Ini 6 Kisah Viral Bayi yang Meninggal Akibat Asap Rokok. Semoga Tidak Terulang

id.theasianparent.com

Setiap hari kita sering melihat iklan rokok berseliweran di televisi. Mulai dari rokok kretek hingga rokok slim, hampir semua memasang iklan di berbagai media untuk memasarkan produknya. Di tiap iklannya, slogan “merokok membunuhmu” tidak pernah ketinggalan. Bahkan di kemasan rokokpun sudah terpampang gambar orang yang sakit karena rokok. Tapi, semua itu tidak mengurangi populasi manusia yang merokok secara signifikan.

Sebenarnya, mau merokok atau tidak itu pilihan dia sendiri. Negara pun tidak melarang orang untuk merokok, tapi risikonya ditanggung sendiri. Tapi, yang sangat disayangkan adalah banyak perokok yang tidak sadar bahwa merokok di tempat umum bisa membahayakan nyawa orang lain. Terlebih bagi balita dan anak-anak. Tubuhnya yang sangat rentan, bisa terkena dampak buruknya secara langsung. Berbagai penyakit menghantui balita yang sering terpapar asap rokok seperti asma hingga pneunomia. Risiko terburuknya adalah kematian.

Seperti berbagai kasus yang sempat viral di sosial media ini. Bayi-bayi tidak berdosa meninggal karena asap rokok. Orang dewasa yang sering tidak sadar diri merokok di sekitar bayi memiliki risiko sangat besar untuk terkena penyakit yang membahayakan.

Agar tidak terulang lagi kejadian bayi meninggal seperti ini lagi, Yukepo sudah menghimpun beberapa kasus yang sempat viral untuk mengingatkan dan memberikan pelajaran tentang bahaya merokok di dekat balita dan anak-anak.

1. Baru-baru ini, viral bayi meninggal di acara akikahnya. Penyebabnya adalah asap rokok yang disulut sang tamu undangan

www.facebook.com

Miris, ya. Belum genap sebulan, bayi mungil ini harus kembali ke Sang Pencipta karena keegoisan manusia. Tragedi yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya ini terjadi saat acara akikah sang anak.

Seorang ibu bernama Fitria Indah Lestari membagikan kisahnya melalui akun Facebook pribadinya. Dalam status yang diunggahnya pada tanggal 9 Agustus 2017 ini, ia menceritakan kronologi anak keduanya yang masih bayi meninggal karena asap rokok. Tidak ada yang menyangka bahwa Hafidz berusia satu bulan ini meninggal begitu cepat. Dalam statusnya, Fitria menuliskan,

“Pagi itu, tanggal 17 Juli 2017 kami sekeluarga akan mengadakan pesta cukur rambut dan akikah untuk Hafizh. Kami pun menginap dari seminggu yang lalu di rumah ibu mertuaku (acara diadakan di rumah ibu mertuaku, karena di rumahku lingkungannya terlalu sempit). Akhirnya pada malam acara itu putraku Hafizh kubawa ke ruang tamu. Karena banyak tamu yang ingin melihat Hafizh, aku terlalu sibuk dengan tamu, sampai-sampai aku tak menyadari kalau ada orang yang sedang merokok. Awalnya Hafizh baik-baik saja tak ada kendala. Sampai 2 hari sesudah acara itu, Hafizh batuk-batuk dan nafasnya tersendat sendat (sesak).”

Fitria tidak menyangka jika asap rokok dari tamu yang datang diacara akikahnya ternyata membawa malapetaka untuk sang anak. Bayi mungilnya yang baru berusia satu bulan harus meregang nyawa karena pneunomia berat.

2. Bayi 1 tahun meninggal karena residu asap rokok di baju sang Ayah

www.bagikanaja.com

Salah satu pengguna sosial media dengan akun yang tidak diketahui namanya ini juga sempat berbagi kisahnya. Anaknya yang baru berusia 1 tahun 10 hari, menjadi salah satu bayi meninggal akibat rokok. Ternyata tidak hanya menghirup secara langsung, residu asap rokok yang menempel di baju sang Ayah juga dapat berdampak buruk bagi sang anak.

