biasa aja. Knpa kalian yg ribut...”

Di balik semua pro dan kontra tersebut, sebenarnya kedekatan Salmafina dan ibunya ini patut ditiru, lho. Karena nggak semua anak bisa sedekat itu dengan ibunya. Perbedaan usia antara ibu dan anak kadang membuat jarak diantara mereka.

Padahal sebenarnya anak dan ibu bisa jadi teman baik yang saling mengerti satu sama lain. Meskipun demikian, tetap harus ada batas-batas kesopanan diantara keduanya. Karena bagaimanapun juga ia adalah ibumu. Nah, kalau masalah Salmafina ini, menurutmu ia masih sopan atau nggak?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
0SHARES