Ibu Curhat Kaki Anaknya Luka Bintik dan Bernanah, Ternyata Penyebabnya Tak Terduga

05 Desember 2017
|Venanda
0SHARES

Merupakan hal yang biasa jika seorang anak bermain di taman atau di luar rumah. Selain untuk meningkatkan kemampuan motoriknya, bermain di taman juga bisa meningkatkan kepekaan sosial si anak. Namun, dibalik hal yang biasa itu, tak disangka ada bahaya yang mengintai.

Curhatan seorang ibu ini, misalnya. Ia menceritakan bagaimana anaknya bisa dapat luka bintik bernanah yang ada di hampir sekujur tubuhnya.

Dan ternyata, penyebabnya adalah hal yang sangat tidak terduga.

Hal ini pertama kali diketahui dari unggahan seorang ibu asal Filipina yang bernama Madelyn Bercasio Gurango. Melalui akun Facebook pribadinya, ia menceritakan bagaimana kronologi anaknya bisa terkena penyakit ini. Ia juga menyertakan beberapa foto mengenai keadaan anaknya yang terserang penyakit misterius.

Tragedi ini berawal saat anak laki-lakinya pulang dari taman bermain. Saat itu seperti biasa ia bermain diluar rumah dengan teman-temannya. Namun sehari kemudian, secara tiba-tiba anaknya mengalami demam tinggi hingga 39 derajat Celcius. Tak hanya itu, di tubuh anaknya juga muncul luka bintik bernanah yang menyebar di hampir seluruh badan.

Merasa keadaan anaknya tidak baik-baik saja, ia kemudian membawanya ke dokter. Setelah diperiksa, ternyata putranya terkena penyakit Hand, Foot and Mouth Disease (HFMD). Penyakit ini disebabkan oleh virus dari genus Enterovirus. 

Penyakit ini membuat anaknya harus diisolasi di rumah selama beberapa hari. Ia bahkan harus menghindari tempat terbuka karena bisa menyebarkan virus ini kepada orang lain. Selain itu, anak ini juga harus mandi dengan sabun khusus dan mengkonsumsi beberapa obat.

Penyakit ini memang sering menyerang anak-anak. Penyebabnya adalah virus yang ikut masuk ke dalam tubuh saat anak-anak memasukkan tangan kotor ke mulutnya. Sederhana memang, tapi hal ini ternyata yang menyebabkan anak bisa terkena penyakit mengerikan ini.

Biasanya virus ini banyak terdapat di tempat penitipan anak, terutama di tempat mengganti popok. Selain itu, tempat yang kotor lainnya juga rentan akan persebaran virus ini. Meskipun akan sembuh dalam beberapa hari, tapi jika tidak ditangani dengan tepat, penyakit ini bisa menyebar dengan cepat.

Lewat unggahannya ini, Madelyn berharap bahwa orang tua lain lebih menjaga kebersihan dan kesehatan anaknya. Peralatan dan tangan yang terlihat bersih, ternyata tidak menjamin bebas dari kuman dan virus. Makanya, kamu jangan lupa cuci tangan sebelum makan ya. Repot juga kan nanti kalau ada virus yang masuk seperti ini.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
0SHARES