Bukannya Malu, 7 Orang Ini Justru Pamer Pembunuhan Sadis Hewan Langka. Miris!

24 Februari 2018
|Venanda
1SHARES

Media sosial memang biasanya digunakan untuk berbagi kisah dan pengalaman dengan orang lain. Mulai dari kegiatan sehari-hari, momen spesial, hingga pencapaian yang sudah dilakukan, semuanya diunggah di sana. Namun, ada beberapa orang yang justru menggunakannya untuk hal yang tidak baik. Seperti yang dilakukan orang-orang berikut ini. Setelah memburu dan membunuh hewan langka, mereka justru memamerkannya di sosial media. Duh, kok tega banget sih?

1. Unggah foto macan tutul, pemuda ini terancam hukuman penjara

Baru-baru ini, sekelompok pemuda terlihat memamerkan macan tutul yang sudah tidak berdaya di media sosial. Melalui akun Facebook yang bernama Dony Pircing, mereka mengunggah foto seekor macan tutul yang diduga sudah mati. Dengan ekspresi bahagia, mereka memamerkan macan tutul hasil buruannya. Unggahan ini pun langsung mendapat kecaman dari netizen, termasuk dari organisasi pecinta satwa. Mereka menuntut Dony dan teman-temannya diproses secara hukum agar merasakan efek jeranya.

2. Beberapa remaja pamer kucing hutan yang sudah dibunuh

Beberapa tahun lalu netizen sempat dihebohkan dengan foto remaja yang memegang bangkai kucing hutan. Tidak diketahui identitas remaja tersebut, namun dalam foto tersebut mereka dengan bangganya menunjukkan hasil buruannya yang sudah mati. Bahkan di salah satu foto mereka juga menunjukkan beberapa kucing hutan yang sudah dikuliti.

Hal ini pun mendapat kecaman keras dari banyak orang. Mereka sampai membuat petisi online di situs change.org untuk menelusuri siapa remaja tersebut, karena hal ini dianggap kejahatan terhadap hewan yang dilindungi. Perlu diketahui bahwa kucing hutan yang dibunuh tersebut merupakan Felis Bengalensis yang termasuk dalam satwa liar yang dilindungi oleh undang-undang. Sehingga orang yang melukai atau membunuhnya bisa dikenai hukuman penjara atau denda.

3. Bunuh beruang madu, pria ini tawarkan hasil buruannya di sosial media

Selain macan dan kucing hutan, sempat ada pria yang jadi bulan-bulanan netizen karena unggah foto bangkai beruang madu. Pemilik akun yang bernama Rosi Kuale diduga sudah memburu dan membunuh beruang madu dengan kondisi leher nyaris putus. Tak hanya itu, ia juga menawarkannya kepada netizen. Dalam statusnya ia menuliskan, “Siapa maok bli binatang ini?”

Hal ini pun membuat Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat langsung melacak dan mencari keberadaan pria tersebut. Mereka melakukan pencarian dengan serius karena beruang madu (Helarctos malayanus) merupakan salah satu hewan yang dilindungi. Sehingga perbuatan pria ini termasuk kejahatan dan terancam hukuman penjara.

4. Pamer elang hasil buruannya, pria ini gantian diburu netizen

Seorang pria bernama Dheny Rafael dihujat netizen karena mengunggah foto bersama burung elang hasil buruannya. Ia dihujani dengan komentar miring karena hewan yang ia buru termasuk dalam jenis satwa langka yang dilindungi. Terlebih belakangan ini hewan tersebut sudah jarang ditemui sehinga populasinya semakin terancam. Tak heran jika dalam sekejap postingannya ini menjadi viral dan dibicarakan banyak orang. Mereka merasa miris dankhawatir dengan nasib hewan-hewan ini.

5. Akun Facebook cewek ini jadi bulan-bulanan netizen setelah unggah foto dengan bangkai kucing hutan dan luwak

Lagi, cewek bernama Vita Tri Yuliani memamerkan foto buruannya di media sosial. Melalui akun Facebook pribadinya, ia mengunggah foto kucing hutan dan luwak yang telah disembelih. Mengetahui hewan langka diburu dan dibunuh, netizen pun meradang. Mereka lalu menyerbu akun Facebook cewek ini. Bahkan sampai ada yang melaporkan cewek ini ke pihak yang berwajib. Karena memang kucing hutan langka dilindung seperti yang tertulis di UU No. 5 Tahun 1990 dan PP No. 7 Tahun 1999.

6. Bunuh 5 kucing hutan dan 1 macan tutul, orang ini dikecam netizen

Seorang pengguna Facebook bernama Ronal Lorensius Dika Fartil dikecam netizen karena mengunggah foto beberapa hewan langka yang sudah tidak bernyawa. Hewan yang diburu oleh Ronal ini diduga adalah kucing hutan dan macan tutul. Beberapa hewan tersebut terlihat tergeletak di tanah. Netizen pun mengecam perbuah pria ini. Mereka bahkan mengancam akan melaporkan ke pihak yang berwajib.

7. Unggah foto Burung Enggang yang sudah mati, pria ini dihujat habis-habisan

Kali ini yang jadi korban adalah Burung Enggang (Rangkong) yang menjadi ciri khas daerah Kalimantan. Hewan langka ini diburu dan dibunuh, lalu diunggah di akun Instagram bernama @raffi_11dr.

Dalam unggahan itu terlihat seorang pria yang sedang memegang burung enggang yang sudah mati. Ia juga menambahkan tulisan, “M"f kan (maafkan) aku burung kami juga butuh makan... #hidup_di_hutan_asik #berburu #memancing”.

Foto ini pun langsung mendapat komentar dari netizen. Banyak yang mengutuk perbuatan pria tersebut karena populasi Burung Enggang semakin berkurang. Burung ini juga termasuk satwa langka yang dilindungi.

Parah banget ya orang-orang ini. Berburu boleh-boleh saja jika memiliki izin. Namun jangan lah memburu apalagi membunuh hewan yang langka dan dilindungi. Karena menjaga keseimbangan alam dan kelestarian hewan adalah salah satu tugas kita sebagai manusia. Kalau tidak bisa merawatnya, setidaknya jangan merusak ekosistem yang sudah ada.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
1SHARES