Bocah SMA di Sulawesi Barat Dinikahkan Karena Sering Pulang Subuh. Waduh, Kok Miris Ya!

kaltim.tribunnews.com

Setelah dulu publik dihebohkan dengan berita anak SMP yang menikahi anak SMA, kini kembali terdengar kabar yang sama dari Sulawesi Barat. Hal ini diketahui dari foto kedua mempelai yang tersebar di media sosial dan grup chat WhatsApp.

Pernikahan dibawah umur ini pun langsung jadi perbincangan publik. Awalnya mereka tidak percaya dan menganggap berita itu adalah hoax. Namun setelah di telisik lebih lanjut, ternyata memang benar bahwa kedua bocah ABG (Anak Baru Gede) ini sudah menikah. Waduh, kok boleh ya?

nulis.co.id

Kedua mempelai dalam foto yang viral itu diketahui bernama Andiri dan Arling. Keduanya masih dibawah umur. Bahkan saat menikah, mereka berdua masih sama-sama duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Meskipun demikian, hal ini tidak menghalangi mereka untuk melangsungkan akad dan resepsi pada hari Minggu, 26 November 2017 lalu.

Pernikahan ini pun membuat banyak orang bertanya-tanya. Mereka penasaran dengan apa yang mendasari kedua ABG yang masih berusia 15 tahun dan 16 tahun ini menikah. Terlebih mereka juga masih tercatat sebagai siswa di salah satu SMA yang ada di Sulawesi Barat. 

www.infomenia.net

Setelah dikonfirmasi kepada warga sekitar, ternyata pernikahan ini terjadi karena dilandasi perasaan saling suka. Andiri dan Arling diketahui sudah menjalin hubungan asmara selama beberapa waktu. Mereka juga terlihat sering pergi bersama. Selain itu, Andiri dan Arling selalu pulang subuh setelah jalan-jalan.

Hal ini membuat orangtua dan warga sekitar khawatir. Maka dari itu diputuskan untuk menikahkan mereka berdua. Hal ini diungkapkan oleh warga sekitar yang menyaksikan pernikahan keduanya. Ia mengatakan, “Dinikahkan karena selalu pulang subuh sama pacarnya. Pernikahan ini untuk mencegah kemudaratan.”

Saat ditanyakan kepada Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Barat, ternyata memang di provinsi ini kasus pernikahan dininya paling tinggi di Indonesia. Tak heran jika setelah beberapa waktu lalu ada berita anak ABG menikah muda, sekarang ada lagi remaja yang menikah saat usianya masih belum matang.

Kedua mempelai yang dikabarkan bernama Andiri (15) dan Arling (16) ini telah resmi menjadi menjalani resepsi pernikahan Minggu (26/11/2017). ? Nah, hal tersebutlah yang membuat heboh media sosial. Awalnya kabar pernikahan pasangan di bawah umur ini beredar di grup chat WhatsApp. Grid.ID melansir dari Tribun Timur, pernikahan yang dilakukan oleh pasangan yang masih duduk di bangku SMA ini dilandasi dengan perasaan saling suka. Pernikahan tersebut memang terjadi. ? "Iya benar, itu tetangganya pak Andi Mappangara dan Ketua KPU Sulbar, tadi siang menikah, maroa-roa," kata warga dikutip Grid.ID dari Tribun Timur. Nah, ternyata pasangan di bawah umur ini dinikahkan karena alasan tertentu. Mereka berdua suka pergi keluar bareng. Selain itu, pulangnya juga selalu subuh. Hal itu yang menjadi alasan akhirnya pasangan ini dinikahkan. ? "Dinikahkan karena selalu pulang subuh sama pacarnya. Pernikahan ini untuk mencegah kemudaratan," ujarnya. Memang di Provinsi Sulawesi Barat ini kasus pernikahannya paling tinggi di Indonesia. Hal itu disampaikan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sulbar, Andi Ritamariani, saat menggelar konferensi pers di Aula Kantor BKKBN, Jl. Abd Malik Pattana Endeng, Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Rabu (18/10/2017). (Source: GRID) ? Follow, like, komentar dan tag temanmu untuk ikut bersama kita guys! #kamuharustau #indozone ??? #indonesia #jakarta #medan #surabaya #bandung #jogja #makassar #bali #aceh #papua #kalimantan #sulawesi #video #indovidgram #love #instagood #photooftheday #tbt #cute #instadaily #followme #happy #follow #selfie #picoftheday #pacar #bocah #kidsjamannow

A post shared by INDOZONE - INDOZONEMEDIA (@indozone.id) on

www.instagram.com

Hal ini pun mendapat tanggapan dari netizen. Ada yang merasa miris dengan pernikahan dini mereka, namun ada juga yang justru memberikan komentar kocak. Bahkan ada saudara sepupunya yang ikut berkomentar.

