Hati-hati di Internet! Ini Hukuman Untuk Penyebar Video Porno

05 November 2017
|Lulu Lukyani
0SHARES

Akhir-akhir ini jagat media sosial dihebohkan dengan tersebarnya sebuah video porno yang katanya “dibintangi” oleh eks mahasiswa salah satu universitas ternama di Indonesia. Video tersebut sudah tersebar di berbagai lini masa ataupun grup-grup di media sosial seperti Whatsapp, Line, Facebook, dan lain-lain. Mungkin salah satu atau beberapa teman kalian di media sosial ikut membagikan video tersebut. Bahkan mungkin kalian juga ikut membagikan videonya. Hayooo ngaku siapa yang kemaren ikut-ikutan nyebar videonya? Duh, mending jangan diterusin ya, guys! Kalau kalian termasuk oknum penyebar video porno di internet, kalian bisa dijerat UU ITE dan bisa dipenjara lho! Yup! Ternyata UU ITE juga mempunyai pasal yang bisa menjerat penyebar atau pendistribusi video porno. Mau tau lebih lengkapnya tentang hukuman bagi penyebar video porno? Yuk, langsung aja kepoin ulasan dari Tim Yukepo!

Penyebaran video porno di internet termasuk tindakan yang melanggar kesusilaan dan juga mencemarkan nama baik atau memfitnah orang yang terkait dengan video tersebut. Makanya, oknum yang membagikan video porno bisa dikenai hukuman berupa hukuman pidana dan dikenakan sejumlah denda. Seperti yang dikatakan oleh Staf Ahli Menteri Bidang Hukum Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Henri Subiakto, bahwa orang yang dengan sengaja menyebarkan konten dewasa akan terjerat hukum sesuai UU ITE.

Melansir CNN Indonesia, Henri Subiakto mengatakan, “kalau dari UU ITE yang kena adalah yang dengan sengaja tanpa hak mendistribusikan, dan atau mentransfisikan, dan atau membuat bisa diaksesnya informasi elektronik atau dokumen elektronik yang muatannya melanggar kesusilaan”. Menyebarkan video porno kepada satu orang lain saja sudah membuat seseorang terjerat pasal 27 ayat 1 UU ITE yang ancaman hukumannya adalah maksimal 6 tahun penjara dan maksimal denda Rp. 1 miliar. Nah lho! Hati-hati ya, cuma dengan mengeklik “share”, kamu bisa dipenjara selama 6 tahun!

 

 

Itu kan hukuman buat si penyebar videonya, kalau pelaku videonya dapet hukuman gak sih? Nah, pelaku video porno juga bisa dikenai hukuman, guys. Hukuman yang akan menjeratnya adalah UU Pornografi. Henri Subiakto juga memberikan keterangan mengenai hal ini melalui CNN Indonesia, katanya, “kalau pelaku tidak mendistribusikan, tidak mentransmisikan, atau juga tidak membuat bisa diaksesnya oleh publik, juga tidak bisa kena UU ITE. Tapi bisa kena UU Pornografi”. 

Selain itu, kalian juga gak boleh menyebarkan video porno karena bisa mencemarkan nama baik orang lain. Korban yang videonya tersebar dan ditonton oleh banyak orang bisa mendapatkan cemoohan di dunia maya atau cyberbullying. Hal ini membahayakan karena bisa membuat korban mengalami stres hingga depresi. Udah banyak lho kasus-kasus penyebaran video porno yang membuat pelakunya depresi dan akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Salah satunya adalah Tiziana Cantone, perempuan asal Italia yang bunuh diri karena videonya viral di internet dan ia menjadi bahan cibiran dan meme.

 

 

Walaupun secara hukum di Indonesia pelaku video porno bisa juga terjerat hukum, tapi setidaknya kita gak perlu mencemarkan nama baiknya dengan ikut-ikutan menyebarkan videonya. Apalagi membully pelaku dan menjadikannya bahan olok-olokan. Abis nonton videonya, disebarin, terus dibully juga. Jahat kan? Nah, terus harus gimana sih kalau ada temen yang nyebarin videonya ke kita? Yang pasti jangan ikut menyebarkan videonya! Kita bisa langsung hapus chat atau postingan yang nyebarin video itu, dan kita juga harus ngasih tau ke temen-temen kita supaya mereka berhenti menyebarkannya. Ngasih taunya juga harus baik-baik ya, biar mereka juga bisa menerima saran kita.

Gimana? Masih mau ikut-ikutan nyebarin video porno? Jangan lagi-lagi deh ya! Mending kalian pake internet buat hal-hal yang lebih positif. Jaman udah makin canggih dengan segala macam kemajuan teknologinya, so kalian juga harus bisa jadi warganet dan pengguna teknologi yang bijak dan pintar. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Lulu Lukyani
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES