Susah Berhenti Merokok, Main Game, Belanja, atau Ngemil? Inilah Penyebab Kita Bisa Ketagihan

www.northcarolinastopsmokinglasertherapyclinic.com
Line Yukepo.com

Istilah ketagihan mungkin terdengar ekstrem bagi sebagian dari kita. Tapi kenyataannya, banyak hal-hal yang biasa kita lakukan yang bisa termasuk ke dalam hal yang sifatnya bikin nagih. Contohnya adalah merokok, main game, belanja, ngemil, internetan, dan masih banyak lagi. Tanpa disadari, kayaknya kita nggak bisa ninggalin aktivitas itu sehari pun. Itulah yang disebut dengan ketagihan atau adiksi, di mana kita susah banget ninggalin aktivitas tersebut karena kita akan merasa senang setelah melakukan itu terus-menerus. Kok bisa ya? Ini nih guys penyebabnya.

www.choosehelp.com

Tahukah kamu kenapa ada orang yang ketagihan banget main game tapi ada juga yang merasa biasa aja main game? Sebenarnya, yang membuat menusia ketagihan bukanlah objeknya, tapi proses kognisi manusia yang berbeda-beda satu sama lain membuat ada orang yang ketagihan belanja, ada juga yang ketagihan merokok, tapi ada juga yang nggak ketagihan apa-apa. Umumnya, otak manusia mengatur produksi hormon-hormon sebagai respon dari rasa senang. Hormon tersebut adalah oksitosin yang berperan penting dalam proses menghadirkan emosi yang menyenangkan. Hormon ini juga berperan dalam mengurangi stres.

Misalnya, ketika kamu merokok dan kamu merasa nyaman, nggak stres, bisa diterima di kelompok pertemanan, itulah hasil kerja hormon oksitosin. Karena kamu tahu dan ingat bahwa melakukan aktivitas tersebut bisa membuatmu senang, kamu akan terus melakukannya lagi. Pada prinsipnya, setiap manusia akan melakukan hal yang membuatnya senang secara berulang agar bisa terus bahagia. Ketika rasa senang itu nggak ada atau lagi nggak bisa kamu lakukan, kamu mulai gelisah dan mencari berbagai cara agar bisa melakukan aktivitas tersebut. Biasanya, cara-cara yang dilakukan orang yang udah ketagihan lebh ekstrem dibandingkan dengan orang yang nggak ketagihan.

www.thefix.com

Apakah ketagihan itu berbahaya? Sesuatu yang berlebihan tentu nggak baik ya, guys. Meski itu adalah hal positif seperti bekerja atau belajar, tapi kalau dilakukan dengan mengenyampingkan hal penting lain juga nggak akan baik untuk kesehatan fisik dan mental kita. Apalagi kalau hal yang bikin kamu ketagihan itu adalah hal negatif seperti menonton film porno atau minum-minuman beralkohol. Mungkin ketika melakukannya kamu merasa senang dan nyaman, tapi itu akan merusak kinerja otak kamu lho. Kamu pun akan kurang fokus terhadap hal lain sampai membahayakan orang lain. Lho, kok bisa? Apa hubungannya?

Ada banyak orang dengan beragam hal yang membuatnya ketagihan. Contohnya, ada orang yang ketagihan melakukan tindakan kekerasan, kriminal, atau yang berkaitan dengan seksual. Sebenarnya masih banyak lagi. Tapi yang pasti, ketagihan secara berlebihan akan merugikan kamu dan orang-orang sekitarmu. Secara fisik, kamu bisa mengalami kerusakan otak atau organ tubuh (tergantung jenis adiksinya) dan secara psikis, kamu bisa mengalami depresi, kecemasan, hingga hilang ingatan! Ketagihan juga berdampak pada kehidupan sosial kamu, karena bisa menyebabkan kehilangan pekerjaan, rusaknya hubungan dengan teman, pacar atau bahkan keluarga. Hukum di Indonesia juga menindak tegas orang-orang yang ketagihan hingga melakukan tindakan kriminal yang berbahaya lho. Nggak mau kan?

www.summitiop.com

Kalau kamu udah merasa lagi ketagihan terhadap sesuatu secara berlebihan, coba cek lagi apakah itu memang benar kebiasaan atau udah termasuk ke dalam ketagihan? Bedanya, kalau kebiasaan (habit) adalah sesuatu yang sifatnya pilihan artinya kamu bisa memilih untuk berhenti melakukannya dan biasanya akan dengan mudah menghentikan kebiasaan tersebut. Kalau ketagihan, kamu seolah nggak ada pilihan dan nggak mampu untuk berhenti. Jangankan berhenti, mungkin kalau nggak melakukannya sehari aja kamu udah gelisah banget. Kalau udah begitu, kamu harus segera tuh konsultasi ke psikolog atau psikiater terdekat. Bukan apa-apa sih, tapi kalau udah kecanduan terlalu jauh bakal lebih susah lagi kembali ke jalan yang lurus dan benar. Percaya, deh!

Jangan takut kalau kamu nggak akan bahagia lagi setelah berhenti dari aktivitas yang bikin kamu ketagihan tersebut. psikolog atau psikiater akan membantu kamu mengurangi hingga menghentikan kecanduanmu tersebut dengan terapi kognitif-perilaku. Ini akan berhasil kalau kamunya juga serius dan emang benar-benar untuk stop ketagihan hal tersebut.

Memang, punya hobi itu penting dan bisa jadi penawar stres. Tapi perlu diperhatikan juga ya, apakah hobimu bisa membawa dampak positif atau justru membuat kamu ketagihan sesuatu yang nggak penting. Kamu nggak mau kan hidup hanya melakukan hal yang itu-itu melulu? Go outside, find something fun and worthwhile. Don’t let your addiction ruin the amazing life of yours!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
58
SHARES
10 Puisi Absurd Ini Dijamin Bisa Menghibur Hari-harimu yang Suram

10 Puisi Absurd Ini Dijamin Bisa Menghibur Hari-harimu yang Suram

9 Jawaban Buat Cewekmu yang Terus Nanya "Kapan Kita Nikah?"

9 Jawaban Buat Cewekmu yang Terus Nanya "Kapan Kita Nikah?"

7 Jajanan Cokelat yang Pernah Membuat Gigi Anak Generasi 90-an Bolong

7 Jajanan Cokelat yang Pernah Membuat Gigi Anak Generasi 90-an Bolong

Super Kocak, Hewan-hewan Ini Seolah Merasa Dirinya Menjadi Manusia Sehari

Super Kocak, Hewan-hewan Ini Seolah Merasa Dirinya Menjadi Manusia Sehari

Pesawat Delay Karena Kentut Domba, 9 Momen Delay Pesawat Teraneh Ini Pernah Terjadi

Pesawat Delay Karena Kentut Domba, 9 Momen Delay Pesawat Teraneh Ini Pernah Terjadi

10 Foto Bersejarah yang Menggetarkan Hati Ini Bikin Siapapun Akan Terenyuh

10 Foto Bersejarah yang Menggetarkan Hati Ini Bikin Siapapun Akan Terenyuh

loading