Mamah Dedeh Sarankan Muslim Agar Tidak Jadi Dokter Hewan, Ini Tanggapan PB PDHI

www.berita168.com

Lagi, dunia dakwah Indonesia mengejutkan netizen. Belum lama ini seorang ustaz berbicara bahwa kenikmatan terbesar yang akan kita dapat jika masuk surga adalah pesta seks. Ustaz Syam yang membawakan acara Islam Itu Indah di Trans TV itu pun menuai kecaman dari penonton televisi dan tentunya netizen. Tak lama kemudian, Ustaz Syam meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia akan ucapannya tersebut. Kehebohan mereda.

Menyusul Ustaz Syam, kembali salah satu pendakwah yang menyebarkan ilmunya melalui acara televisi bertajuk "Mamah dan AA", Mamah Dedeh menghebohkan penonton dengan ucapannya yang kontroversial.

www.jitunews.com

Dalam tayangan yang disiarkan di Indosiar setiap pagi pukul enam tersebut, seorang jemaah bertanya soal profesi yang berdekatan dengan najis dalam agama Islam, misalnya dokter hewan. Apakah membersihkannya harus sesuai dengan ketentuan dalam agama, atau dapat ditoleransi hanya menggunakan sabun cuci.

“Seorang dokter hewan setiap saat melaksanakan operasi, misalnya mengoperasi anjing, ini ‘kan najis mugholadhoh, apakah harus setiap saat pakai tanah, atau bisa pakai sabun?”

Berikut jawaban dari Mamah Dedeh:

“Harus pakai tanah tidak ada tawar menawar…”

m.vidio.com

Tak sampai di situ saja, Mamah Dedeh juga menyarankan muslim untuk tidak menjadi dokter hewan. Sontak saja hal ini memancing perhatian masyarakat Indonesia. Atas dasar apa Mamah Dedeh menyarankan hal tersebut? Bagaimana dengan anak-anak yang bercita-cita ingin jadi pengayom dan penyembuh hewan nantinya?

Padahal Islam tidak pernah melarang umatnya untuk menjadi bermanfaat bagi manusia lain. Dokter hewan punya peran sendiri dalam masyarakat. Di Indonesia, dokter hewan dibutuhkan untuk hewan ternak maupun domestik. Ketika menjelang hari raya Idul Adha, siapa yang memerika kesehatan hewan ternak? Anjing-anjing rabies, siapa yang bisa menangani kalau bukan dokter hewan?

www.facebook.com

Pernyataan Mamah Dedeh pun menuai tanggapan dari drh. Heru Setijanto selaku Ketua Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PB PDHI) sebagai berikut:

"Sedih dan prihatin atas pernyataan mamah Dedeh yang kurang bijak.

Saya muslim dan saya sangat bangga menjadi dokter hewan. Sebagai dokter hewan muslim saya tahu dan paham apa itu najis dan haram. Dan sebagai dokter hewan kami pun diajari bagaimana melindungi diri dari hal-hal yang demikian.

Coba bayangkan jika di suatu daerah ada wabah penyakit zoonosis yang bisa menular dari hewan ke manusia, seperti rabies (dari anjing) atau Japanese Enchepalitis (dari babi)… dan disitu tak ada dokter hewan, maka malapetaka yang akan terjadi.

Motto kami, dokter hewan Indonesia adalah "Manusya mriga satwa sewaka” yang artinya mensejahterakan manusia melalui dunia hewan. Dokter hewan adalah profesi yang mulia dimana kalau hewan sehat maka manusiapun akan sehat.

Siapakah yang akan mengawasi keamanan (safety and security) dan kesehatan hewan kurban….. Ya dokter hewan.

Siapakah yang mengawasi dan memonitor produk pangan asal hewan… Ya dokter hewan.

Siapakah yang melakukan pengujian klinis pada hewan coba terhadap obat-obatan, kosmetik atau barang-barang tertentu sebelum digunakan oleh manusia… Ya dokter hewan.

Siapakah yang melakukan audit halal pada hewan sembelihan maupun pada produk pangan asal hewan… Ya dokter hewan.

Jadi apakah seorang muslim tidak boleh jadi dokter hewan??? #banggamenjadiseorangdokterhewan# #lovemyprofesi

Mamah Dedeh telah mengklarifikasi pernyataannya tersebut dalam kunjungan yang dilakukan PB PDHI ke rumahnya, kemarin (3/8).

Profesi apapun, asalkan baik untuk kemaslahatan bersama, boleh saja kok dilakoni. Tiap pekerjaan ada fungsinya masing-masing. Jangan jadikan agama sebagai penghalang. Apalagi jika memang tak ada larangan jelas dari pedoman agama. Pendakwah juga semestinya lebih berhati-hati dalam menyebarkan ilmu. Jangan sampai menimbulkan kesalahpahaman bagi penonton dan pendengarnya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Bantahan Bank Dunia Atas Data Prabowo yang Sebut 99 Persen Orang Indonesia Hidup Pas-Pasan - Keepodotme

Bantahan Bank Dunia Atas Data Prabowo yang Sebut 99 Persen Orang Indonesia Hidup Pas-Pasan - Keepodotme

Sering Banget Ketuker, Netizen Ini Minta Pemerintah Ganti Desain Uang 20.000 dan 2.000

Sering Banget Ketuker, Netizen Ini Minta Pemerintah Ganti Desain Uang 20.000 dan 2.000

Trauma Dapat Order Fiktif, Bang Taksol Cancel Perjalanan Pelanggannya Ke Barat Buat Mencari  Kitab Suci - Keepodotme

Trauma Dapat Order Fiktif, Bang Taksol Cancel Perjalanan Pelanggannya Ke Barat Buat Mencari Kitab Suci - Keepodotme

Seperti Syahrini, Remaja Ini Berperilaku Seenaknya di Tempat Wisata Bersejarah. Parah Banget!

Seperti Syahrini, Remaja Ini Berperilaku Seenaknya di Tempat Wisata Bersejarah. Parah Banget!

Peran Politisi Perempuan. - Keepodotme

Peran Politisi Perempuan. - Keepodotme

Asyik Bikin Tutorial Masak Mi Instan, Orang Ini Tiba-tiba Diserang Tentara. Lho?

Asyik Bikin Tutorial Masak Mi Instan, Orang Ini Tiba-tiba Diserang Tentara. Lho?

loading