Dianggap Kontroversial, Para Pendakwah Ini Menuai Hujatan Karena Ceramahnya

bersamadakwah.net

Acara ceramah keagamaan di televisi seolah sudah jadi tayangan wajib setiap pagi. Alih-alih ikut pengajian di masjid, menonton pengajian di televisi jadi pilihan banyak orang. Acara seperti itulah yang turut melahirkan pendakwah kondang atau yang kini disebut “ustadz seleb”.  Pandai berpidato, karismatik, dan tentu dengan penyampaian yang menghibur membuat ustadz atau ustadzah tersebut berkesan di hati pemirsa.

Namun itu semua tak cukup, jadi seorang penceramah tentu harus punya dasar-dasar ilmu agama yang mumpuni. Apalagi jika sudah membahas tema-tema ceramah yang relevan dengan kondisi masyarakat sekarang. Tentu harus menggali lebih dalam lagi. Jika salah tentu akan menuai kecaman. Seperti akhir-akhir ini makin marak saja para penceramah yang menuai kontroversi lewat ceramahnya. Video ceramah mereka pun sempat viral di Facebook hingga menuai berbagai kritik dan kecaman. Siapa sajakah para pendakwah yang bikin heboh lewat isi dakwah mereka?

1. Ustadz Syam

www.youtube.com

Termasuk penceramah muda yang cukup digandrungi. Ustadz Syam sebenarnya bekerja sebagai penulis ceramah Ustadz Maulana yang memang mengisi  program acara di TV swasta bertajuk Islam Itu Indah. Ustadz bernama lengkap Syamsuddin Nur Makka pun mendapat kesempatan untuk mengisi acara tersebut. Hingga akhirnya ia mengeluarkan sebuah pernyataan mengejutkan dalam siaran 15 Juli 2017 lalu.

“Minta maaf, karena inilah yang kita tahan-tahan selama di dunia. Inilah yang kita tahan-tahan di dunia dan kenikmatan terbesar yang diberikan Allah SWT di surga adalah pesta seks,”.

Sontak hal tersebut pun memicu kemarahan netizen. Pernyataannya itu pun berimbas pada pencekalan acara TV tersebut. Ia pun sudah meminta maaf terkait pernyataannya itu.

2. Mamah Dedeh

www.youtube.com

Namanya tentu tak asing lagi karena selalu hadir setiap pagi dalam acara ceramah Mamah dan AA di sebuah stasiun TV swasta. Telah lama melalang buana sebagai penceramah, wanita bernama lengkap Dedeh Rosidah ini pun turut menuai kontroversi terkait pernyataannya saat menjawab pertanyaan salah satu jamaah tentang pekerjaan dokter hewan yang harus bergelut dengan najis.

Mamah lalu menjelaskan cara mensucikan diri yang benar. Di akhir penjelasannya ia melontarkan kalimat "Kalau saran saya, kita sebagai seorang muslim jangan jadi dokter hewan,". Hal tersebut tentu saja memancing kemarahan netizen. Bahkan ketua Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PB PDHI) turut mengomentari masalah ini. Ia sungguh menyayangkan pernyataan tersebut. Lalu mempertanyakan siapa lagi yang akan memeriksa kesehatan hewan kurban jika bukan dokter hewan.

3. Zulkifli Muhammad Ali

www.youtube.com

Nama ustadz ini mungkin terdengar asing karena memang bukan penceramah di televisi. Namun, video ceramahnya sering diunggah di Youtube. Salah satu ceramahnya pun menuai berbagai kecaman. Dalam ceramahnya itu, sang Ustadz menyebutkan bahwa ibu-ibu yang melahirkan lewat metode bedah caesar berarti memiliki gangguan jin di tubuhnya.

Lebih jelasnya ia menyebutkan bahwa "Caesar adalah anarkisme setan pada manusia,". Bahkan ibu yang melahirkan caesar, termasuk istrinya sendiri, karena mendengar bisikan yang sangat kuat di telinga. Pernyataan mengejutkan ini pun menjadi disoroti. Banyak netizen pula yang menyayangkan karena tak sedikit ibu yang harus melahirkan caesar karena alasan kesehatan.

4. Febri Sugianto

twitter.com

Lagi-lagi ustadz dari acara TV Islam Itu Indah menuai kontroversi. Ustadz Febri Sugianto dalam salah satu siaran acara tersebut mengatakan bahwa salah satu alasan perempuan susah punya anak karena sering pakai pembalut dan sepatu hak tinggi. Ia berpendapat bahwa pembalut yang sering dipakai bisa mengembalikan bakteri jahat ke dalam rahim.

Selain itu, ia juga berbicara soal titik reproduksi yang katanya ada di tumit. Dan penggunaan sepatu hak tinggi mempengaruhi hal tersebut. Sontak para netizen pun heran dengan hal tersebut karena yang berbicara bukanlah seorang dokter maupun pakar reproduksi melainkan seorang penceramah agama.

Sudah menjadi tugas pendakwah untuk menyampaikan ceramah keagamaan. Jika itu memang yang diyakini, sampaikanlah dengan menggunakan pilihan kata yang tepat. Karena belum tentu semua orang mau menerimanya. Apalagi jika tema ceramah sudah mencakup bidang yang lebih luas, seperti kesehatan misalnya. Tentu membutuhkan studi yang lebih mendalam. Jangan lupa juga dengarkan ceramah mereka secara lengkap, serta buatlah penilaian sendiri soal ucapan mereka.

 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Cara Menghilangkan Bekas Luka Terampuh untuk Kembali Muluskan Kulit | Keepo.me

Cara Menghilangkan Bekas Luka Terampuh untuk Kembali Muluskan Kulit | Keepo.me

Prestasi Kartunis Indonesia! Kolaborasi Komik Si Juki dan Kartun Animasi Larva yang Bikin Bangga

Prestasi Kartunis Indonesia! Kolaborasi Komik Si Juki dan Kartun Animasi Larva yang Bikin Bangga

Fakta-fakta Terbakarnya Lamborghini Raffi Ahmad. Dari Kronologi hingga Dugaan Kerugian | Keepo.me

Fakta-fakta Terbakarnya Lamborghini Raffi Ahmad. Dari Kronologi hingga Dugaan Kerugian | Keepo.me

Budaya Berbagi Masyarakat Indonesia, Penyebab Hoax Mudah Tersebar di Aplikasi Chat

Budaya Berbagi Masyarakat Indonesia, Penyebab Hoax Mudah Tersebar di Aplikasi Chat

Lukisan Mona Lisa Masih Menyisakan Misteri Ratusan Tahun, Ada yang Sebut Itu Foto Cowok! | Keepo.me

Lukisan Mona Lisa Masih Menyisakan Misteri Ratusan Tahun, Ada yang Sebut Itu Foto Cowok! | Keepo.me

Pejabat di Padang Ini Dibilang Tidak Punya Hati. Padahal Niatnya Baik

Pejabat di Padang Ini Dibilang Tidak Punya Hati. Padahal Niatnya Baik

loading