Ibu Ini Curhat Anaknya Sakit Usus Buntu Gara-gara Seblak. Beneran Nggak Sih?

11 Oktober 2017
|Venanda
0SHARES

Beberapa hari ini media sosial dihebohkan dengan berita seblak bisa membuat usus buntu. Isu yang membuat banyak orang jadi resah ini, awalnya dibagikan oleh seorang pengguna Facebook yang kebetulan adalah seorang ibu. Ia menceritakan tentang keadaan anaknya yang sakit usus buntu. Dan kata dokter yang memeriksanya, salah satu penyebab anak ini sakit adalah sering makan seblak yang kenyal.

Waduh, para penggemar seblak pasti jadi was-was nih. Tapi beneran nggak sih kalau seblak bisa membuat usus buntu?

Status yang diunggah oleh akun bernama Desy Puspita Yulida ini langsung viral dan bikin heboh. Bahkan sampai dibagikan sebanyak 37.387 kali oleh pengguna Facebook lainnya. Dalam statusnya ini ia curhat tentang anaknya yang sedang sakit usus buntu. Saat berkonsultasi dengan dokter, ternyata salah satu penyebab usus buntu adalah terlalu sering makan seblak.

Berdasarkan status yang ditulisnya pada tanggal 8 Oktober 2017, Desy menuliskan,

“BAHAYA MAKAN SEBLAK DRI KERUPUK MENTAH YANGG DIRENDAM tapi tetap kenyal. Pastikan kerupuknya benar-benar lembek agar tidak merusak usus anak”

“Setelah diinfus, besoknya dilakukan USG, cek darah, dan rontgen. Setelah dibacakan hasilnya sama dokter spesialis bedah anak, usus nya terjadi pembengkakkan, dan kata dokter usus buntu. Dan kalau setelah pulang dari sini perutnya sakit lagi, harus segera puasa selama 6 jam dan langsung tindakan operasi. Kalo tidak, ususnya akan pecah. Kalo ususnya sudah pecah akan mengganggu rahim dan efek ke depannya tidak bisa punya anak. Naudzubillah. Penjelasan dokter sungguh sangat bikin dada sesak.”

Mendengar pernyataan dokter tentang keadaan anaknya, ia lalu bertanya tentang kemungkinan penyebab putri kecilnya sakit usus buntu. Padahal ia merasa bahwa anaknya tidak suka pedas.

“Dokter bertanya apakah anak ini suka makan seblak? Salma menjawab, "Iya". Dan dokter pun bilang, "Saya udah ratusan orang dalam setahun ini mengoperasi yang usus buntu karena makan seblak". Saya bertanya kepada dokter, "Kenapa Dok anak saya bisa kena usus buntu, padahal nggak begitu suka pedes?"

"Usus buntu yang anak ibu alami bukan karena cabenya, tapi karena kerupuk mentah kalo disimpan dalam air tapi tidak hancur malah jadi kenyal. Kebayang nggak ibu akan bagaimana, begitu pun di dalam usus kita. Kerupuk itu tidak akan hancur.”

Statusnya ini langsung menarik perhatian banyak orang. Ada yang khawatir karena selama ini ia sering makan seblak, ada yang mempertanyakan kebenaran asumsi tersebut. Dan ada juga pedagang seblak yang mengatakan bahwa selama jualan tidak ada yang mengeluh sakit.

Berbagai komentar ini membuat Desy jadi terpicu untuk membuat status lanjutan. Ia menjelaskan bahwa tidak semua seblak tidak baik untuk pencernaan. Tapi jenis seblak yang masih kenyal meskipun sudah direndamlah yang bisa memicu sakit usus buntu.

“Tidak ada niat sedikitpun menjatuhkan usaha yg jual seblak...”

“Yg dokter tekankan hanya seblak yg terbuat dri kerupuk yg masih alot ketika d kunyah...klo kerupuk nya udh lembek ya aman" saja mungkin.... Ketika masuk IGD dan ruang USG yg d alami oleh salma trnyata bnyk d alami oleh anak" gadis yg lain nya...”

Kisah yang dibagikan oleh ibu ini menuai banyak komentar dari warganet. Mungkin karena para pecinta seblak merasa baik-baik saja setelah mengkonsumsi makanan ini. Meskipun belum ada penelitian yang menyatakan bahwa seblak alot adalah salah satu penyebab usus buntu.

Tapi, info ini bisa membuat kita untuk tetap waspada saat memakan sesuatu. Makan seblak atu makanan lain boleh-boleh saja, namun jangan terlalu sering agar tidak mengganggu pencernaan. Karena makanan yang dikonsumsi berlebihan memang tidak baik, 'kan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Quote apa ya?"
0SHARES