Sering Banget Ketuker, Netizen Ini Minta Pemerintah Ganti Desain Uang 20.000 dan 2.000

27 Maret 2018
|Venanda
0SHARES

Saat mau bayar bubur ayam yang harganya 15 ribu, biasanya kamu akan mengeluarkan uang kertas pecahan 20 ribuan. Sering keliru dan malah ngasih penjual dengan selembar uang 2 ribuan nggak? You are not alone, guys.

Wajar kok, karena memang desain dan warna yang mirip, kadang jadi sering nggak teliti saat memberikan uang pecahan tersebut. Padahal selisih nominalnya lumayan jauh, lho. 'Kan sayang, kembaliannya masih bisa dibuat beli yang lain.

Ternyata, hal ini juga dialami oleh banyak orang. Salah satunya adalah seorang netizen yang membagikan keluhannya ini di Facebook. Ia yang merasa sering tertukar saat memberikan nominal tersebut, protes dan meminta pemerintah untuk mengganti desain uang tersebut. Terlebih hal ini sudah terjadi berkali-kali. Duh, kasihan juga ya kalau sampai ketuker kayak gitu.

Pengalaman ini diungkapkan oleh seorang netizen yang bernama M. Fajar Sulistiadi. Melalui akun Facebook pribadinya, ia menceritakan kisahnya saat menggunakan uang pecahan tersebut. Ia yang menjadi korban salah kembalian juga meminta agar pemerintah memperbaiki model corak bernominal Rp 20 ribu dan Rp 2 ribu.

Dalam statusnya, ia menceritakan bahwa saat itu ia membeli tahu bungkus pada seorang penjual wanita yang sudah tua. Harga dari barang yang dibelinya Rp 7 ribu, maka ia membayar dengan Rp 10 ribu. Ibu penjual ini justru memberikan kembalian Rp 21 ribu. Ternyata, ia salah melihat uang kembalian. Berniat memberikan kembalian 3 ribu dengan pecahan 2 ribuan dan seribuan, ia justru mengambil lembaran 20 ribu dan seribu.

Fajar yang kasihan kepada rakyat kecil terutama para penjual kaki lima berharap model corak uang tersebut diganti. Perlu diketahui bahwa uang kertas Rp 20 ribu dan Rp 2 ribu memang sekilas terlihat sama. Dengan warna dasar yang mirip dan sama-sama ada unsur hijaunya, membuat uang ini tampak serupa.

Gambar pahlawannya pun mirip, uang 2 ribu bergambar pahlawan Mohammad Hoesni Thamrin, sedangkan uang 20 ribu bergambar Dr. GSSJ Ratulangi. Bedanya hanya arah hadapnya saja. Mungkin hal ini yang membuat publik sering tertukar saat memberikan kembalian.

Ternyata hal ini juga dialami oleh banyak orang. Mereka pun beramai-ramai menuliskan pengalamannya di kolom komentar.

@Shelly Madina: “Pernah mau isi bensin kasih uang pecahan 2rb 5lmbr. Eh pas di cek sblm bayar ternyata 1lembarnya 20rb, hampir bgt rugi”

@?gisaka Îlhana: “Ke wc umum bayar 2rb ehhh saya salah masukin ,yang saya masukin uang 20rb”

@Saldi Tahir Bin SyamNur: “Ingat pas mau beli bakso di laci ada 27000. 20000 1lembar 2000 1 lembar, 5000 1 lembar. Saya beli 7000. 5000 dan 20000. Baru lihat pas baksonya sudah habis dan penjualnya sudah pergi... Ternyata yang dilaci uang 2000.”

@Ela Tresnawati: “betul...terutama kalo naik angkot, ongkos 4 rebu...jadi sering ngasih 22 rebu”

Sepertinya banyak banget ya yang kurang teliti saat mengambil lembaran 2 ribu dan 20 ribuan. Meski sebenarnya pemerintah punya pertimbangan sendiri untuk corak dan warna uang pecahan tersebut, mungkin hal ini bisa jadi bahan pertimbangan saat mengganti desain nantinya.

Tapi kalau diambil sisi positifnya, sebenarnya hal ini mengajarkan kita untuk lebih teliti saat melakukan sesuatu. Agar tidak rugi, lebih baik diperhatikan dengan saksama sebelum memberikan uang.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
0SHARES