Supaya Gak Letoy Kayak Bihun, Ikuti 7 Tips Ini Buat Mencegah Penyakit Osteoporosis

www.health.com

Hari peringatan Osteoporosis jatuh pada tanggal 20 Oktober ini loh gengs. Apa sih osteoporosis itu? Osteoporosis itu adalah salah satu kelainan yang terjadi pada tulang manusia. Jadi, kepadatan tulang manusia itu menurun bisa dibilang keropos gitu. Duh, jadi takut yah kena osteoporosis. Sejatinya, manusia itu gak bisa hidup tanpa tulang. Kalo manusia gak ada tulangnya, tubuh kamu itu gak ada yang menopang. Jadi letoi, letoi, gimanaaaaa gitu kaya bihun. Makanya, sebagai manusia yang harusnya bersyukur, dijagalah kesehatan tulang kamu sejak masih muda. Karena kebanyakan pengidap osteoporosis ini ketahuannya setelah usia 30-an. Faktanya, osteoporosis ini adalah penyakit yang gak langsung kerasa, jadi sampe bener-bener gak bisa bangun tubuhnya baru ketahuan deh penyakitnya. Makanya, yuk mulai rawat tulang kamu sedari muda dengan cara-cara di bawah ini!

1. Biasakan posisi duduk yang baik dan benar

uprint.id

Tuh bisa dilihat nih gengs, posisi duduk yang baik dan benar itu seperti apa. Pokoknya, duduk yang baik dan benar itu harus ergonomis. Kaki menapak ke lantai, duduk tegak tapi rileks, dan pakailah bangku duduk yang sandarannya sampai ke kepala. Pokoknya wajib diperhatikan nih posisi duduk kamu, agar terhindar dari kelainan tulang.

2. Tidurlah dengan kasur yang nyaman

vignette4.wikia.nocookie.net

Tidurlah dengan mata tertutup (yaiyalah! hahaha). Kasur yang nyaman adalah hak segala manusia yang butuh tidur berkualitas. Karena kalo tidur dengan kasur yang nyaman, tulang-tulang gak bakalan ngerasain pegel-pegel, yang bisa memicu kelainan tulang nih. Mumpung masih muda, dicegah deh tidur tidak menggunakan kasur.

3. Jangan membawa barang berat di luar kapasitas tubuh kamu

www.post-gazette.com

Cinta aja gak bisa dipaksa, masa tubuh kamu dipaksain buat bawa barang-barang yang berat. Jangan dong! Kira-kira aja kalo misalkan gak kuat bawa, coba deh minta bantuan orang lain atau gunakan alat yang bisa membawakan barang kamu. Jangan sok kuat! Gengsi kamu bisa merusak tulang kamu loh. Kurang-kurangin deh.

4. Banyakin konsumsi makanan dan minuman yang berkalsium tinggi

4.bp.blogspot.com

Nah, mumpung masih muda nih perbanyak deh mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium yang tinggi. Salah satunya adalah susu. Banyak-banyakin deh minum susu, biar tulang juga kuat. Selain susu, banyakin juga mengonsumsi keju, sayur-sayuran, buah-buahan, tempe, tahu, ikan, dan sebagainya.

5. Hindarin yang namanya soda atau soft drink

ugc-01.cafemomstatic.com

Kurangilah soda untuk mencegah tulang keropos! Walaupun kamu sudah makan dan minuman yang berkalsium tinggi, tapi masih minum soft drink juga sama aja bohong. Kenapa? Karena asam fosforat dalam soft drink itu dapat mengikat kalsium dan mencegahnya terserap oleh tubuh, nah loh! Makanya janganlah kebanyakan minum soft drink, kalo bisa sih jangan diminum lagi deh.

6. Batasin juga mengonsumsi kopi

virginpure.com

Buat si pencinta kopi, coba deh batesin yah konsumsi kopinya. Faktanya, kopi yang berkafein tinggi dapat meningkatkan risiko patah tulang pinggul, karena tulang keropos. Makanya, ada baiknya minum kopi itu tidak lebih dari 300 mg per harinya.

7. Kurangi penggunaan garam

homegymr.com

Kebanyakan mengonsumsi garam atau sodium itu berbahaya, karena berisiko 4 kali lebih besar untuk mengalami patah tulang. Garam juga bisa mempercepat kehilangan kalsium loh. Duh sayang yah, udah banyakin mengonsumi yang berkalsium, eh ilang gitu aja gara-gara garem, sedih. Tuh, mulai sekarang kurangin deh penggunaan garam. sip!  

Ayo gengs, numpung masih muda. Cegah deh osteoporosis sedari muda, biar tuanya bisa dinikmati dengan indah dan damai. Jadi, pas hari tua nanti, gak perlu pakai alat bantu jalan deh. Masih kuat berdiri di kaki sendiri. Selamat hari osteoporosis 20 Oktober 2016.

0%
Marah
0%
Gemes
0%
Ngakak
0%
Kaget
0%
Love
0%
Aneh
7
SHARES
loading