Yuk Simak Persahabatan Presiden Soekarno dengan Para Pemimpin Negara Hebat ini

penasoekarno.wordpress.com
Line YuKepo.com

Ahli diplomasi ulung asal Indonesia yaitu Soekarno memang gak heran kalau disegani oleh pemimpin-pemimpin dunia lainnya. Jangankan negara yang sama-sama waktu itu belum merdeka, bahkan negara adikuasa kayak Amerika dan Uni Soviet aja kayak rebutan mau sahabatan sama Soekarno. Pesona dan kepiawaiannya itu lho yang bikin pemimpin lain jadi tunduk.

Kali ini YuKepo mau bahas tentang sahabat-sahabat Soekarno yang merupakan pemimpin negara. Mungkin selama ini kita cuma tau John F. Kennedy, ternyata ada yang lain lho, yuk kepoin.

1. Jawaharlal Nehru

www.dionbata.com

Jawaharlal Nehru adalah Perdana Menteri India pertama pada tahun. Soekarno dan Nehru adalah salah satu penggagas ide Asia-Afrika. Mereka mempunyai pandangan yang sama tentang kemerdekaan masing-masing negara. Lebih dari itu, bahkan mereka juga memiliki visi yang kuat untuk mempersatukan solidaritas Asia. Pada masa kolonialisme, dua orang hebat ini juga memiliki visi yang sama agar Asia lepas dari belenggu kolonialisme. 

2. John Fitzgerald Kennedy

gen20.xyz

Persahabatan kedua presiden ini memang terbilang unik. Mereka bisa benar-benar memiliki perasaan seperti layaknya sahabat. Bukan hanya sekedar diplomasi dua negara yang biasa dijalin untuk kepentingan hubungan bilateral atau multilateral. Bahkan Kennedy pernah berjanji untuk datang ke Indonesia hingga Soekarno membuat sebuah rumah dengan desain khusus untuk Kennedy. Tapi sayangnya, Kennedy gak sempat berkunjung. Ia keburu mati ditembak. Sambil mengusap matanya Soekarno berujar, "A good die young".

3. Fidel Castro

rosodaras.wordpress.com

Persahabatan Soekarno dengan mantan revolusioner Kuba ini terjalin baik layaknya sahabat biasa. Mereka tidak melulu membahas tentang hubungan dua negara. Bahkan yang terjalin lebih dari itu. Mereka berdua sempat bercanda mengenai peci Soekarno dan topi Castro. Bahkan keduanya sempat bertukar cinderamata. Soekarno mendapatkan cerutu khas Kuba dan Castro mendapat peci dan keris Soekarno. Lebih dari sahabat, ternyata Soekarno juga sudah dianggap sebagai guru oleh Castro.

4. Mao Tse Tung

www.merdeka.com

Kedekatan Soekarno dengan Mao Tse Tung memang gak bisa dilewatin begitu aja. Walapun banyak ide-ide mereka yang sejalan, namun Soekarno menolak bila ia dikatakan komunis. Persahabatan di antara mereka merupakan pencerminan yang akan terjadi di masa depan. Soekarno melihat banyak potensi dari Cina yang luar biasa. Apabila dilakukan kerjasama antar dua negara tentu akan meningkatkan sektor ekonomi di kedua negara. Terbukti kan sekarang? 

5. Gamal Abdul Nasser

indonesia-zaman-doeloe.blogspot.co.id

Persahabatan Soekarno dan Nasser berada di puncak kejayaannya dimulai ketika Nasser berkunjung ke Indonesia pertama kali dalam rangka Konferensi Asia Afrika di Bandung pada tahun 1955. Sebelumnya Soekarno dan Gamal Abdul Nasser terjalin saat Soekarno berkunjung ke Mesir pada tahun 1955, saat itu Nasser berniat untuk menutup Al-Azhar yaitu pusat study bagi umat Islam di seluruh dunia. Soekarno meyakinkan Nasser untuk mengembangkan Al-Azhar, bukan malah menutupnya. 

6. Nikita Kruschev

indonesia-zaman-doeloe.blogspot.co.id

Nikita Kruschev adalah pemimpin Uni Soviet pada masa perang dingin. Kesamaan antara Soekarno dan Nikita adalah mereka sama-sama pernah mengecam organisasi internasional yaitu PBB. Persahabatan keduanya terjalin erat higga Rusia bersedia memberikan senjata militer dalam upaya pembebasan Irian Barat. Gak heran karena kedekatannya itu, Amerika menjadi gerah. 

7. Ho Chi Minh

indonesia-zaman-doeloe.blogspot.co.id

Ho Chi Minh adalah seorang tokoh revolusi Vietnam hingga menjadi Perdana Menteri dan Presiden. Vietnam ternyata mempunyai kesamaan dengan Indonesia. Keduanya sama-sama memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggan 17 Agustus 1945. Saking akrabnya, Soekarno memanggil Ho Chi Minh dengan sebutan "Pak Ho". Keduanya saling mendukung kemerdekaan masing-masing.

Memang deh salut banget sama Bung Karno. Mungkin kalau bukan karena beliau kita gak bisa kayak sekarang. Bisa aja sih dikasih kemerdekaan sama Jepang, tapi emang mau jadi negara persemakmuran gitu kayak tetangga? Eh maaf.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
38
SHARES
Keren! Lihat 15 Potret Pasangan Gendut yang Berjuang Kurus Bareng Ini Guys!

Keren! Lihat 15 Potret Pasangan Gendut yang Berjuang Kurus Bareng Ini Guys!

Gokil! Iggy Pop Berkolaborasi dengan PINS, Band Punk Wanita Asal Manchester!

Gokil! Iggy Pop Berkolaborasi dengan PINS, Band Punk Wanita Asal Manchester!

Hebat! Ayah dan Anak Ini Ternyata Sama-sama Jadi Presiden

Hebat! Ayah dan Anak Ini Ternyata Sama-sama Jadi Presiden

10 Kastil Terindah di Dunia ini Siap Ajak Kamu Berkhayal ke Negeri Dongeng!

10 Kastil Terindah di Dunia ini Siap Ajak Kamu Berkhayal ke Negeri Dongeng!

10 Foto Ini Berhasil Menangkap Detik-detik Sebelum Kematian Tragis!

10 Foto Ini Berhasil Menangkap Detik-detik Sebelum Kematian Tragis!

Cantik! 9 Selebritis yang Jadi Janda di Usia Muda Ini Bikin Kaki Lemas

Cantik! 9 Selebritis yang Jadi Janda di Usia Muda Ini Bikin Kaki Lemas

loading