Tahukah Kamu? Ternyata Negara-negara Ini Punya Pelajaran Bahasa Indonesia Lho!

www.pomona.edu
Line YuKepo.com

Di Indonesia sendiri Bahasa Indonesia sering dianggap tidak penting. Banyak orang beranggapan bahwa Bahasa Indonesia itu mudah dipelajari karena bahasa sendiri. Padahal kenyataannya tidak demikian. Banyak juga yang beranggapan bahwa Bahasa Indonesia itu gak keren, lebih keren bahasa asing seperti Bahasa Inggris. Gak heran makanya banyak orang-orang yang lebih memperdalam bahasa asing daripada bahasa sendiri. Gak salah sih kalau mau mempelajari bahasa asing, tapi ya jangan melupakan bahasa sendiri juga yah.

Miris kalau banyak orang yang gengsi jadi berbicara dengan bahasa asing. Padahal, banyak orang-orang di luar Indonesia yang mau mempelajari Bahasa Indonesia. Pasti kamu gak nyangka kan? Ternyata beneran ada lho. Malahan, Bahasa Indonesia dijadikan sebuah mata pelajaran di Negara lain. Tentunya kita patut bangga akan hal tersebut. Walaupun peminat di Negara sendiri kurang, tapi setidaknya Bahasa Indonesia sudah dikenal di Negara lain. Banyak Negara di luar Indonesia yang beranggapan bahwa Bahasa Indonesia itu bahasa yang mudah dipelajari. Makanya, sampai dibuat pelajaran di Negara-negara tersebut. Nah, YuKepo kasih tau nih Negara mana aja sih yang punya pelajaran Bahasa Indonesia. 

1. Hungaria

intisari-online.com

Budapest Business School (BBS), menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di salah satu kelas. BBS disebut-sebut membuka sebuah kelas kursus Bahasa Indonesia yang dipilih mahasiswanya untuk menyelesaikan studinya. Patut berbanggalah, bahwa bahasa kita terdapat di sebuah kelas yang menentukan mahasiswa untuk menyelesaikan studinya. Jadi, kabarnya BBS mewajibkan mahasiswanya untuk menguasai dua bahasa asing untuk S1 dan tiga bahasa asing untuk jenjang S2. 

2. Australia

www.greaterspringfield.com.au

Negara kangguru satu ini juga memiliki beberapa universitas dan sekolah yang menjadikan Bahasa Indonesia sebagai pelajaran. Bahkan, menjadi pelajaran wajib, selain Bahasa Inggris. Seperti di University of Shouthern Queensland, Australia yang membuka jenjang S1 jurusan Bahasa Indonesia dan di Newport Lakes Primary School (NLPS), Australia juga dijadikan pelajaran wajib lho. Hebat yah! 

3. Jepang

www.etxepare.eus

Jepang memiliki kampus yang dikhususkan untuk mempelajari bahasa, yaitu Tokyo University of Foreign Studies. Kampus yang berada di Tokyo ini masuk ke dalam lima besar kampus terbaik di dunia lho. Bangganya lagi, ternyata Bahasa Indonesia masuk di dalam program kajian Asia Tenggara di kampus ini.

4. Korea Selatan

detizagoldiantooh.files.wordpress.com

Antusias warga Korea Selatan terhadap budaya Indonesia itu sangat tinggi. Salah satu Universitas terbaik di Korea Selatan Hankuk University of Foreign Studies membuka jurusan Bahasa Indonesia yang dibuka dua jurusan sekaligus. Kedua jurusan tersebut adalah Department Malaysia-Indonesia dan Department Interpretasi dan Terjemahan Malaysia-Indonesia.

5. Ukraina

www.grageproject.eu

Salah satu kampus tertua ketiga di Ukraina, Taras Shevchenko National University of Kyiv yang mengkhususkan kampusnya pada karya Literatur dan Seni. Oleh sebab itu, Bahasa Indonesia menjadi salah satu program studi pada bagian Institut Filologinya. Hal tersebut sangat di dukung Kedutaan Indonesia yang berada di Ukraina. Dengan begitu, pemerintah Indonesia akhirnya membuka sebuah pusat kajian Bahasa Indonesia untuk mendukung progam tersebut. Hebat! Bangga deh punya bahasa satu, Bahasa Indonesia.

Bagaimana? Punya rasa kebanggaan sendiri kan, bahwa bahasa satu, Bahasa Indonesia dipelajari oleh orang di luar Indonesia. Jadi, sekarang kamu udah tau kan bahwa sebenarnya bahasa Indonesia itu penting. Orang asing aja merasa bahasa Indonesia itu penting, masa kamu masih berani bolos di kelas bahasa Indonesia? Malu dong ah!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
14
SHARES
7 Orang Ini Kena Dampak Karena Sering Masturbasi, Apakah Kamu Termasuk?

7 Orang Ini Kena Dampak Karena Sering Masturbasi, Apakah Kamu Termasuk?

Inilah 9 Artis Tanah Air yang Punya Brand Bisnis Sampingan dengan Namanya Sendiri

Inilah 9 Artis Tanah Air yang Punya Brand Bisnis Sampingan dengan Namanya Sendiri

Foto Transformasi Anies Baswedan ini Jadi Standar Baru Dalam Mencari Pasangan Idaman

Foto Transformasi Anies Baswedan ini Jadi Standar Baru Dalam Mencari Pasangan Idaman

7 Aktor Pendukung Ini Makin Bersinar Setelah Main di Film Harry Potter

7 Aktor Pendukung Ini Makin Bersinar Setelah Main di Film Harry Potter

10 Foto Editan Agan Harahap yang Bakal Ngocok Perut Kamu

10 Foto Editan Agan Harahap yang Bakal Ngocok Perut Kamu

10 Kutipan Untukmu yang Sedang Depresi Abis Menanti Jodoh

10 Kutipan Untukmu yang Sedang Depresi Abis Menanti Jodoh

loading