Bikin Ulah Lagi, Atta Halilintar Plagiat Video Youtuber Lain. Netizen: Kok Bisa Sih?

20 April 2018
|Venanda

Beberapa waktu lalu salah satu anggota keluarga halilintar kembali menjadi sorotan publik. Padahal belum lama anaknya yang bernama, Saaih Halilintar juga jadi pergunjingaan netizen. Ia yang merupakan selebgram merobek uang pecahan seratus ribuan hanya untuk mendapatkan kesenangan. Tentu saja hal ini membuat netizen geram.

Belum reda kemarahan netizen, kali ini yang jadi buah bibir adalah anak sulungnya, Atta Halilintar. Selebgram sekaligus youtuber terkenal tersebut diduga telah memplagiat video milik youtuber lainnya, Putu Reza. Melihat hal ini, netizen pun heran, kok bisa sih youtuber terkenal dengan banyak subscriber memplagiat video orang lain?

Hal ini diketahui dari Insta Story yang diunggah oleh Putu Reza. Melalui akun Instagram pribadinya, ia memperingatkan Atta Halilintar perihal plagiarism videonya. Memang bukan satu video penuh, namun mengambil cuplikan video seseorang tanpa ijin dan disertakan sumbernya sudah termasuk plagiarism dan tidak menghargai karya orang lain.

Diketahui bahwa Putu Reza telah membuat video tersebut lebih dahulu. Dari tanggal diunggahnya video tersebut terlihat bahwa Putu Reza mengunggah pada 18 November 2017 sedangkan video milik Atta diunggah pada tanggal 22 februari 2018. Sehingga terlihat jelas siapa yang memplagiat cuplikan video tersebut.

Putu Reza pun mencoba menghubungi Atta untuk meminta penjelasan. Ia pun berinisiatif menunggu selama 1 x 24 jam karena tidak ingin memperpanjang masalah ini dan ingin menyelesaikannya secara baik-baik. Namun sayang, ternyata Atta belum juga menghubunginya. Ia jusru menghapus video tersebut tanpa meminta maaf terlebih dahulu. Putu Reza yang menyadarinya pun kecewa dengan sikap Atta. Meskipun demikian, Putu Reza legowo dan tidak memperpanjang masalah tersebut.

Selang beberapa waktu, Putu Reza mengunggah Instastory lagi yang memperlihatkan screenshot percakapan antara dirinya dan Atta Halilintar. Ternyata selama ini Atta tidak tahu tentang kabar ini. Ia pun merasa bersalah dan minta maaf kepada Putu Reza atas kesalahan timnya dalam mengedit video.

Diketahui bahwa yang mengedit video tersebut adalah tim editornya. Sehingga ia tidak tahu jika ada bagian video milik Putu Reza yang dimasukkan ke dalamnya. Sebagai pemilik channel Youtube tersebut, Atta pun meminta maaf sebesar-besarnya kepada Putu Reza karena telah lalai dalam membuat video.

Mungkin isu plagiarism seperti ini di Indonesia belum terlalu menjadi sorotan. Terlebih video yang diplagiat hanya 6-7 detik saja. Namun bagaimanapun juga, hal itu tetap saja merupakan sebuah plagiarism. Jangan sampai hal ini jadi kebiasaan, karena dari karya yang dihasilkan seseorang, ada hak cipta yang menjadi miliknya. Sebagai netizen yang bijak, kita harus selalu peka dengan plagiarism. Jangan asal comot karya orang. Kalau ingin berbagi konten tersebut, lebih baik minta ijin dan cantumkan sumbernya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
SHARES