Nggak Cuma Hura-hura, 7 Kids Zaman Now Ini Nggak Malu Jualan buat Keluarga

www.yukepo.com

Jika biasanya kita hanya mendengar berita negatif tentang kids zaman now, ternyata ada juga lho yang kelakuannya patut diacungi jempol. Mereka bahkan rela menggadaikan waktu bermain untuk berjualan demi menyokong perekonomian keluarga.

Nggak malu atau gengsi, anak zaman now ini dengan giat berkeliling untuk menjajakan dagangannya. Masih kecil tapi udah berani melakukan hal tersebut, anak-anak zaman now ini memang pantas dijadikan panutan. Salut banget!

1. Sopan, anak piatu yang rela jualan cilok demi biayai hidupnya

regional.kompas.com

Sopan Sopyan yang kini duduk di kelas 1 SMA rela jualan cilok sepulang sekolah untuk membiayai hidupnya. Setelah ibunya meninggal, ayahnya yang hanya kerja serabutan menitipkan Sopan ke Yayasan SMA Gaza, Tasikmalaya. Karena kondisi keuangan ayahnya yang kurang baik, ia pun terpaksa harus mencari tambahan lain. Sopan pun kemudian memutuskan untuk berjualan cilok.

Bermodalkan uang Rp 50 ribu, ia membeli dan membuat sendiri cilok dan bumbu kacang yang akan dijualnya. Dengan berkeliling ke kampung-kampung, ia berhasil meraup untung yang cukup lumayan. Dari modal Rp 50 ribu, ia mendapat keuntungan bersih Rp 112 ribu. Saat ditanya malu atau tidak berjualan seperti ini, ia dengan tegas menjawab, “Saya mah tidak malu dan nggak ada gengsi berjualan cilok karena halal”.

2. Demi bantu ibu, cewek cantik ini jualan jamu sepulang sekolah

www.facebook.com

Siswi cantik penjual jamu ini bernama Opy Windasari. Ia yang merupakan warga Pekalongan sehari-hari menjajakan jamu keliling sepulang sekolah. Lengkap dengan sepeda dan topi capingnya, ia berjualan jamu untuk membantu mencukupi kebutuhan keluarga. Meski masih tercatat sebagai siswi MA Hidayatul Afhal (HIFAL), ia tidak malu dan gengsi berjualan jamu keliling. Salut banget dengan keuletan cewek zaman now yang satu ini.

3. Baru 10 tahun, bocah ini sudah pintar jualan demi orangtua

kumparan.com

Nggak seperti anak-anak lainnya, Muhammad Fadli Rizky atau yang akrab di panggil Fadli ini sudah mandiri sejak kecil. Bocah yang masih berusia 10 tahun ini sepulang sekolah selalu menjajakan donat kentang bertabur gula halus di sekitar Jalan Rawa hingga depan SMP 258 Cibubur. Bermodalkan gerobak kecil, ia berkeliling untuk berjualan donat kentang. Murid kelas 2 SDN 9 Cibubur ini termasuk anak yang rajin. Meski sibuk berjualan, setiap hari ia selalu menyempatkan untuk mengaji dan belajar. 

4. Masih pakai seragam sekolah, bocah ini jualan kue di pinggir jalan
news.detik.com

Dulu sempat viral foto anak kecil berseragam pramuka yang ketiduran ketika berjualan di pinggir jalan. Ia yang biasa berjualan di daerah dekat Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta Selatan, saat itu terlihat ketiduran di depan barang dagangannya. Diduga karena terlalu lelah, sosok anak kecil ini pun jadi ramai diperbincangkan.

Diketahui anak kecil tersebut bernama Abil Alifudin. Ia sepulang sekolah dari jam 14.00-22.00 memang berjualan tisu dan jajanan anak sekolah di daerah situ. Uang hasil penjualannya digunakan untuk membeli peralatan sekolah dan membantu ibunya. Meski sering diledek teman-temannya, ia tidak malu karena menurutnya yang penting halal.

5. Anak kecil berjualan roti bakar saat malam hari
style.tribunnews.com

Sempat ramai di media sosial foto seorang anak laki-laki yang berjualan roti bakar di malam hari. Dalam unggahan itu ia terlihat sangat lincah saat melayani orang yang akan membeli roti bakar. Kabarnya bocah ini berjualan di daerah Prambanan, Yogyakarta. Meski tidak diketahui namanya, namun sosoknya sangat menginspirasi banyak orang. 

6. Nggak malu jualan gorengan demi bantu ekonomi keluarga

www.satujam.com

Pelajar SMK ini rela berjualan gorengan demi menyokong ekonomi keluarga. Tanpa malu ia menjajakan gorengan di depan Masjid Polsek Tanjung Priok setiap hari Jumat dan berkeliling kampung setiap harinya. Untuk membantu ibunya, pelajar bernama Ryan ini rela mengesampingkan waktu bermainnya demi menambah penghasilan ibunya.

7. Anak kecil jualan kue sepulang sekolah

tokoprediksi.com

Anak kecil bernama Dimas ini berjualan sepulang sekolah untuk menjajakan kue basah. Hal ini dilakukannya karena sang ibu tidak bisa lagi berjualan. Ibunya harus menjaga adiknya yang masih kecil. Maka dari itu sebagai kakak, ia menggantikan ibunya untuk berjualan kue. Dengan menggunakan sepeda, ia berhenti di depan minimarket untuk menjajakan kuenya.

Beberapa kisah ini sangat menginspirasi diantara berita kelakuan kids zaman now yang bikin geleng-geleng kepala. Sebagai generasi muda kita juga harus mencontoh semangat mereka yang tanpa lelah kerja keras untuk keluarga. Meski harus merelakan waktu pribadi, namun mereka iklas melakukan hal tersebut untuk orang-orang terkasih. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tiga Jenis Pemilih Dalam Pemilu, Terbanyak Adalah yang Rasional-Emosional - Keepodotme

Tiga Jenis Pemilih Dalam Pemilu, Terbanyak Adalah yang Rasional-Emosional - Keepodotme

Suasana Kelas Jadi Gaduh Setelah Sosok Ini Muncul Tiba-tiba. Nggak Nyangka Banget!

Suasana Kelas Jadi Gaduh Setelah Sosok Ini Muncul Tiba-tiba. Nggak Nyangka Banget!

Miris! Perempuan Jepang Masih Hadapi Diskriminasi Pekerjaan dan Pendidikan - Keepodotme

Miris! Perempuan Jepang Masih Hadapi Diskriminasi Pekerjaan dan Pendidikan - Keepodotme

Pria di Manado Ini Lamar Kekasihnya yang Meninggal, Kisah Cintanya Menyayat Hati

Pria di Manado Ini Lamar Kekasihnya yang Meninggal, Kisah Cintanya Menyayat Hati

Bocah Zaman Now, Nangis Bukan karena Minta Mainan tetapi Minta Kuota - Keepodotme

Bocah Zaman Now, Nangis Bukan karena Minta Mainan tetapi Minta Kuota - Keepodotme

Niatnya Biar Eksis, 7 Momen Selfie Ini Justru Berujung Maut. Miris Sekaligus Kasihan

Niatnya Biar Eksis, 7 Momen Selfie Ini Justru Berujung Maut. Miris Sekaligus Kasihan

loading