Tanpa Kamu Sadari, Inilah yang Terjadi dalam Tubuhmu Selama di Pesawat

www.pinterest.com
Line YuKepo.com

Tahukah kamu ketika di pesawat banyak perubahan dalam tubuhnya yang pastinya nggak kamu sadari. Ada perubahan yang slow but sure ada juga yang drastis dan berbahaya. Kok bisa? Karena kita terbiasa tinggal di permukaan bumi dengan tekanan udara yang normal, ketika terbang dengan pesawat kita akan merasakan perubahan fisik untuk menyesuaikan diri dengan tekanan udara. Terutama bagi kamu yang senang terbang ke luar negeri yang membutuhkan waktu berjam-jam bahkan sampai ganti hari.

Kalau kamu udah sering dengar jet lagged itu hanya sedikit dari banyaknya dampak ketika naik pesawat. Masih banyak perubahan fisik lain yang mungkin belum kamu ketahui karena naik pesawat. Dengan mengetahui apa yang terjadi dalam tubuhmu selama di pesawat, kamu bisa meminimalisir hal-hal yang akan bikin kamu jet lagged, mabuk, atau kelelahan. Kira-kira apa aja ya fakta-fakta mengenai perubahan dalam tubuhmu selama di pesawat?

1. Kamu jadi sulit mendengar dan merasakan

blog.klm.com

Tahu nggak sih, ternyata selama di pesawat 1/3 dari syaraf di indera pengecap kita mati rasa. Itulah yang membuat kita jadi sulit membedakan rasa makanan di pesawat, jadi semua makanan terasa enak-enak aja. Selain itu, karena berada di ketinggian kita jadi sulit mendengar karena kekeringan dan tekanan udaranya bisa memengaruhi kemampuan telinga, hidung, dan lidah kita.

2. Kamu bakal dehidrasi

www.winslowskincare.co.uk

Terbang selama 3 jam akan menghilangkan 1,5 liter air dalam tubuhmu. Kelembaban pesawat bisa menurun hingga 4% dan dapat membuat membran lendir yang ada di hidung, mulut, dan tenggorokan terasa kering. Itulah mengapa kita sering merasa lebih cepat haus dan suara tiba-tiba serak. Jadi, harus sering-sering minum nih.

3. Kamu akan sangat kekurangan oksigen

www.hilarymartinhiman.com

Kabin pesawat bisa bertekanan hingga 75% jika dibandingkan dengan tekanan normal ketika kita di daratan. Akibatnya, tubuh akan sangat kekurangan oksigen. Kekurangan oksigen ini disebut juga dengan Hypoxia di mana kondisi tubuh menjadi sering pusing, lelah, dan sakit kepala.

4. Kamu minum sesuatu yang beracun!

www.shutterstock.com

Well, mungkin terdengar lebay. Tapi air minum yang disimpan selama berjam-jam bisa menjadi tempat bersarangnya bakteri E. Coli, lho! Ini merupakan hasil penelitian di mana memang air yang disimpan lama di dalam pesawat ditemukan banyak bakteri-bakteri yang bisa bikin kita diare dan terserang penyakit lainnya.

5. Kamu dikelilingi kuman dan virus pembawa penyakit

www.huffingtonpost.com

Selain bakteri, kamu juga akan dikelilingi kuman dan virus pembawa penyakit. Terbang menggunakan pesawat artinya kamu akan 100 kali lebih mudah terserang flu. Kok bisa? Karena sirkulasi udara di dalam kabin pesawat di situ-situ aja, maka kuman dan virus akan lebih mudah menyebar. Kamu mungkin banget terserang flu dari virus yang ditularkan penumpang lain tanpa bersentuhan.

6. Kamu akan melar kayak bola pantai

www.babycenter.com

Yap! Tanpa kamu sadari, massa tubuhmu di udara bertambah dan kamu akan terlihat melar. Penyebabnya tak lain adalah perubahan tekanan udara yang bisa membuatmu menggembung. Meski perubahannya nggak signifikan, tapi kenyatannya efek ini bisa bikin perut kamu kembung, sembelit, mual, dan sakit perut.

7. Kamu terkena radiasi kosmik

www.foxnews.com

Yang ini pasti belum pernah dengar sebelumnya. Ternyata penerbangan selama 7 jam itu akan membuat tubuhmu terpapar radiasi yang setara dengan radiasi sinar X lho! Meskipun nggak begitu berbahaya, tapi apabila kamu sering terpapar radiasi ini bukan nggak mungkin kamu akan merasakan pusing dan mual.

8. Kamu lebih mudah merasa kesemutan

www.pinterest.com

Pernah nggak sih kamu merasa kesemutan setelah berjam-jam duduk di pesawat? Karena kebanyakan duduk, darahmu akan lebih banyak berkumpul di area kaki. Inilah yang bikin kamu kesemutan dan kram. Untuk itu kalau kamu harus terbang berjam-jam, kamu harus jalan-jalan dan bergerak biar darahmu nggak hanya kumpul di kaki.

Fakta-fakta apa yang terjadi dalam tubuhmu selama di pesawat ini sebenarnya sangat wajar kamu alami. Kamu nggak perlu khawatir berlebihan meskipun memang apa yang kamu alami ini mengundang penyakit. Ini semua bisa kamu minimalisir kok dengan banyak minum air putih, mengunyah permen karet, dan nggak duduk doang tapi juga sesekali jalan-jalan di area kabin pesawat. Kalau kamu melakukan hal-hal tadi, dampak negatif yang timbul akibat berada di ketinggian bisa kamu hindari. Selain itu, kamu akan merasa nyaman selama perjalanan. Sediakan juga obat-obatan seperti obat diare, obat pusing, obat masuk angin, dan obat maag. Happy flying!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
10
SHARES
7 Lagu Coldplay Ini Cocok untuk Kamu yang Sedang Galau

7 Lagu Coldplay Ini Cocok untuk Kamu yang Sedang Galau

Inilah 7 Quote Inspiratif Einstein yang Bakal Bikin Kamu Merenungi Hidup

Inilah 7 Quote Inspiratif Einstein yang Bakal Bikin Kamu Merenungi Hidup

Nostalgia! 7 Hal Ini yang Bisa Bikin Generasi 90-an Betah Melek Semaleman

Nostalgia! 7 Hal Ini yang Bisa Bikin Generasi 90-an Betah Melek Semaleman

Cowokmu Cuek? Jangan Salah, Ini 7 Keuntungan Pacaran sama Cowok Cuek

Cowokmu Cuek? Jangan Salah, Ini 7 Keuntungan Pacaran sama Cowok Cuek

Begini Nih Potret Kocak Orang Tua yang Meniru Pose Selfie Anaknya

Begini Nih Potret Kocak Orang Tua yang Meniru Pose Selfie Anaknya

Kisah-kisah Anak yang Berbakti Pada Orang Tua Ini Bikin Air Mata Berlinang

Kisah-kisah Anak yang Berbakti Pada Orang Tua Ini Bikin Air Mata Berlinang

loading