Bandel dan Makan di Kelas, Siswa Purwokerto Dihadiahi Tamparan oleh Gurunya. Terus Gimana?

20 April 2018
|Venanda
0SHARES

Dunia pendidikan kembali tercoreng namanya. Setelah sempat heboh kasus murid memukuli guru, kini gantian ada oknum guru yang menampar muridnya. Videonya yang tersebar di media sosial pun langsung ramai dan mendapat perhatian dari banyak orang.

Terlebih oknum guru ini menampar muridnya dengan cukup keras. Bahkan saking kerasnya, tubuh muridnya sampai terhuyung ke belakang. Katanya sih hal ini dilakukan karena muridnya bandel dan makan di kelas. Tapi apakah melakukan kekerasan seperti ini adalah cara yang baik? Hmmm.

Video ini sudah banyak tersebar di media sosial. Tidak diketahui siapa yang menyebarkan pertama kali, tapi beberapa akun mengunggahnya kembali. Salah satunya adalah akun Instagram @ndorobeii.

Dalam video singkat berdurasi 15 detik tersebut terlihat bagaimana oknum guru yang berinisial LS ini menampar muridnya dengan keras. Awalnya LS terlihat mengelus bagian pipi muridnya dengan lembut. Tak terlihat tanda-tanda ia akan menampar. Tapi setelah beberapa detik, ia kemudian mendaratkan tamparan keras di wajah murid SMK tersebut.

Sepertinya tamparannya cukup keras karena terlihat badan murid tersebut sampai terhuyung ke belakang. Tentu saja hal ini langsung mendapat reaksi keras dari netizen. Mereka menghujat oknum guru ini karena dianggap telah melakukan kekerasan kepada muridnya. Terlebih diketahui penyebab LS melakukan hal tersebut karena murid-murid yang ditamparnya terciduk sedang makan saat jam pelajaran sedang berlangsung. Netizen merasa hukuman tersebut sudah keterlaluan untuk kesalahan yang seperti itu.

@rfmetallica: “Kalau di tampar emang udah kelewatan, kalau zaman saya ya di pukul pake alat pnggaris papan tulis, yg di pukul pun cuman telapak tangan..”

@hafidz_hanif: “Gak harus dengan tamparan juga keles, kek gada hukuman lain aja”

Setelah videonya viral, oknum guru ini langsung memberikan klarifikasi. Dalam video klarifikasinya, ia mengatakan bahwa hal ini dilakukan bukan tanpa tujuan. Ia sampai harus melakukan kekerasan untuk mendisiplinkan siswa. Karena menurutnya, yang dilakukan para siswa ini sudah keterlaluan. Seperti yang ia katakan seperti ini,

Tapi saya pahami, rasa sakit yang barusan saya berikan digunakan sebagai pengingat karena kalian sudah keterlaluan”.

Diketahui bahwa siswa yang ditampar tersebut memang terkenal bandel sejak lama. Ia yang ingin mendisplinkan siswa lalu memutuskan untuk memberikan hukuman ini. 

Meskipun muridnya bandel dan melakukan pelanggaran, tapi hukuman dengan kekerasan seperti ini sudah keterlaluan. Telebih tamparan yang didaratkan juga cukup keras. Khawatirnya hal ini akan mempengaruhi mental murid tersebut.

Menurut informasi yang beredar, oknum guru tersebut sudah dilaporkan oleh pihak sekolah dan sudah diproses secara hukum. Ia terancam akan dijerat dengan pasal 80 UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Kekerasan terhadap Anak. Semoga kejadian ini bisa dijadikan pembelajaran dan tidak terulang kembali di lain hari.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
0SHARES