Bikin Terharu, Pria Tuna Wicara Ini Berhasil Ikrarkan Ijab Kabul di Hari Pernikahannya

07 Desember 2017
|Faizah Pratama
2.2 KSHARES

Ijab kabul menjadi momen yang tidak akan pernah terlupakan oleh pasangan pengantin. Selain wajib adanya, ijab kabul juga menandai sebuah pernikahan sah atau tidak. Oleh karena itu, penting bagi mempelai pria mengucapkan ijab kabul secara jelas dan gamblang.

Namun, bagaimana jika pengantin pria tersebut adalah seorang tuna wicara? Tentu ia tidak akan pernah bisa mengucapkan ijab kabul. Namun, orang yang memiliki keterbatasan fisik ini tetap memiliki hak untuk menikah. Meski tanpa suara, mereka masih bisa mengikrarkan janji suci di hadapan penghulu. 

Seperti yang terjadi pada pasangan pengantin dari Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah ini. Seorang pria tuna wicara bernama Ahmad Mujirahman menikahi wanita bernama Intan Roifah. Pernikahannya berlangsung pada 1 November 2017 lalu. Meski memiliki kekurangan, Ahmad tetap bersemangat menikahi pujaan hatinya dengan mahar 110 ribu rupiah. 

Ahmad yang mengekanan setelan jas dan kopiah hitam itu menggenggam erat tangan penghulu di depannya. Para saksi dan wali pun telah siap di sekelilingnya. Penghulu pun memulai akad nikah dengan membaca basmalah dan kalimat syahadat yang dibalas anggukan oleh Ahmad. Penghulu  mulai mengucapkan akad untuk menikahkan Ahmad dengan wanita yang dicintainya itu.

Tanpa suara, Ahmad pun mengikrarkan ijab kabulnya dengan menggunakan bahasa isyarat. Pria disampingnya menerjemahkan isyarat tangan Ahmad. "Sah!", begitulah ucapan para saksi yang disambut tangis haru orang-orang yang menghadiri pernikahan ini. 

Video yang diunggah oleh akun FB Yuni Rusmini ini telah disaksikan 21 ribu kali. Sejak diunggah Selasa (5/12) lalu, unggahan ini pun menuai banyak komentar dari warganet. Mereka begitu terharu melihat momen akad nikah yang tidak biasa ini. Pasangan ini pun banjir doa yang baik-baik dari warganet.

Menikah menjadi hak semua orang termasuk orang yang tidak bisa bicara. Ijab kabul dari seorang pria yang tuna wicara tetap sah, selama itu menggunakan bahasa isyarat yang mampu memahamkan. Bersyukurlah orang-orang yang diberi kesempurnaan sehingga bisa mengucapkan janji sucinya dengan lantang. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
2.2 KSHARES