3. Curhatan sang paman yang keponakannya meninggal akibat asap rokok

www.wawker.com

Kisah yang diunggah oleh Didie Suhadie dalam akun Facebook pribadinya menceritakan dampak buruk asap rokok bagi keponakan kecilnya. Korban bayi meninggal akibat asap rokok, masih ada.

4. Ada juga yang tidak sampai meninggal, tapi balita berusia 2 tahun ini sakit parah pada paru-parunya. Kata sang Dokter, paru-paru anak ini sudah seperti paru-paru perokok aktif
abciptarasa.blogspot.co.id

Bukan, bukan karena balita ini sering merokok. Tapi ayahnya yang sering merokok di dekat sang anak. Bahaya perokok pasif yang sering dikoar-koarkan oleh penggiat kesehatan, ternyata benar adanya. Kisah pilu sang anak ini membuktikan semua teori tersebut.

Kisah Keanu (2 tahun) yang harus menjalani pengobatan karena asap rokok viral setelah sang ibu, Dinda Lazuardi, membagikan ceritanya ke publik lewat media sosial Path, Instagram, dan Twitter.

5. Ada lagi kisah seorang Ibu yang menceritakan paru-paru anaknya yang berkabut
www.alodokter.com

Kisah ini viral pada Maret 2014. Seorang balita berusia 3,5 tahun jadi korban karena tinggal seatap dengan perokok aktif. Ayah, paman, dan kerabatnya sering merokok di sekitar balita tersebut. Dalam ceritanya ibunya, Dina Akmalia, mengira itu hanya batuk biasa.

"Saya kira pertamanya batuk pancaroba biasa. Seminggu tak kunjung sembuh, dibawa ke dokter dikasih obat. Sebulan kemudian belum sembuh dikasih obat lain. Tapi ternyata 3 bulan belum sembuh juga, akhirnya dokter menyarankan untuk rontgen".

Berdasarkan hasil ronsen tersebut, ternyata sang anak paru-parunya berkabut cukup tebal. Dokter yang merawatnya juga mengatakan banyak flek di paru-paru Athalla. 

Beberapa kisah tersebut tentu membuat kita mengelus dada. Bayi meninggal yang belum memiliki dosa terpaksa jadi korban dari asap rokok yang ada disekitarnya. Semoga para orangtua dapat lebih sadar diri agar menjauhkan bayi dari asap rokok yang berbahaya. Supaya tidak ada lagi berita bayi meninggal yang diakibatkan oleh asap rokok.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Curhatan Pelakor Tasya Seputry di Facebook Ini Bikin Heran Sekaligus Kesal!

Curhatan Pelakor Tasya Seputry di Facebook Ini Bikin Heran Sekaligus Kesal!

Masih Ingat Kisah Istri yang Suaminya Meninggal karena Kanker Lidah? Ini Kabar Terbarunya

Masih Ingat Kisah Istri yang Suaminya Meninggal karena Kanker Lidah? Ini Kabar Terbarunya

Dianggap Kontroversial, Para Pendakwah Ini Menuai Hujatan Karena Ceramahnya

Dianggap Kontroversial, Para Pendakwah Ini Menuai Hujatan Karena Ceramahnya

Prestasi Kartunis Indonesia! Kolaborasi Komik Si Juki dan Kartun Animasi Larva yang Bikin Bangga

Prestasi Kartunis Indonesia! Kolaborasi Komik Si Juki dan Kartun Animasi Larva yang Bikin Bangga

Budaya Berbagi Masyarakat Indonesia, Penyebab Hoax Mudah Tersebar di Aplikasi Chat

Budaya Berbagi Masyarakat Indonesia, Penyebab Hoax Mudah Tersebar di Aplikasi Chat

Pejabat di Padang Ini Dibilang Tidak Punya Hati. Padahal Niatnya Baik

Pejabat di Padang Ini Dibilang Tidak Punya Hati. Padahal Niatnya Baik

loading