@dewipratiwi204: “Ini adik sepupu saya (yang cewek), tolong jangan sembarangan mengkritik orang. Kalian juga tau cuman dari sosmed, ga selamanya sosmed itu beritanya bener. Adik saya memang menikah pas hari minggu, memang suka pulang subuh,tapi gada kejadian apa2 yg terjadi, dia ga hamil diluar nikah. dia dinikahkan supaya menghindari kenakalan kids jaman now, bukankah lebih Bagus dihalalin langsung?gimana nasib nya orang2 diluar sana yang pacaran udh berzina trus ga dihalalin juga?mikir.urusan rejeki Allah yang atur.”

@riskyana_kiki: “bkn hal biasa sih bahkan ad yg berumur 14 thun di nikahin faktor perjodohan juga sih byk klo di sulawesi”

@widya.dafarafi: “Kok bisa pulang sampai subuh kelolosan maaf mmg gak ada pengawasan kan masih dibawah perlindungan orangtua krn diumur segitu kasihan sdh diberi tanggungjawab pernikahan mmg sdh bagus dan benar menikahkan utk menghindari kemudorotan tp yg anehnya kok bisa sampai kejadian pulang subuh”

@anjarlupitas95: “Serasa lagi kartinian sekolahnya lomba pake baju adat”

@rsarah.a: “Siapatau mereka pulang subuh mau ngeronda bareng kali atau ngerjain tugas #Posthing wkwk”

@arvianeka: “Wuihhh ,besok ahh pulang subuh biar di kawinin”

Sepertinya memang banyak terjadi kasus pernikahan dini di Sulawesi Barat ya. Mungkin pernikahan ini hanya salah satu dari sekian banyak pernikahan yang terjadi disana. Kalau memang untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, sepertinya menikah dini di mana kedua mempelai masih sekolah bukanlah solusi yang bijak.

Akan lebih baik jika mereka melanjutkan sekolah hingga selesai dulu sambil diawasi oleh orangtua agar tidak melakukan hal yang aneh-aneh. Karena bagaimanapun juga, menikah itu perlu persiapan fisik dan mental yang matang. Kalau menurutmu gimana nih, guys?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
5 Berkah Yang Cuma Bisa Didapat Setelah Menjalani Kisah LDR - Keepodotme

5 Berkah Yang Cuma Bisa Didapat Setelah Menjalani Kisah LDR - Keepodotme

Masih Bocah, 7 Anak Lucu Ini Udah Jadi Selebgram. Followers-nya Udah Ngalahin Kamu

Masih Bocah, 7 Anak Lucu Ini Udah Jadi Selebgram. Followers-nya Udah Ngalahin Kamu

Bosan dengan Prewedding Bertema Romantis, Pasangan Ini Melakukan Prewedding Bertema PUBG. Bisa Chicken Dinner Bareng Nih - Keepodotme

Bosan dengan Prewedding Bertema Romantis, Pasangan Ini Melakukan Prewedding Bertema PUBG. Bisa Chicken Dinner Bareng Nih - Keepodotme

KRL Bogor-Angke Sempat Dibikin Geger Karena Ular, Pria Ini Muncul Menaklukannya dan Banjir Pujian

KRL Bogor-Angke Sempat Dibikin Geger Karena Ular, Pria Ini Muncul Menaklukannya dan Banjir Pujian

6 Hal yang Harus Kamu Pahami Biar Nggak Ketipu dan Kecewa Saat Liburan di Thailand - Keepodotme

6 Hal yang Harus Kamu Pahami Biar Nggak Ketipu dan Kecewa Saat Liburan di Thailand - Keepodotme

Kemarin Hewan, Sekarang Anak Balita yang Dicekoki Minuman Keras. Parah Banget Kelakuannya!

Kemarin Hewan, Sekarang Anak Balita yang Dicekoki Minuman Keras. Parah Banget Kelakuannya!

loading