Mau Dianggap Hitz, Remaja Ini Justru Dihujat Netizen Karena Pamer Petik Bunga Edelweis

24 April 2018
|Venanda
0SHARES

Mendaki gunung tidak hanya dilakukan oleh para pencinta alam saja. Mereka yang tidak memiliki pengetahuan dan pelatihan pun sekarang banyak yang ikut-ikutan mendaki gunung. Hal ini mereka lakukan demi bisa dibilang hits dan kekinian.

Namun sayang, tak jarang ada pendaki amatir ini seenaknya sendiri saat berada di gunung. Mereka bukannya melindungi alam tapi justru merusak ekosistem yang ada. Seperti yang dilakukan gerombolan remaja berikut ini. Pengen hits dan dibilang kekinian, mereka malah memetik bunga edelweis yang dilindungi. Parahnya, hal ini diunggah di akun media sosial pribadinya. Duh, niatnya apa sih orang-orang ini?

Hal ini terungkap setelah remaja yang bernama Nursha Fhitry mengunggah sendiri foto-foto tersebut di akun Facebook pribadinya. Dalam unggahannya, terlihat Nursha dan teman-temannya membawa bunga edelweis yang dilindungi. Nggak cuma setangkai, mereka bahkan membawa beberapa ikat bunga yang jumlahnya cukup banyak.

Dalam salah satu foto tersebut juga tertulis “Merapi 2891 MDPL tgl 15 April”. Hal ini sepertinya menunjukkan lokasi dan tanggal pengambilan bunga edelweis tersebut. Diduga bunga yang dilindungi ini diambil di Gunung Merapi pada 15 April 2018 lalu.

Selain foto membawa bunga edelweis di atas gunung, remaja ini juga mengunggah foto saat sedang berada di sebuah ruangan. Tampaknya, bunga tersebut ia bawa pulang ke rumah. Padahal hal ini dilarang menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Hayati Ekosistem pasal 33 ayat 1. Bahkan hanya mencabut bunga edelweis pun sudah termasuk melanggar aturan.

Tak heran kalau banyak netizen yang menghujatnya karena telah melakukan hal tersebut. Ada yang menjulukinya sebagai perusak alam, anak gunung dadakan, sampai memberinya saran untuk menikmati keindahan edelweis.

@dinda_wulandarisaputri: “Perusak alam”

@tama_riz: “Anak gunung dadakan biar dibilang gaholll begini”

@begreatmomheiji: “Haduuu dek itu bunga yg dilindungi dek keberadaanya sudah amat langka”

@nrsyrfh: “Cara menikmati keindahan edelweis cukup biarkan mereka tumbuh disana jangan di petik”

Setelah unggahannya viral dan ramai diperbincangkan banyak orang, Nursha Fhitry akhirnya meminta maaf. Dalam statusnya, ia mengaku salah atas perbuatan yang telah dilakukanya. Ia juga mengungkapkan bahwa itu memang pendakian pertamanya sehingga dirinya tidak tahu tentang peraturan tidak boleh memetik bunga edelwais sesuka hati. Ke depannya, ia berjanji tidak akan mengulanginya lagi dan meminta maaf sedalam-dalamnya kepada semua orang.

Beginilah efek dari kurangnya pemahaman tentang pengetahuan mendaki gunung. Bukan cuma keamanan diri dan cara survive yang harus dipahami, tapi juga etika dan tata perilaku saat sedang berada di gunung. Karena bagaimanapun juga, kelestarian alam merupakan tanggung jawab kita bersama sehingga keseimbangan ekosistem harus dijaga.

Kalau bunga langka seperti itu diambil terus menerus, bisa jadi nanti habitatnya rusak. 'Kan sedih ya jika beberapa tahun lagi anak cucu kita tidak bisa melihat bunga edelweis secara langsung. Jadi kita harus punya kesadaran diri untuk menjaga alam.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
0SHARES