Hati-hati, Jangan Posting Sembarangan di Media Sosial. 6 Orang Ini Udah Terciduk Lho!

08 Oktober 2017
|Mohammad Syahrial
Facebook
0SHARES

Media sosial seperti dua sisi mata pisau. Mempunyai sisi positif sekaligus sisi negatif. Kalau kita bijak menggunakannya, pasti banyak banget manfaat yang bisa kita dapetin. Misalnya, kita bisa manfaatin media sosial untuk kepentingan bisnis, mengakses informasi dari seluruh dunia, berkomunikasi dengan teman, dan banyak yang lainnya.

Sebaliknya nih, kalau kita nggak bijak, media sosial bisa jadi bumerang lho! Posting sembarangan, dijerat UU ITE, masuk hotel prodeo deh. Begitulah yang terjadi dengan 6 orang ini. Gara-gara memakai media sosial sesuka hati, jadi diciduk deh sama polisi. Yuk langsung aja kita kepoin siapa aja sih 6 orang yang diciduk polisi gara-gara media sosial!

1. M. Ali Amin Said

M. Ali Amin Said ditangkap polisi pada Mei lalu gara-gara posting-an di akun Facebook-nya. Unggahan ini dianggap menyebarkan hate speech atau ujaran kebencian. Dalam posting-annya, Ali mengancam Kapolri yang menetapkan Habib Rizieq sebagai tersangka. Aduh, kok sampe segitunya sih, Mas.

2. Bogel

Kasus yang satu ini datangnya dari komentar di Instagram. Bogel diciduk oleh Tim Cyber Crime Polda Jawa Timur pada bulan Mei lalu gara-gara komentarnya yang menghina Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Komentarnya ini ditulis di posting-an @divisihumaspolri yang mengunggah foto Kapolri dengan Polwan Brigadir Fitri Arina yang mendapat penghargaan karena pengabdian di daerahnya. Hadeh, bukannya mengapresiasi, malah bikin komentar yang negatif.

3. Ahmad Rifai Pasra

Ahmad Rifai menulis status panjang di laman Facebook-nya tentang bom bunuh diri di Kampung Melayu. Dalam statusnya itu, Ahmad Rifai menyebut bahwa tragedi bom Kampung Melayu adalah rekayasa polisi. Gara-gara statusnya yang menyebarkan berita palsu ini, Ahmad Rifai diciduk polisi pada bulan Mei lalu.

Setelah ditangkap, Ahmad Rifai menulis surat permintaan maaf untuk Kapolri. Walaupun permintaan maafnya diterima, proses hukum tetap dijalankan. Ibarat nasi udah jadi bubur nih, minta maaf juga gak bisa bikin buburnya balik lagi jadi nasi ya. Makanya jangan bikin berita palsu!

4. Admin @Muslim_Cyber1

Lagi-lagi menyebar berita hoax, admin dari akun Instagram @Muslim_Cyber1 akhirnya diciduk polisi. Chat palsu antara Kapolri Jenderal Tito Karnavian dengan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono tentang kasus Habib Rizieq Syihab dan Firza Husein yang disebar akun ini bikin polisi gerah dan menangkap adminnya yang berinisial HP. Nggak cuma itu, akun ini juga sering membuat posting-an yang mengandung unsur SARA. Waduh, berlipat-lipat ya kesalahannya.

5. Ancha Evuz

Niatnya sih iseng, eh malah diciduk polisi. Kira-kira itulah yang terjadi pada akun Facebook dengan nama Ancha Evuz yang membuat postingan berjudul “Marthabak Telor”. Dalam statusnya, ia menghimbau warga Mamuju agar berhati-hari karena telah ditemukan korban mutilasi bernama “Martha” yang maksud aslinya adalah “Marthabak Telor”. Statusnya ini dianggap menyebar berita palsu dan meresahkan warga. Ancha Evuz pun akhirnya harus berurusan dengan polisi pada bulan Juli lalu. Wah, tetep harus hati-hati ya kalo mau bercanda di media sosial.

6. Jonru Ginting

Kasus cyber crime yang baru-baru ini terjadi mencatut nama Jonru Ginting. September, Jonru ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya. Jonru Ginting adalah pegiat media sosial yang menyebarkan ujaran kebencian mengenai Presiden Joko Widodo. Jonru memang mengakui bahwa posting-an di media sosialnya adalah tulisannya sendiri, tetapi ia tidak merasa tulisannya menghina Presiden Joko Widodo. Padahal, ujaran kebencian yang sering dilontarkan Jonru dianggap bisa memecah belah bangsa Indonesia.

Itu dia 6 orang yang terciduk polisi gara-gara media sosial. Mengungkapkan perasaan atau pendapat sih boleh aja, asalkan harus bijak dan bertanggungjawab. Oh iya, jangan sembarangan menyebar informasi ya, guys. Kita harus re-check dulu kebenarannya, dan kalau emang fakta, baru deh bisa kita sebar informasinya. Ingat ya, jarimu harimaumu! Kalau gak mau diciduk polisi, jadilah pegiat media sosial yang cerdas!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES