Bule Rekam Laut Bali yang Penuh Sampah Plastik, Warganet Kesal Sekaligus Malu

08 Maret 2018
|Venanda

Beberapa hari lalu, nama Indonesia kembali viral di media sosial kancah internasional. Namun sayangnya kali ini bukan tentang keindahan alam atau keragaman budayanya. Video yang ramai dibicarakan ini memperlihatkan bagaimana kotornya laut Indonesia.

Nggak cuma satu atau dua, ada banyak sekali sampah plastik yang mengambang diantara ikan-ikan. Bahkan saking banyaknya, sulit membedakan mana ikan dan mana sampah plastik. Kebayang dong gimana kotornya laut kita?

Video pemandangan bawah laut Indonesia ini diabadikan oleh seorang penyelam asal Inggris yang bernama Rich Horner. Ia yang sudah lama tinggal di Bali ini mengungkapkan bagaimana mirisnya laut Indonesia. Dengan bermodalkan kamera dan tongsis, Horner merekam aksinya saat menyelam di perairan sekitar Nusa Penida.

Saat itu ia menyelam di daerah Manta Point dimana banyak Ikan Manta atau sejenis Ikan Pari tinggal. Memang jika dilihat dari permukaan, laut di daerah ini terlihat indah. Namun saat melongok lebih jauh ke dalam, ternyata banyak sampah plastik yang ikut berenang bersama ikan-ikan. Hal ini sangat bertolak belakang dengan pemandangan laut yang indah dan airnya yang berwarna biru jernih.

Pencemaran laut ini membuat Horner miris, ia kemudian mengunggahnya di akun Facebook pribadinya. Tak disangka, respon netizen begitu besar terhadap hal tersebut. Hanya dalam sekejap unggahan ini viral. Bahkan beberapa organisasi pecinta lingkungan langsung memberikan reaksi keras terhadap pencemaran yang terjadi di laut di Nusa Penida.

Menurut Indonesian Throughflow (ITF), sampah plastik ini diperkirakan berasal dari daerah Bali dan Lombok. Sampah-sampah itu mengalir hingga terkumpul di Manta Point.

Melihat hal ini, netizen pun merasa miris sekaligus malu. Sebagai masyarakat Indonesia mereka sedih karena lautnya sangat kotor. Terlebih banyak media luar yang sudah memberitakannya.

@racheljovita31: “Hm kurangnya kesadaran masyarakat nih,malu kan”

@givazrrIya: “ih jijik bikin malu aja yahh”

@dillapuspita_22: “Ya ampun sayang banget kalo pantai dulunya indahn bgt jadi banyak sampah”

@hevousjirehh: “Padahal msh banyak ikan" hidup . kasian ikan"nya”

@putrianggun95: “sedih banget, stiap org harus ada kesadaran diri masing2 untuk menjaga kbrsihan lingkungan.”

Sedih banget kalau melihat pencemaran laut tersebut. Saat seharusnya laut adalah tempat untuk para biota yang tinggal di perairan, manusia justru menrusaknya dengan sampah plastik. Agar tidak lebih parah, kita harus mulai untuk menjaga laut dengan tidak membuang sampah sembarangan.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
SHARES