Ini yang Akan Terjadi dengan Media Sosialmu Setelah Kamu Meninggal Dunia

03 Oktober 2017
|Mohammad Syahrial
0SHARES

Media sosial di era digital ini menjadi sangat penting karena di sana lah seseorang melakukan interaksi sosial dengan masyarakat dari seluruh dunia. Melalui media ini, seseorang dapat bertukar pesan, berbagi informasi, bahkan menyimpan konten yang sangat pribadi. Tapi coba bayangkan, apa yang terjadi pada akun media sosialmu ketika kamu sudah meninggal dunia? Bagaimana jika ada yang menyalahgunakan akun media sosialmu? Bagaimana jika akunmu dibobol lalu konten pribadi yang sebelumnya kamu sembunyikan menjadi tersebar?

Nggak mungkin 'kan kamu meutup akunmu dari dalam kubur. Nggak mungkin juga kamu bangkit dari kubur lalu mencari warnet atau koneksi wifi terdekat buat menutup akun media sosialmu. Nah, supaya kamu nggak insecure, Yukepo sudah merangkum apa yang akan terjadi dengan semua akunmu setelah meninggal dunia. Yuk kita kepoin!

1. Instagram

Instagram tidak memiliki sistem yang mengatur pewarisan akun seseorang yang telah meninggal. Tapi, pemilik akun harus mendaftarkan kontak seseorang yang dipercaya agar ketika pemilik akun meninggal dunia. Orang yang dipercaya tersebut dapat melaporkan bahwa pemilik akun telah meninggal dunia, selanjutnya akun tersebut ditutup atau “dikenang”.

Ketika suatu akun berubah menjadi “dikenang”, akun tersebut tidak akan muncul dalam pencarian dan tidak seorang pun yang dapat log in ke dalamnya. Namun, semua kegiatan akun tersebut tetap ada termasuk informasi, komentar, dan kegiatan lain yang dilakukan saat masih hidup. Orang lain juga tetap dapat kirim pesan ke akun tersebut. Kalau tiba-tiba yang punya akun balesin, gimana ya? Hiiiii!

2. Facebook

Facebook memiliki prosedur bagi pengguna yang ingin mematikan atau mengubah akunnya menjadi “dikenang” setelah  meninggal. Sama seperti Instagram, akun yang telah menjadi “dikenang” tidak dapat ditemukan dalam pencarian dan tidak dapat login.

Namun, jika kamu ingin akunmu tetap aktif setelah kamu meninggal, kamu dapat mewariskan akun Facebookmu kepada orang yang kamu percaya dan telah kamu daftarkan sebagai ahli waris akunmu. Ahli waris ini nantinya hanya bisa mengubah foto profil dan menerima permintaan teman, dia tidak akan bisa membaca pesan-pesan pemilik akun sebelumnya dan melakukan perubahan-perubahan besar lainnya. Mau nggak kamu diwarisi akun facebook orang yang sudah meninggal?

3. Google

Kamu semua pasti punya akun di Google Mail dong. Tidak hanya untuk berbalas surel, akun Google mail pun dibutuhkan untuk membuat akun media sosial lainnya. Nah, Google memiliki sebuah fitur yang diberi nama Inactive Account Manager.

Jika Google mendeteksi suatu akun telah tidak aktif, maka Google akan memberi peringatan kepada kontak yang dipercaya oleh pemilik akun untuk mengatur akunnya setelah dirinya meninggal. Lewat fitur itu, nantinya pemilik akun dapat mewariskan data apa saja yang telah dipilihnya kepada orang yang dipercayanya tersebut.

4. Twitter

Berbeda dengan Facebook, Instagram, dan Google, Twitter tidak memberi peluang mewariskan suatu akun yang pemiliknya telah meninggal. Twitter hanya bisa menutup akun yang pemiliknya telah meninggal dunia, itu pun setelah ada permintaan penutupan akun dari kerabat pemilik akun yang telah meninggal dengan menggunakan kontak yang terdaftar di akun tersebut.

Itu dia hal-hal yang dapat terjadi pada akun media sosialmu setelah meninggal dunia. Gimana? Tertarik untuk mewariskan akunsmu ke orang yang kamu percaya? Mungkin, bisa kamu pikirkan mulai dari sekarang, guys. Menyoal umur, tidak ada yang tahu 'kan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES