Hati-hati Penipuan SMS 99737 Ini Mengatasnamakan XL Axiata

01 Juni 2017
|Venanda
0SHARES

Akhir-akhir ini makin marak terjadi penipuan melalui SMS dan telepon. Dari penipuan SMS memenangkan undian berhadiah puluhan juta hingga SMS ‘papa minta pulsa’. Penipuan tersebut biasanya mengatasnamakan dari lembaga atau perusahaan tertentu yang sedang mengadakan undian berhadiah dan meminta korbannya mengirim sejumlah uang atau pulsa ke rekening sang pelaku. Namun, belakangan ini ada penipuan dengan modus baru yang terungkap dan viral di facebook. 

Salah satu pengguna kartu XL Axiata membuat status di Facebook yang menceritakan tentang penipuan yang dialaminya. Kasus penipuan ini terjadi beberapa waktu lalu saat korban tiba-tiba mendapat telepon dari nomor tidak dikenal yang menanyakan tentang SMS dari nomor 99737. Penipuan yang mengatasnamakan XL Axiata ini merupakan modus baru. Pelaku mengaku bahwa operator XL salah mengirimi pesan yang berisi kode unik untuk dimasukkan ke aplikasi sebuah game atau belanja online ke nomor korban. Dan pelaku meminta korban untuk meneruskan pesan tersebut ke nomornya.

Setelah mendapatkan telepon dari nomor tidak dikenal itu, korban merasa aneh dan langung menelepon XL call center untuk mengonfirmasi. Untunglah korban tidak langsung meneruskan pesan tersebut dan langsung menelepon pihak XL untuk mengonfirmasi sehingga pulsanya terselamatkan.

Modus penipuan ini tergolong cukup baru. Di mana pelaku menelepon korban dan berpura-pura bahwa XL salah memasukkan nomor dalam pembelian produk di game online. Sehingga kode unik yang harusnya dimasukkan dalam aplikasi game tersebut salah masuk ke nomor korban. Lalu, pelaku penipuan menanyakan apakah korban mendapat sms yang berisi kode unik dari 99737 dan meminta korban untuk meneruskan pesan tersebut ke nomor pelaku. Setelah korban meneruskan pesan tersebut ke pelaku, maka pulsa korban akan terpotong sesuai jumlah yang ada dalam pesan tersebut.

Menanggapi kasus yang mengatasnamakan XL, pihaknya mengonfirmasi bahwa SMS dari 99737 adalah penipuan dan bukan dari XL. General Manajer XL Axiata menghimbau masyarakat agar berhati-hati dengan penipuan model baru tersebut. Jangan langsung percaya dan mengirimkan kode unik itu jika tidak merasa melakukan transaksi pembelian sebelumnya, namun konfirmasi terlebih dahulu ke XL call center dengan menelepon 817 untuk nomor XL atau mengirim Twitter ke @myXLcare. Lebih lanjut jika mendapat SMS atau telepon penipuan sebaiknya langsung menghubungi pihak berwajib. Bagi pengguna XL bisa mengirim sms laporan penipuan dengan format: Lapor # Nomor yang digunakan # Kasus yang dikeluhkan kirim ke nomor 5883.

Penipuan ini tentu sangat merugikan karena dapat menyedot pulsa dalam jumlah yang cukup besar. Terlebih kasus penipuan ini tidak seperti kasus penipuan biasa yang menggunakan nomor tidak dikenal tapi penipuan ini menggunakan nomor khusus yang biasanya digunakan oleh provider resmi. Jika kamu tidak berhati-hati dan langsung memberikan apa yang pelaku minta bisa jadi pulsamu akan habis karena sms penipuan tersebut. Jadi, saat mendapat SMS dan telepon yang mencurigakan kita harus lebih berhati-hati dan waspada agar terhindar dari penipuan.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
0SHARES