10 Foto Ini Pernah Hebohkan Dunia Maya, Padahal Kebenerannya Masih Simpang Siur

19 November 2017
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Di zaman serba canggih seperti saat ini, berbagi informasi menjadi hal yang mudah dilakukan. Berita dari ujung dunia pun bisa diketahui oleh semua orang. Orang bebas menyebarkan informasi, baik tulisan, gambar, maupun video, melalui media sosial.

Dengan begitu, tak jarang informasi yang simpang siur kebenarannya mewarnai dunia. Misalnya saja, beredarnya foto yang belum diketahui dengan jelas kebenarannya. Berikut ini ada 10 foto yang pernah menghebohkan dunia, tapi kebenarannya masih dipertanyakan.

1. Pembantaian besar-besaran umat Islam Rohingya di Myanmar

Belum lama ini beredar foto pembantaian besar-besaran umat Islam Rohingya di Myanmar. Memang benar bahwa Rohingya berseteru dengan Myanmar, tapi untuk pembantain tersebut isu belaka. Foto yang beredar di dunia maya bukanlah foto pembantaian, melainkan evakuasi mayat korban gempa di Tiongkok oleh umat Budha Tibet. Fotonya sih asli, tapi beritanya ngawur atau hoax.

2. Penuh haru, bocah Suriah tidur di samping makam kedua orangtuanya

Jepretan seorang anak yang tidur diapit oleh dua makam pernah menjadi viral di media sosial. Banyak yang merasa iba dengan bocah tersebut, terlebih saat foto itu dikaitkan dengan krisis di Suriah. Tetapi, nyatanya foto tersebut hanyalah sebuah karya fotografer asal Arab Saudi, Abdul Aziz Al Uraibi. Karyanya itu tak ada kaitannya dengan krisis Suriah, ia hanya ingin menyampaikan pesan bahwa seorang anak harus mencintai orangtuanya meskipun telah meninggal dunia.

3. Dahsyatnya Ttunami yang menerpa India pada 2004

Foto di atas disinyalir sebagai potret bencana tsunami yang terjadi di India tahun 2004. Di India memang pernah terjadi tsunami, tetapi tidaklah sedahsyat yang ada di foto. Selain itu, kota yang ada di sisi kiri bukanlah kota yang ada di India, melainkan suatu kota yang ada di Chili. Kepalsuan yang terakhir berkaitan dengan gelombang yang menerjang. Parah banget, gambarnya editan, berita asal-asalan.

4. Patung ikonik Amerika Serikat, Liberty, diterjang tsunami

Lagi-lagi berita tsunami yang menjadi isu. Kali ini bukan menimpa sebuah kota, tetapi menerpa patung Liberty. Beredar secara luas di dunia maya, foto patung Liberty yang diguncang oleh gelombang dahsyat. Usut punya usut, itu hanyalah salah satu cuplikan dari film The Day After Tomorrow. Sampai saat ini,belum pernah terjadi tsunami di sekitaran patung tersebut. Anehnya, masih banyak yang mempercayai bahwa foto itu adalah benar.

5. Tahun 1914, seorang bocah pergi perang dan sandarkan sepedanya di pohon

Foto ini benar adanya, bukan sebuah editan. Yang palsu lagi-lagi informasinya. Jika yang beredar sepeda ditinggalkan seorang bocah tahun 1914, kebenarannya sepeda itu ditinggalkan tahun 1950 hingga menyatu dengan pohon. Selain itu, si bocah pergi bukanlah untuk berperang. Don Puz, nama bocah itu, hanyalah seorang bocah biasa.

6. Tumbuhnya pohon kehidupan, tempat bersemayamnya para roh

Pohon kehidupan ini sering muncul di banyak film. Pohon kehidupan diceritakan sebagai pohon yang menampung para roh. Kabarnya, pohon ini telah ditemukan di salah satu tempat di dunia ini. Pohon di foto itu memang bukan pohon kehidupan. Tapi, itu cuma sebuah pohon buatan yang ada di Disney World Florida. Ada-ada yang menyebar informasinya.

7. Keindahan Pulau Bulan Sabit dan Pulau Bintang

Pernah muncul sebuah foto yang menampakan keunikan dua buah pulau. Pulau yang satu bentuknya bulan sabit, satunya lagi bentuknya bintang. Sayangnya, hasil jepretan tersebut hanyalah hasil rekayasa. Pulau Bulan Sabit memang ada di Kepulauan Hawaii. Tapi, untuk pulau bintang hanyalah hasil editan.

8. Pemandangan menakjubkan supermoon di langit Brazil

Kalau dilihat dari foto, pemandangannya sungguh menakjubkan. Tampak bulan yang begitu besar menghiasi langit di suatu kota di Brasil. Tapi kita harus kecewa. Pasalnya, foto itu hanyalah editan. Bulan yang besar, supermoon, yang tampak hanyalah gambar yang ditempelkan. Editan yang luar biasa sampai-sampai banyak yang percaya.

9. Terbitnya bulan di Sequoia National Park, California

Masih berkaitan dengan bulan nih. Foto terbitnya bulan di Sequoia National Park, California juga pernah menghebohkan dunia. Foto ini hanyalah rekayasa tangan-tangan terampil. Eh, atau tangan jahil ya? Kepalsuan yang pertama, tempat yang diduga sebagai taman nasional di California tersebut ternyata suatu tempat yang ada di Perancis. Kedua, jelaslah bulannya hanya editan.

10. Pemandangan di India pada malam Diwali

Kalau dilihat dari foto di atas, pemandangan malam perayaan Diwali, perayaan kebaikan yang menang atas kejahatan, di India tampak indah bukan. Foto tersebut memanglah asli, tapi tidak diambil dari satu waktu. Foto di atas merupakan gabungan pemandangan cahaya yang diambil dari India selama satu dekade yang diambil melalui satelit yang menunjukkan perkembangan distribusi cahaya dari waktu ke waktu.

Kalian pernah ketipu dengan foto yang mana? Kalau kalian dapat informasi yang belum jelas kebenarannya, jangan langsung disebarkan ya. Nanti, bisa menggegerkan seantero jagad. Selidiki dulu, baru boleh berbagi.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES