Suka Main Video Game? Berikut Manfaat Yang Bisa Kamu Dapat!

Edited By Admin

Kebanyakannya, orang-orang emang menilai kalo orang yang rajin belajar dari buku pelajaran itu memiliki kualitas otak yang lebih baik jika dibandingkan dengan orang yang lebih sering menghabiskan waktunya untuk bermain video game. Padahal, pada kenyataannya, orang yang gemar bermain game tuh memiliki daya psikomotor yang lebih tinggi loh dibandingkan dengan orang yang hanya menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menghapal sesuatu yang keluar dari buku. Soalnya, orang yang bermain game tuh dituntut untuk mengevaluasi, memahami, dan mengkritisi suatu situasi yang muncul dalam game sehingga dirinya turut berperan lebih aktif dibandingkan dengan orang yang hanya menerima persepsi dari luar secara pasif. Nah, buat para gamers, berikut manfaat-manfaat yang dapat kamu peroleh dari bermain video game!

1. Lebih mahir untuk menjadi ahli bedah

Edited By Admin

Dalam studi yang dilakukan dalam bidang laparoskopi, operasi yang menggunakan tabung tipis bercahaya melalukan pemotongan sayatan di perut untuk melihat organ-organ perut, orang yang menghabiskan waktu lebih dari tiga jam dalam seminggu untuk bermain game memiliki kemungkinan gagal yang lebih kecil ketika sedang melakukan pembedahan jika dibandingkan dengan orang yang tidak bermain game sama sekali.

2. Dapat membantu mengurangi gejala disleksia

Edited By Admin

Disleksia adalah sebuah gangguan terhadap seseorang yang kesulitan untuk mengembangkan kemampuan membaca dan menulis yang biasanya diidap ketika menginjak usia 7 atau 8 tahun. Bermain video game ternyata dipercaya dapat membuat orang dengan gangguan semacam ini untuk mengembangkan kemampuan baca tulisnya karena lingkungan dalam game dapat memaksa diri kita untuk lebih fokus dalam mempelajari setiap konten-konten yang terdapat dalam game.

3. Meningkatkan daya penangkap visual

Edited By Admin

Kalo misalnya jarak antara mata kamu dengan layar kaca tidak melebihi standar maksimal, video game justru dapat membuat mata lebih jeli loh. Kalo misalnya jarak antara mata kamu sama layar televisi cuma sejengkal mah sama aja bohong.

4. Mengurangi proses penuaan

Edited By Admin

Orang yang sering bermain game-game dengan pola permainan yang menghadirkan teka-teki atau puzzle, dapat terus-terusan melatih kemampuan kognitifnya sehingga otaknya tidak mengalami penuaan yang seringkali diiringi oleh gejala kepikunan.

5. Membantu mengurangi rasa sakit dan stress

Edited By Admin

Sebenernya nggak cuma permainan dalam bentuk video saja, melainkan semua jenis permainan yang menyenangkan memang dinilai dapat memproduksi zat analgesik (zat penghilang rasa sakit) pada tubuh kita sehingga rasa nyeri atau bahkan stress pada seseorang dapat dihilangkan dengan bermain game.

6. Membantu kamu untuk mengambil keputusan secara cepat

Edited By Admin

Buat temen-temen yang suka ngerasa lemot untuk membuat keputusan, otak kamu mungkin bisa diibaratkan seperti CPU komputer yang kerjanya tersendat-sendat alias nge-lag. Nah, untuk nyembuhin permasalahan ini, kamu bisa nyobain untuk main video game yang diduga memiliki manfaat untuk melatih otak seseorang untuk semakin kritis sehingga kamu bisa lebih cepet mikirnya.

7. Membantu untuk meningkatkan motivasi diri

Edited By Admin

Dalam video game, seringkali kamu dituntut untuk mendapatkan sesuatu atau achievement yang hanya bisa diraih jika kamu berhasil menyelesaikan tantangan-tantangan dalam fitur video game tertentu. Kebiasaan untuk selalu berusaha memperjuangkan suatu tujuan dalam video game ternyata dapat berpengaruh kepada perkembangan diri kamu di dunia nyata juga loh. Misalnya, kamu punya target untuk lulus kuliah di tahun depan, artinya kamu harus menyelesaikan tantangan yang terbuka lebar sebelum waktu sidang datang, dan jika kamu terbiasa untuk menghadapi tantangan semacam ini dalam video game, kamu bakal lebih siap secara mental untuk menyelesaikan life goal kamu di dunia nyata loh. Kamu juga jadi terlatih untuk selalu mencoba lagi dan lagi ketika kamu gagal dalam menghadapi tantangan tersebut.

8. Lebih kreatif

Edited By Admin

Untuk menyelesaikan misi tertentu dalam video game, user seringkali dituntut untuk mencari jalan keluar sendiri dengan membangun hubungan-hubungan rumit antarunsur dalam konten game untuk memecahkan permasalahan. Dengan begini, otak kamu bakal lebih kreatif loh!

9. Bisa belajar ide atau gagasan dari cerita dalam video game

Edited By Admin

Dalam sebagian game, aspek narasi seringkali menjadi hal yang menarik untuk diikuti oleh para user. Bahkan, beberapa di antara video game yang populer, kisah petualangan yang dihadirkan tuh ada yang diangkat dari kisah nyata loh. Dengan begini, kamu sebagai gamers bakal berperan layaknya tokoh utama dalam sebuah narasi sehingga pengalaman hidup yang dijadikan cerita bakalan lebih merasuk ke dalam diri kamu!

10. Bisa membantu orang yang memiliki gejala autisme

Edited By Admin

Orang yang menggunakan sebagian besar waktunya untuk bermain video game, kebanyakannya memang memiliki kadar sifat introvert sehingga membuat dirinya jadi lebih tertutup. Dalam kadar tertentu, gejala autisme pun bisa dikatakan sebagai hal yang nyaris serupa, hanya saja tarafnya lebih ekstrem. Di zaman internet seperti sekarang ini, para gamers dapat membuat masyarakatnya sendiri yang berada di dunia maya sehingga orang yang memiliki gejala autisme karena adanya kecenderungan untuk tidak mempedulikan dunia di luar dirinya, kepekaan sosialnya dapat dibantu untuk dikembangkan dengan cara bermain video game yang memiliki fitur multiplayer yang berbasis online loh. Soalnya, dengan metode bermain game online, orang yang memiliki gejala autisme mau tidak mau harus berkomunikasi dengan orang lain dalam dunia yang pada awalnya tampil seakan-akan hanya untuk dirinya sendiri.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh kalo kamu suka bermain game. Makanya, terkadang kamu sebagai gamers emang harus milih-milih juga yah kira-kira jenis game apa yang dapat membantu untuk mengembangkan kualitas pribadi kamu. Jangan cuma milih yang gambarnya bagus doang! Eits, tapi mainnya jangan terlalu ekstrem sampai-sampai kamu jarang beranjak dari layar yah. Kalo gitu, buat apa manfaat-manfaatnya? Toh akhirnya nggak kepake di dunia nyata.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
0
SHARES
Jangan Ngaku Pecinta Musik Kalau Kamu Gak Tahu Band Legendaris Indonesia Ini!

Jangan Ngaku Pecinta Musik Kalau Kamu Gak Tahu Band Legendaris Indonesia Ini!

10 Model Victoria’s Secret Ini Cantik dan Seksi Banget, Dijamin Bikin Mata Fresh!

10 Model Victoria’s Secret Ini Cantik dan Seksi Banget, Dijamin Bikin Mata Fresh!

Kisah Orang-orang Penemu Bayi Ini Akan Membuat Matamu Berkaca-kaca!

Kisah Orang-orang Penemu Bayi Ini Akan Membuat Matamu Berkaca-kaca!

9 Foto Hewan Menyedihkan yang Diselamatkan ini Bikin Nangis Bombay

9 Foto Hewan Menyedihkan yang Diselamatkan ini Bikin Nangis Bombay

Inilah Penghasilan 9 Youtubers Indonesia yang Bikin Merem Melek!

Inilah Penghasilan 9 Youtubers Indonesia yang Bikin Merem Melek!

Unik! Ini Lho Wujud Tiket Bioskop dari Zaman Orang Tua Kamu!

Unik! Ini Lho Wujud Tiket Bioskop dari Zaman Orang Tua Kamu!

loading