Pernikahan Kahiyang Dikritik Karena Terlalu Mewah, 7 Orang Ini Mengatakan Resepsinya Sederhana

09 November 2017
|Venanda
0SHARES

Pernikahan putri satu-satunya presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, yang dilaksanakan pada hari Rabu, 8 November 2017 ini menyita perhatian banyak orang. Selain penasaran dengan pesta pernikahan anak presiden, mereka juga menantikan ragam budaya yang akan ditampilkan dalam acara ini. Dengan mengusung budaya Jawa yang kental, pernikahan ini menjadi salah satu bukti bahwa Indonesia kaya akan kultur dan budayanya. Pernikahan ini dilaksanakan di kampung halaman Jokowi yang berada di Solo, Jawa Tengah.

Ditengah berbagai pujian dan ucapan selamat kepada mempelai, ada beberapa pihak yang mengatakan bahwa pesta pernikahan ini termasuk mewah. Salah satu orang yang mengatakannya adalah Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah. Ia menilai bahwa pesta ini cukup mewah dan tidak sesuai dengan aturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) tentang Gerakan Hidup Sederhana. Ia juga mengatakan bahwa lebih baik pernikahannya hanya mengundang beberapa orang saja dan diumumkan melalui media sosial. Meskipun ada yang mengatakan pernikahan ini mewah, beberapa pejabat dan warga justru mengatakan bahwa pernikahan ini cukup sederhana. 

1. Undangan penikahan Kahiyang dianggap sederhana karena tidak menyantumkan gelar pendidikan di belakang namanya

Warganet yang bernama Sarah Mantovani mengungkapkan tentang kekagumannya pada undangan putri presiden yang tidak menyantumkan gelar pendidikan. Meskipun kedua mempelai sudah sama-sama memiliki gelar Sarjana dan Master, tapi hal tersebut tidak dimasukkan ke dalam undangan. Tentu saja ini dianggap sebagai sebuah kesederhanaan, karena banyak orang biasa yang menyantumkan gelar pendidikan di belakang namanya dalam undangan pernikahan.

2. Pestanya biasa saja, kebudayaan Indonesia yang sangat indah membuatnya tampak mewah

Seorang warganet yang bernama @razaly_nasution juga mengungkapkan pendapatnya di Twitter. Ia mengatakan,

“Nah....pestanya biasa saja,kami bangga kerena yang membuat mewah itu sebenarnya kebudayaan kita ,pakaian adat perlu kita tonjolkan ke luar,inilah Indonesia beragam budaya,ada Gondang 9 Taput,ada gamelan dari Jawa dan pakaian adat kita ,saya bangga jadi anak Indonesia”

3. Cathy Sharon puji kesederhanaan dalam pernikahan Kahiyang

Kalangan artis juga memuji tentang kesederhanaan dalam pernikahan putri presiden. Salah satunya adalah artis cantik Cathy Sharon. Dilansir dari viva.co.id ia mengatakan bahwa mengedepankan kultur Indonesia dan tidak mengharapkan angpao adalah bentuk kesederhanaan dalam pesta tersebut. Ia mengatakan,

"Sangat menarik. Mereka mengedepankan culture Indonesia, kesederhanaan orang Indonesia itu yang ditonjolkan saya suka banget,"

"Justru menurut saya itu, hal yang menunjukkan betapa mereka sangat sederhana dan mensyukuri semua kehadiran tamu tanpa mengharapkan angpao atau hadiah apapun itu,"  

4. Dilakukan di kampung halaman sendiri, Pramono Anung anggap pernikahan ini tidak mewah

Sekertaris kabinet, Pramono Anung, juga mengatakan bahwa pernikahan ini cukup sederhana. Apalagi ini dilaksanakan di kampung halaman sendiri. Bahkan gedung dan kateringnya juga miliki sendiri. Hal ini dianggap cukup sederhana untuk sekelas presiden.

"Seperti dikatakan Presiden, pernikahan ini benar-benar diadakan di kampung, gedungnya juga milik sendiri. Padahal Presiden mempunyai hak untuk menikahkan anaknya di Istana. Tapi beliau tetap mengambil posisi dengan sederhana,"

"Kalau menurut saya ini terlalu sederhana. Lihat saja karpetnya saja bekas dan ngelupas-ngelupas. Sekelas Presiden lho itu.”

5. Setya Novanto juga mengatakan bahwa pesta ini biasa saja padahal untuk pernikahan putri satu-satunya

Ketua DPR, Setya Novanto juga memuji bahwa pernikahan anak Jokowi ini termasuk biasa saja. Padahal Kahiyang adalah putri satu-satunya. Ia mengatakan,

"Tidak terlalu mewah, tetapi lebih berkarisma yang sangat baik. Jadi, walaupun pernikahan ini merupakan pernikahan putri satu-satunya, tetapi sangat sakral, sederhana, dan mempunyai arti yang sangat dalam".

6. Zumi zola puji pernikahan anak presiden sederhana

Berdasarkan wawancara dengan salah satu stasiun tv swasta, Gubernur Jambi, Zumi Zola mengaku terkesan dengan pesta presiden Jokowi. Ia merasa bahwa pernikahan ini terasa sederhana tapi indah. Ia pun mengatakan,

"Kesan yang kami dapat ini sederhana tapi indah. Ada keindahan di kesederhanaan ini, di kanan kiri kami bukan pejabat saja, banyak masyarakat hadir, sampai nanti malam kabarnya ribuan rakyat hadir."

7. Menpan RB tahun 2014-2016 tidak setuju pernikahan anak Jokowi disebut mewah

Dilansir dari tribunnews.com, Menpan RB periode 2014-2016, Yuddy Chrisnandi mengatakan bahwa pernikahan putri Jokowi ini tidak dapat dikategorikan dalam pernikahan mewah. Meskipun dalam SE Menpan RB No 13 Tahun 2014 jumlah undangan resepsi maksimal 400 undangan, tapi jika pesta pernikahan ini melibatkan rakyat, jumlah undangan lebih dari itu diperbolehkan. Pesta yang dilarang adalah yang dapat menimbulkan perasaan ketidakadilan di masyarakat.

Ia juga menambahkan bahwa jika pesta dilakukan dalam lingkungan tempat tinggal dan memperkenankan masyarakat sekitar hadir dan ikut merasakan kebahagiaan dari resepsi tersebut, maka itu diperbolehkan.

"Setahu saya seluruh warga disekitarnya diundang, bahkan seluruh masyarakat solo diperkenankan hadir. Jadi menurut saya, Tidak ada yang salah. Pernikahan putra-putri Presiden, tidak perlu menjadi komoditas politik,"

Itulah beberapa pendapat dari orang yang ikut bahagia dalam pernikahan putri Jokowi. Meskipun ada yang bilang mewah, tapi ada juga yang mengatakan bahwa pernikahan ini sederhana. Tapi sebenarnya, sederhana atau tidak itu memang relatif sih ya. Tergantung dari sudut pandang mana hal itu dilihat. Kalau menurutmu, pernikahan ini sederhana atau tidak?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Quote apa ya?"
0SHARES