Salut! Serempet Mobil Sampai Tergores, Anak Kecil Ini Berani Bikin Surat Minta Maaf

12 Januari 2018
|Venanda
1.5 KSHARES

Beberapa waktu yang lalu, netizen dihebohkan dengan foto surat permohonan maaf dari seorang anak kecil. Ia yang secara tidak sengaja menyerempet mobil, dan meninggalkan bekas goresan. Merasa sangat bersalah dan ingin meminta maaf kepada sang pemilik mobil. Namun karena pemilik mobilnya tidak juga muncul. Ia akhirnya menuliskan surat itu dan diletakkan di atas mobil.

Aksi anak kecil ini pun langsung mendapat berbagai tanggapan dari netizen. Mereka merasa salut dan bangga dengan keberanian anak kecil ini. Tak ayal beritanya pun langsung viral dan dibicarakan banyak orang. Dan inilah kisah selengkapnya.

Hal ini pertama kali diketahui dari unggahan ibu si anak kecil yang diketahui bernama Zhafran. Melalui akun Facebook pribadinya, perempuan bernama Condri Fadilaturrohmah ini menceritakan bagaimana anaknya merasa sangat bersalah saat secara tidak sengaja menggores mobil orang lain di jalan.

Awalnya, ia yang saat itu sedang bermain sepeda, tiba-tiba jatuh dan menyenggol mobil yang ada di pinggir jalan hingga lecet. Meski lecetnya tidak banyak, namun anak ini merasa sangat bersalah karena tidak sengaja membuat goresan di mobil tersebut. Ia pun langsung pulang dan minta maaf kepada ibunya. Saat ditanya ada apa, ia sambil menangis menceritakan bagaimana kronologi mobil tersebut bisa tergores.

Mendengar penjelasan anaknya, Condri lalu mengatakan bahwa seharusnya Zhafran bukan minta maaf ke dirinya tapi ke pemilik mobil tersebut. Lalu Zhafran kembali ke lokasi mobil itu di parkir dan menunggu pemilik mobil datang. Setelah ditunggu sekian lama, ternyata pemilik mobil tersebut tidak juga muncul. Zhafran yang resah hanya bisa bolak-balik mengecek keberapa kali ke mobil tersebut.

Akhirnya karena tidak muncul juga, ibunya memberi saran untuk menuliskan sebuah memo permohonan maaf. Dengan penuh kesungguhan Zhafran pun mulai menulis memo. Meski ia masih TK tapi Zhafran sudah bisa menulis dengan baik. Setelah selesai menulis, memo tersebut diletakkan di kaca mobil si pemilik.

Hal tersebut Condri ungkapkan dalam unggahannya tanggal 6 Januari 2017. 

Sore tadi tetiba si sulung nangis minta maaf. Saya tanya kenapa, Rupanya dia jatuh dr sepeda dan secara tidak sengaja menggores mobil yg terparkir di pinggir jalan. Saya tanya, apakah Aa' terluka? Dia bilang tidak. Kemudian saya bilang, kalau Zhafran seharusnya bukan minta maaf ke bunda, tapi ke si empunya mobil. Lalu, saya minta Zhafran untuk menemui pemilik mobil dan meminta maaf. Beberapa kali dia bolak balik ke mobil tersebut mencari pemilik mobil, tapi nggak ketemu. Akhirnya saya sarankan ke Zhafran membuat memo.

Dan dengan penuh kesungguhan Zhaf mulai menulis dengan bahasanya yg sedikit saya perbaiki (tadinya, dia buka dengan kalimat "Maaf ya bang..." Lalu saya koreksi jadi "pak"). Lalu ditaruhnya memo tersebut di kaca mobil pemilik mobil orange yg keliatannya masih baru tsb.

Alhamdulillah... Saya senang karena Zhafran kooperarif dan bertanggung jawab. Semoga Zhafran akan selalu mengingat, bahwa ketika kita berbuat kesalahan, kita harus berani meminta maaf dan mempertanggungjawabkan kesalahan kita, sengaja atau tidak sengaja... Good job boy..

*menyayangkan kenapa parkirnya mepet gitu ya... Jadi susah mau lewat . Semoga yg punya mobil ikhlas dan biayanya ga mahal (didempul insya Alloh kinclong lagi) hehe... Sampe sekarang sipemilik belum menghubungi.

Unggahan ini pun langsung mendapat berbagai respon dari netizen. Mereka merasa salut dan bangga dengan keberanian Zhafran dalam mengakui kesalahan. 

@Agung Lestari: “Mudah"n anak saya seperti itu... Berani bertanggung jawab....”

@Kawulone Gusti: “Subhanallah. Jujur dan bertanggung jawab”

@Chxo Suhendar Cici: “Anak keren jaman now..limited..bagus pendidikan dari orang tua nya”

@Fauziah Fawfaw: “Aku terharu baca suratnya, mau dong dikasih surat sm aa”

Kisah ini sangat berhasil menginspirasi banyak orang. Kejujuran dan tanggung jawab Zhafran sangat patut diacungi jempol. Hal ini membuat kita sadar bahwa masih ada orang baik di tengah dunia yang semakin kejam. Semoga kelak Zhafran jadi anak yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
1.5 KSHARES