Awal Mula Kata "Tercyduk" Bisa Heboh Banget. Ini Bocorannya!

29 Januari 2018
|Disfira Ika
0SHARES

Beberapa waktu terakhir, hari-harimu pasti akan dipenuhi dengan kata "Tercyduk". Tidak hanya di keseharian saat ngobrol bersama teman dan orang terdekatmu, hampir di banyak media sosial juga. Mulai dari tweet, status, komentar, caption, bahkan judul berita semuanya dipenuhi dengan kata "tercyduk". Atau jangan-jangan kamu sendiri sudah pakai kata yang lagi hits ini? Hehehehe. Ngomong-ngomong, sudah tahu belum asal muasal kenapa kata tercyduk ini jadi rame dan heboh banget? Yukepo sudah menyiapkan penelusurannya spesial untukmu nih. Biar kamu tahu dan nggak lagi tanya, "Tercyduk apaan sih?"

1. Di KBBI, adanya kata terciduk dari kata dasar ciduk

Kalau kita cari kata tercyduk di KBBI, tidak ada hasil yang bisa ditemukan. Nah, kalau kita hilangkan huruf y menjadi i, muncul nih. Terciduk yang berasal dari kata dasar ciduk. Kata benda tersebut memiliki arti sebagai:cedok air dibuat dari tempurung kelapa dan sebagainya yang diberi bertangkai. Kalau menciduk dan terciduk yang punya arti sebagai menangkap adalah kata kiasan. Istilah ini sering digunakan oleh polisi ketika menangkap tersangka di banyak kasus.

2. Dengan kata lain, ini adalah kata bendanya: ciduk

3. Kata kiasan terciduk dan menciduk yang digunakan polisi

Artinya sederhana kok. Menangkap.

4. Mengapa huruf i diganti huruf y?

Mari berpositif thinking kalau perubahan huruf dari i ke y di tengah kata ini adalah awal dari typo. Mungkin saja setelah typo ini terjadi, kata ini jadi lebih anak muda dan kekinian. Padahal, konteks artinya tidak berubah: tertangkap atau ketahuan.

5. Yang menyebarkan siapa sih?

Masih belum ditemukan siapa sumber yang memulai menyebarkan penggunaan kata tercyduk ini. Tiba-tiba sudah ramai saja di jagad online Indonesia. Kamu pasti menemuinya di kolom komentar, status, caption, atau bahkan judul berita.

6. Akun Lambe Turah juga pernah memakai kata Tercyduk di edit-an postingannya!

Pernah lihat 'kan postingan ini di akun Lambe Turah? Kalau sudah sekali disebutkan, pasti banyak netizen yang memakai juga istilah tersebut. Tapi sayangnya, foto ini sudah dihapus.

7. Katanya, Princess Syahrini yang fenomenal juga pernah pakai kata tercyduk

Wah, nggak heran deh. Ini yang jadi salah satu alasan juga kenapa kata tercyduk bisa viral.

8. Judul berita yang pake kata tercyduk? Banyak banget sampe nggak bisa terhitung

Ini hanya sebagian kecil. Yang lainnya, masih banyak!

Sekarang, kamu sudah tahu 'kan apa arti dari tercyduk yang sedang gencar disebutkan oleh banyak orang. Semoga penelusuran yang sudah kami siapkan, bisa memberikan sedikit informasi tentang bahasa kekinian ya! Hehehehe. Hayo, masih ingat tidak apa arti tercyduk tadi?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
63 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
38 %
PENULIS
Disfira Ika
"A peach laying in bed of roses."
0SHARES