Seperti Syahrini, Remaja Ini Berperilaku Seenaknya di Tempat Wisata Bersejarah. Parah Banget!

26 Maret 2018
|Venanda
1 KSHARES

Beberapa waktu lalu, netizen dihebohkan dengan kelakuan artis fenomenal, Syahrini, saat berfoto di Monumen Holocaust. Ia yang terlihat berpose di atas bangunan pilar beton dianggap tidak sopan. Terlebih di salah satu Instagram Story-nya ia juga sempat mengatakan, "Bagus ya, tempat Hitler bunuh-bunuhan dulu." Padahal monumen wisata ini adalah tempat untuk mengenang kejadian mengerikan di masa lalu, yang sebenarnya kurang tepat untuk mengucapkan statement seperti itu.

Belum usai berita tentang kelakuan Syahrini saat berada di Holocaust, kini ada lagi remaja di Toraja yang tingkahnya mirip seperti itu. Di tempat wisata bersejarah, remaja ini justru berfoto alay dengan menggunakan beberapa tulang tengkorak manusia yang ada di sana.

Bukannya menghormati mereka yang telah tiada, dua remaja ini justru memakai hal tersebut untuk properti foto. Duh, miris!

Hal ini pertama kali diungkapkan oleh sebuah akun Facebook yang bernama Tana Toraja. Pada 21 Maret 2018 lalu, akun ini mengunggah foto dua orang remaja yang terciduk sedang berlaku tidak sopan saat berada disana. Mereka yang sedang berkunjung, tampak berfoto alay dengan tengkorak manusia tanpa merasa bersalah. Padahal tempat wisata tersebut merupakan salah satu tempat bersejarah dan dihormati oleh masyarakat Toraja.

Tempat ini bernama Desa Wisata Kete Kesu. Di desa yang sarat akan adat dan tradisinya ini, memang masih terdapat berbagai unsur tradisional. Termasuk kuburan batu yang diperkirakan sudah ada sejak 500 tahun lalu. Di dalamnya terdapat beberapa tengkorak manusia yang merupakan jasad masyarakat adat terdahulu.

Kelakuan mereka yang sudah kebangetan ini membuat masyarakat Toraja marah. Terlebih di foto tersebut, remaja ini tampak menggunakan tulang belulang untuk bergaya. Ada yang memegang tulang seolah-oleh sedang memainkan gitar, hingga yang paling parah ada yang terlihat akan menginjak sebuah tengkorak kepala. Tak heran jika netizen pun geram dan menghujat mereka.

Sebagian besar dari mereka ingin dua pemuda tersebut minta maaf dan diproses secara hukum dan adat. Karena bagi masyarakat Toraja, hal ini sudah sangat keterlaluan dan dianggap menodai kehormatan. Unggahan untuk mencari dua orang ini pun viral hingga polisi pun bertindak untuk mengamankannya.

Setelah beberapa hari dicari, akhirnya mereka sudah berhasil ditemukan oleh pihak berwajib. Mereka diamankan dan dimintai keterangan terkait foto yang viral tersebut. Dan dari kabar terbaru, dihetahui bahwa dua orang ini sudah minta maaf dihadapan masyarakat Toraja. Mereka yang didampingi oleh pihak berwajib mengungkapkan penyesalan dan permintaan maafnya karena telah melakukan hal yang tidak sepantasnya dilakukan di tempat wisata bersejarah tersebut.

Kelakuan Syahrini dan remaja di Toraja ini bisa jadi pelajaran buat kita semua agar selalu bersikap sopan saat berada di tempat wisata. Meski tidak tertulis larangan untuk berfoto seperti itu, namun sebagai manusia yang cerdas dan bermoral, kita seharusnya sudah tahu mana yang pantas dan tidak pantas dilakukan di tempat wisata bersejarah. Jangan sampai karena ketidak tahuan tersebut membuat nama baik tercoreng dan dihujat banyak orang.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
1 KSHARES